Seri Pengetahuan Dasar Kristen-MENGENAL ROH KUDUS

Posted: March 10, 2011 by sityb in Uncategorized

MENGENAL ROH KUDUS

Roma 8:2: “Sebab hukum Roh hayat (Law of the Spirit of life) telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut” (TL).

Filipi 1:19: “Karena aku tahu, bahwa kesudahan semuanya ini adalah keselamatanku oleh doamu dan pertolongan Roh Yesus Kristus.”

Roh Kudus adalah kesimpulan kesempurnaan akhir Allah Tritunggal, agar kita dapat mengalami dan menikmati Dia. Matius 28:19 menyebutkan Bapa, Anak dan Roh Kudus. Dalam ketritunggalan Allah; Roh Kudus yang tak lain adalah Roh Allah disebut paling akhir, ini menandakan, bahwa Dia adalah kesimpulan kesempurnaan akhir Allah Tritunggal. Roh Kudus juga merupakan “datangnya” dan “masuknya” Allah Tritunggal ke dalam kaum imani. Yohanes 14:16-17 mengatakan, ” . . Bapa, akan memberikan kepadaMu seorang penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu, yaitu Roh Kebenaran . . . Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.” Ayat ini menjelaskan, bahwa Allah Tritunggal telah menjadi Roh itu, menghampiri manusia, tinggal bersama dengan manusia selama-lamanya, bahkan masuk ke dalam diri manusia.

PEKERJAAN ROH KUDUS
Bersaksi tentang Anak (Yohanes 15:26). Dalam kebangkitan Kristus, Roh Kudus menjadi perwujudan dan realitas Kristus, mempersaksikan realitas kebangkitan Kristus.
Menginsafkan orang dunia akan dosa (Yohanes 16:8). Inilah pekerjaan Roh Kudus pada diri manusia yang berdosa, agar mereka menginsafi dosa, bertobat, dipersiapkan untuk percaya kepada Kristus dan mendapatkan hidup yang kekal.
Melahirkan kembali kaum imani (Yohanes 3:6). Ketika manusia bertobat dan percaya kepada Tuhan, Roh Kudus sebagai Roh esensi hayat Allah, melahirkan kembali mereka di dalam roh mereka (Yohanes 3:6), agar mereka mendapatkan hayat Allah, menjadi anak-anak Allah.
Pembaharuan (Titus 3:5). Di dalam orang-orang yang telah diselamatkan, Roh Kudus melahirkan mereka kembali, memperbaharui mereka, agar mereka beroleh penyelamatan hayat Allah.
Tinggal di dalam (II Timotius 1:14). Roh Kudus sebagai Roh esensi Allah, tinggal di dalam kita, terus-menerus menyuplai kita dengan hayat dan kelimpahan Allah.
Mengurapi (I Yohanes 2:27). Roh Kudus sebagai Roh esensi Allah, menggarapkan esensi (kadar) Allah ke dalam kaum imani, menghasilkan pengajaran bagi kaum beriman, agar mereka ber dasarkan pengajaran esensi Allah, tinggal di dalam Tuhan.
Menguduskan (Roma 15:16). Roh Kudus di dalam kaum imani menyuplaikan sifat kudus Allah, yaitu esensi ilahi kepada mereka, agar mereka dapat dikuduskan dalam Roh Kudus.
Mengubah (II Korintus 3:18). Roh Kudus sebagai Roh esensi Allah, di dalam kaum imani, masih akan mengubah mereka secara metabolisme dengan esensi ilahi Allah, agar mereka diubah menjadi serupa dengan Tuhan, dari satu kemuliaan ke satu kemuliaan yang lebih tinggi.

Semua yang disebut di atas adalah pekerjaan Roh Kudus sebagai Roh esensi hayat Allah dalam diri kaum imani. Di lain pihak, Roh Kudus juga menjadi Roh ekonomi Allah, menjadi kekuatan dalam diri kaum imani, agar mereka bekerja untuk Allah (Lukas 24:49). Bahkan, di atas diri kaum imani, Roh ekonomi ini memberi mereka berbagai karunia, agar mereka dapat bekerja untuk Allah. “Kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama” (I Korintus 12:7-11). Inilah karunia Roh Kudus untuk membangun Tubuh Kristus.

///Audy

Join milis Kristen SITYB
Kirim email kosong ke: sityb-subscribe@yahoogroups.com
(Gunakan Yahoo mail)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s