Seri Pengetahuan Dasar Kristen – MENGENAL SALIB KRISTUS (I)

Posted: March 10, 2011 by sityb in Uncategorized

Galatia 3:13: “Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat de­ngan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: Terkutuk­lah orang yang digantung pada kayu salib!”
Yohanes 1:29: ”Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia (orang dunia).”
Salib Kristus telah merampungkan penebusan Allah yang kekal bagi kita, menjadi dasar keselamatan kekal kita, berdasarkan tuntut­an keadilan, kekudusan dan kemuliaan Allah. Karena itu, kita juga harus mengenal dengan jelas akan salib ini.
TERGENAPI SESUAI NUBUAT ALLAH
Galatia 3:13 mengutip ayat Perjanjian Lama, “Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib.” Dalam ketetapan hukum Taurat se­perti yang tertulis dalam Ulangan 21:23, Kristus sudah dinubuatkan akan digantung di kayu salib. Pada jaman itu, kerajaan Romawi meng­gunakan kayu salib untuk menghukum mati orang. Bagi orang Yahudi, hukuman mati dilaksanakan dengan cara melemparinya dengan batu (Ulangan 22:24). Tetapi 60 tahun sebelum Tuhan dilahirkan, negara Ya­hudi jatuh ke pemerintahan Roma, dan cara penghukuman mati de­ngan penyaliban bagi penjahat, baru diterapkan oleh penguasa Roma tak lama sebelum Kristus disalibkan. Maka sewaktu orang-orang Ya­hudi ingin menghukum mati Tuhan, mereka menggunakan tangan pe­nguasa Roma untuk menyalibkan Dia, demikianlah nubuat tentang ba­gaimana Tuhan Yesus mati, yang tercatat dalam Perjanjian Lama (Ula­ngan 21:23) benar-benar tergenapi. Ini tak lain adalah pengaturan tangan kuasa Allah.
HAL-HAL YANG DIGENAPKAN SALIB
(1) Memikul dosa (I Petrus 2:24). Yang digenapkan oleh Kristus di atas salib, pertama-tama adalah memikul (menanggung) per­buatan-perbuatan dosa lahiriah kita, yaitu semua dosa yang pernah kita lakukan, sehingga kita diselamatkan, keluar dari da­lam maut masuk ke dalam hidup.
(2) Menghapus dosa (Ibrani 9:26). Di atas salib, Kristus juga menghapuskan sifat dosa yang terkandung di dalam kita, yaitu dosa asal, agar kita terlepas dari sifat dosa yang ada di dalam kita, sehingga kita tidak lagi dicengkeram oleh dosa.
(3) Menebus manusia dari kutukan (Galatia 3:13). Dulu, karena kita jatuh dalam dosa, maka sesuai hukum Taurat Allah, kita menjadi orang-orang yang terkutuk. Tapi Kristus menjadi (menerima) kutuk karena kita, maka kita telah tertebus dari kutuk hukum Taurat. Sekarang, dengan berdasarkan salib Kristus, kita tidak lagi dihukum, tidak lagi di bawah kutukan, melainkan berada pada kedudukan menerima karunia, menerima berkat Roh itu yang diberikan Allah melalui iman.

///Audy

Join milis Kristen SITYB
Kirim email kosong ke: sityb-subscribe@yahoogroups.com
(Gunakan Yahoo mail)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s