Motivasi dalam Beribadah

Posted: April 29, 2012 by sityb in Uncategorized

“Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya.” (2 Timotius 4:3).

Sering kita mendengar adanya pendapat dalam suatu ibadah, orang berkata, “Aduh ngantuk bener sih khotbahnya”, “Aduh tuh hamba Tuhan boring abis ga ada humor sedikitpun”, “Khotbahnya itu lagi itu lagi” dan banyak protes-protes lainnya.

Di sisi lain seringkali gereja melakukan promosi seperti layaknya “bank yang mencari nasabah”, atau “penjual yang mencari pelanggan. Ada gereja yang berkata: “Hadirilah ibadah raya di gereja A, gereja yang diberkati, rasakan kuasa Tuhan, saudara pasti mengalami pernyataan Tuhan” dsb, seakan-akan gereja lain tidak ada kuasa, tidak diberkati.

Hamba Tuhan yang mengajarkan ajaran yang benar malah tidak “laku”, jemaat lebih suka mendengar hamba Tuhan yang “wah”, yang katanya pernah bertemu dengan Tuhan, Roh Kudus telah berbicara kepadanya, bisa menyampaikan nubuatan atau pesan profetik.

Paulus menuliskan bahwa akan datang saatnya di mana orang tidak lagi berfokus pada ajaran Tuhan yang benar, tetapi mereka hanya mencari sesuatu yang bisa memuaskan keinginan telinga mereka. Ketika apa yang mereka dapati dalam ibadah tidak sesuai dengan keinginan, alias tidak memuaskan keinginan telinga mereka, maka mereka merasa tidak ada berkat di gereja itu, suasana ibadah terasa membosankan, seolah-olah “suasananya mati”.

Apa yang kita cari ketika beribadah? Tuhan yang Mahabesar, atau pentas rohani, atau lawakan segar hamba Tuhan, atau sekadar kewajiban?
Tuhan Yesus tidak lagi menjadi Subyek yang disembah, tidak lagi menjadi tujuan kita dalam beribadah, melainkan hanya sebagai “pelengkap”. Padahal hati yang tulus, motivasi yang benar dan kerinduan untuk datang menyembah-Nya dan mendengar firman-Nya, itulah yang harus kita miliki, agar ibadah kita berkenan kepada Tuhan.

[Disadur dari BBM pak Gembala]

please visit and enjoying my blog at:
http://ricky2phos.wordpress.com
thank you🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s