Yang perlu kita ketahui Ttg peristiwa GaZa

Posted: June 1, 2010 by sityb in Uncategorized

Saya rasa penting kita mendengar ke 2 sisi dari peristiwa yg saat ini terjadi. Demo mengutuki Israel byk terjadi di seluruh dunia, bahkan gereja Katolikpun di Semarang turut mengecam peristiwa terakhir ini.

Saya baru baca sebuah penulisan yg memberikan pandangan sisi lain. Kalau kita baca surat kabar atau majalah di seluruh dunia, mereka sedang mengutuki perbuatan Israel. Yang tertulis dan dilaporkan benar2 hanya satu sisi, kita perlu melihat sisi yg lain.

Ada beberapa poin yg perlu kita ketahui bersama:
1. Israel mengblokir jalur masuk Gaza karena saat ini Gaza tengah dikuasai oleh Hamas.
2. Hamas sendiri beberapa saat yg lalu berperang melawan saudaranya sendiri, mereka bertindak sangat kejam membunuh pengikut pemerintahan Mahmoud Abbas. Di youtube banyak video yg menunjukkan kekejaman Hamas. Banyak orang Palestina sendiri yg mengatakan Hamas, meskipun sesama Palestina ternyata lebih kejam dari tentara Israel.
3. Hamas selalu menteror Israel dengan tembakan puluhan bahkan ratusan roket ke desa-desa Israel. Anehnya, dunia “silent” dalam hal ini, dan sekali Israel harus masuk dan menghancurkan kekuatan Hamas, dunia langsung mengecam.
4. Arab mengerti bahwa secara teknologi perang mereka kalah jauh dengan Israel, jadi satu2nya kemenangan yg mereka upayakan saat ini adalah secara politik. Dalam peperangan melawan Israel, mereka menempatkan wanita dan anak2 di atap-atap rumah, dengan sengaja menjadikan mereka tameng bagi Bom dan peluru Israel.

Mengenai kejadian Flotilla yg sedang terjadi.

Tujuan pengiriman barang-barang “kemanusiaan” ke Gaza melalui laut sesungguhnya BUKAN untuk menolong orang-orang Palestina yg menderita. Kepala dari Flotilla sendiri mengatakan bahwa tujuan mereka menerobos blokade ISrael adalah untuk menghancurkan blokade Israel ke jalur Gaza.

Laporan kemanusiaan yang sesungguhnya adalah tidak ada orang kelaparan di Gaza. Bahkan sudah banyak bermunculan resto-resto mewah di sana. PBB selama 60 tahun ini sudah terus menerus merawat penduduk Palestina.

Jika kita melihat peta Gaza, anda akan tahu bahwa Israel hanya memblokade 3 sudut masuk ke Gaza. Sudut yang ke 4 itu diblokade oleh MESIR, sebuah negara Arab sendiri.

Dari seluruh negara-negara Arabs, dan bahkan Mesir sendiri, mereka tidak perduli dengan kemanusiaan warga Palestina di Gaza. Mereka yang kaya raya dengan uang penghasilan minyak bisa dengan mudah membiayai makanan ataupun pembangunan di Gaza. Tetapi tahukah anda bahwa setiap bantuan yg diberikan ke Gaza untuk orang2 Palestina di sana akan dirampas oleh Hamas dan dipakai untuk kepentingan prajurit mereka. Jika ada dana sumbangan dalam bentuk keuangan, maka dana tsb akan dipakai untuk pembelian senjata. Ketahuilah bahwa negara Arabs sendiri tidak sayang terhadap saudaranya sendiri. Dipikiran mereka, orang Palestina memang dibiarkan disana sebagai alat perang mereka melawan Israel.

Untuk kasus Flotilla, sebenarnya Israel telah menawarkan untuk MEMBANTU pengiriman barang2 kemanusiaan seperti makanan dan obat-obatan ke Gaza, DENGAN syarat harus ada pengecekan terlebih dahulu supaya tidak ada senjata yang dimasukkan. Tetapi pihak organisasi Pro-Palestina dengan sengaja menerobos masuk lewat jalur laut. Israel memang harus menghentikan kapal-kapal tersebut dan membawanya ke port mereka. Tidak ada pilihan lain!!!

Ingat bahwa tujuan penerobosan blokade ini adalah POLITIKAL, bukan untuk membantu penduduk Palestina di Gaza.

Jika anda selidiki sejarah modern, maka anda akan kaget untuk melihat betapa kejamnya negara2 Arabs terhadap saudara mereka sendiri. Mereka dengan sengaja memakai orang-orang Palestina untuk tujuan politik mereka “mengalahkan Israel”

Saya menuliskan email ini hanya sebagai bentuk pengungkapan saja. Saya harap tidak ada anak Tuhan yang karena membaca isi berita di koran2 dan acara TV yg sudah dipolitik menjadi benci dan mengutuki Israel.

Israel memang tidak punya pilihan lain daripada melakukan penyerbuan kapal Flotilla. Bisa dibayangkan jika diijinkan kapal masuk seenaknya, berapa banyak senjata yg akan diselundupkan ke Hamas?

Omong2, Israel telah menemukan ratusan tunnel (jalur bawah tanah) yg dipergunakan untuk penyelundupan senjata. Tunnel2 ini terus dihancurkan setiap kali ditemukan. Bukti-bukti ini sudah ditembuskan ke PBB, namun tidak ada tindakan secara langsung bisa dilakukan, karena Arabs masih memegang kendali minyak dunia.

Kita perlu terus mendoakan Israel agar tangan Tuhan dengan segera dinyatakan atasnya. TIDAK ada negara lain yang di SETIAP HARInya harus memikirkan keselamatan hidup mereka lebih daripada Israel. Jika bukan Tuhan yg menjaga mereka, sudah lama habislah bangsa ini.

Doakan juga penduduk Indonesia yang benar-benar dibutakan (dibodohi). Perang agama secara kenyataan sedang terjadi. Begitu besar kebencian mereka terhadap Israel. Bentuk kebencian yang benar-benar buta.

Continue to speak blessing over Israel!

Sumber:
http://brogsblog.wordpress.com/2010/05/31/here-we-go-again/

Comments
  1. jojo says:

    Being minority and executing the right unspoken deeds always pays no appreciation, comdemnation,instead, is always received
    May the facts come to the light one day

  2. gue says:

    Menurut gue, itu bkn cm karna negara” arabs yg lo bilang td ingin menguasai israel
    Tapi emang israelnya sdri yg ingin memperluas wilayah tanpa campur tangan negara lain…
    Buktinya udah ada…
    Jadi yg namanya israel emg harus di beri sanksi…

  3. denny says:

    saya benar2 setuju..

  4. adhi says:

    Ooww gtu yaaa… Emm… Kalo boleh tw anda pengikut yahudi yaa… Andaikata iyapun saya mw tanya, penggunaan fosfor putih yg digunakan membantai org palestina tu kejam loo… Kalo anda berkata demikian, saya bs katakan anda buta sama sekali mslh israel, hamas, dan palestina… Semua yg anda katakan tuh ga ada dasarnya dan berupaya membuat dunia benci islam… Satu kata untuk anda… BIJAKLAH

    • watcher says:

      dan anda juga membutakan mata melihat aksi israel itu terjadi karena HAMAS terlebih dahulu melanggar gencatan senjata dan melepaskan roket kedaerah israel yang sangat mengancam penduduk sipil israel. lalu apa yang harus israel lakukan ? membiarkan mereka terhapus dari peta dunia ? beberapa kata untuk anda BIJAK DAN PINTARLAH JANGAN TERHASUK OLEH KEBENCIAN YANG BERLEBIHAN FAKTANYA MESIR YANG ISLAM DAN LEBIH DEKATPUN ENGGAN MEMBANTU HAMAS LALU MENGAPA KALIAN RIBUT SEMENTARA DI INDONESIA BANYAK HAL YANG LEBIH URGEN TIDAK MENJADI PERHATIAN KALIAN ?

    • saya says:

      maaf…
      mau orang yg nulis posting ini pengikut yahudi atau arab kan bukan urusan anda..
      Israel vs palestin itu kan bukan mslah suku/agama tp wilayang jdi jgn mncmpur adukkan suku dan agama k mslah ini..
      BIJAKLAH

    • Kairos says:

      @ Adhi : menurut saya andalah yang seharusnya BIJAK. Tulisan ini tidak berkata tentang AGAMA. Apalagi AGAMA ISLAM! dan satuhal lagi ngapain kita membela agama? Siapa sebenarnya kita? SEHARUSNYA AGAMALAH YANG MEMBELA KITA! Apakah AGAMA tidak bisa lagi membela dirinya sendiri ?

  5. Ricky says:

    Saya bukan tidak prcaya akan semua itu, tp bagi saya Israel/kaum Zonis untuk saat ini adalah musuh islam no. 1(satu) dan InsyaAllah kaum muslim di dunia ini tidak akan perrnah hancur oleh kaum Zeonis tersebut…

  6. angga rajabayu says:

    Kepada yg terhormat penulis artikel…

    Penulis sepertinya sengaja membiaskan isu-isu itu…
    Tolong andapun jangan melihat satu sisi dan menguntungkan golongan anda sendiri. Penulis sepertinya sengaja mempropokasi untuk mengamini tindakan yg dilakukan israel..
    Saya hanya mengingatkan anda bahwasanya yang berada dalam kapal itu adalah perwakilan 50 negara dan terdapatnya bermacam2 agama dan sukuisme..,seharusnya sebelum menulis anda berwawasan luas..mungkin saking luasnya..pemikiran anda sehingga menjadikan perasangka buruk terhadap satu golongan..(Halus sekali bahasa anda). Satu hal lagi dalam catatan PBB bahwa ini merupakan pelanggaran ke-52 yg diperbuat oleh israel..

    • saya says:

      yang bwt posting ini bukan dia sndiri yang ngarang kata2 tp ada sumbernya…
      http://brogsblog.wordpress.com/2010/05/31/here-we-go-again/

    • Jag Jr says:

      Setuju dengan tulisan ini. Memang Palestina itu hanyalah alat provokasi dari teroris Arab untuk mengacaukan Israel.

      http://www.palestinefacts.org/pf_early_palestine_name_origin.php

    • Jag Jr says:

      Teman-teman, ini ada tambahan lagi dari Israel MFA Director General Yossi Gal :

      Image

      Statement by MFA Dir. Gen. Yossi Gal on Gaza bound ship

      4 Jun 2010

      (Communicated by the MFA Spokesperson)

      Amb. Yossi Gal, Director General of the Ministry of Foreign Affairs, made the following statement to the press today in Jerusalem:

      “I want to once again deliver a message that has been delivered in both public and private channels to the Rachel Corrie ship heading toward Gaza:

      We have no desire for a confrontation. We have no desire to board the ship. If the ship decides to sail the port of Ashdod, then we will ensure its safe arrival and will not board it.

      Israel is prepared to receive the ship and to offload its contents.
      After an inspection to ensure that no weapons and war materials are on board, we are prepared to deliver all of the goods to Gaza. Representative of the people on board and relevant NGOs are welcome to accompany the goods to the crossings.

      We will work with the UN and international organizations to ensure that all the goods are used for the benefit of the people of Gaza.”

      Buat Nothing Soecial:
      Jadi masalahnya sudah clear bukan? Pihak Israel telah menawarkan pada kapal2 itu untuk berlabuh di pelabuhan Israel, Ashdod, dan jika kapal2 itu menerima, maka : Israelis will ensure its safe arrival and will not board it!!! Pasukan Israel tidak akan menyerbu kapal2 itu, dan tentu saja tidak perlu ada korban jiwa yg jatuh!! Juga tidak akan ada bagasi2, kamera2 atau laptop2 yg akn disita. Apakah tawaran sebagus itu harus ditolak jika ingin mengampanyekan perdamaian?

      Jika khawatir barang2 bantuan tidak akan sampai di Gaza, maka: Representative of the people on board and relevant NGOs are welcome to accompany the goods to the crossings. Perwakilan dari pihak kapal dan LSM akan diundang untuk mengawasi proses pengiriman bantuan tsb ke Gaza. Apakah tawaran sebagus itu harus ditolak, jika niatnya memang ingin menolong penduduk Gaza?

      —————————–

      Sebagai catatan: saat menanggapi himbauan dr AL Israel agar tidak menembus blokade, penumpang2 di kapal Mavi Marmara malah berteriak2: “Shut up, go back to Auschwitz” and “We’re helping Arabs go against the US, don’t forget 9/11.” Apakah penumpang Rachel Corrie juga akan berbuat begitu? Kita tunggu saja beritanya …

      source:http://www.mfa.gov.il/MFA/Government/Communiques/2010/Israel_Navy_warns_flotilla_31-May-2010.htm#radio

  7. dwee_ambarita says:

    Gw setuju bget am posting ini,,tlg gw jg di update masalah ini,,krn bbrpa tmen gw sndri sudah dibutakan,,dan menganggap gw pemuda yg ga pduli sesama padahal gw sllu melihat 2 sisi,,thx a lot bwt yg posting,,GBU

    • DF Rahimy says:

      Salam perdamaian…

      Saya adalah seorang muslim, tapi saya sangat menentang segala bentuk kekerasan dan terorisme di muka bumi,…

      Wahai saudara2ku sebangsa dan setanah air,..
      Sebelum menulis suatu ulasan, lebih baik kita pelajari terlebih dahulu
      -SEJARAH kehidupan bangsa Arab (umumnya), israel-palestine (khususnya).
      -Letak Geografis kedua negara
      -Kepentingan-kepentingan Amerika didalam konflik dua negara ini.

      Jauh sebelum israel mendudukan pasukannya di palestine (menjajah), di palestina sendiri sudah ada 2 partai politik besar yang saling bertentangan. HAMAS adalah salah satunya, di setiap pemilu, HAMAS selalu mendapatkan suara terbanyak. Sayangnya HAMAS memang bergaris keras, dan menentang keras segala bentuk invasi dari Israel maupun (amerika).

      Dengan alasan menumpas terorist/misi kemanusiaan, Israel dan Amerika menghalalkan segala tindakannya untuk mendapatkan keuntungan2 di palestina.

      Persis seperti yang terjadi di IRAQ, sampai saat ini tidak ditemukan senjata pemusnah massal (ala Saddam Husein) yang selama ini di gembar-gemborkan oleh Amerika (hampir seluruh dunia mempercayainya) apakah ini namanya tidak membodohi dan membutakan kita???

      Sekali lagi saya menghimbau,.. untuk tidak menulis atau memosting suatu ulasan, jika belum mengetahui benar tentang sejarah dan duduk permasalahan nya.

      Terimakasih🙂

      Salam Damai

      • watcher says:

        invasi sapa yang invasi ? kedua negara TELAH diberi wilayah oleh Inggris yang menguasai wilayah palestina setelah mereka mengalahkan Khalifah Turki yang merupakan sekutu JERMAN NAZI dan supaya israel dan palestina gak bertengkar dibagilah wilayah tersebut menjadi 2bagian. buat israel dan Palestina. waktu berlalu dan oleh kerakusan arab sampai sekarang negara palestina gak berdiri dan munculah HAMAS yang dalam deklarasi pendiriannya sangat ingin menghancurkan lalu pertanyaannya apa yang harus israel lakukan untuk menghadapi oraganisasi macam ini diam membiarkan PENDUDUKNYA DIROKET TANPA MEMBALAS ? kenapa ROKET yang diluncurkan HAMAS JUGA TIDAK MENDAPAT KECAMAN DI INDONESIA

    • yohanes says:

      Kalau saya kurang sepakat dengan isi tulisan ini. Alasannya : secara teologis kehadiran Yesus Kristus membuat misi penyelamatan Allah tidak lagi terbatas HANYA untuk Israel secara fisik, tetapi ke semua orang yang percaya dari segala bangsa. Oleh karena itu siapa yang percaya pada Yesus adalah ISRAEL BARU. Yakni mereka yang memiliki status perjanjian keselamatan antara Allah dan Manusia yang telah diperbaharui oleh Yesus. Secara tegas, kehadiran Yesus menarik garis pemisah antara mereka yang percaya dan yang tidak percaya. Jelas bahwa Israel didirikan untuk para penganut YAHUDI. Dan sepanjang masa hingga akhirnya nanti mereka akan tetap menganut konsep keselamatan lama berdasarkan Taurat. Mereka menyangkal Yesus. Sangkalan terhadap Yesus inilah yang menjadi penentu skisma antara para pengikut Yesus dan mereka yang anti Yesus diawal perkembangan gereja mula-mula.
      Secara politik Israel telah banyak menyerobot tanah yang sebenarnya menjadi milik warga Arab. Anda coba browsing di internet, bahwa tembok dibuat oleh Israel untuk memenjarakan warga sipil di tanah mereka sendiri. Sebenarnya pihak Palestina sudah bersedia menerima perjanjian batas tanah pada tahun 1967 yang ditetapka Israel. Tetapi Israel sendirilah yang melanggar ketentuan yang mereka buat sendiri.

      • happy says:

        Pada dasarnya..
        segala yg terjadi telah dinubuatkan oleh kitab Wahyu.
        dimana akan terjadi peperangan, yang jahat bertambah jahat,
        tetapi kita selaku anak2 yg percaya akan Yesus, haruslah mengutamakan KASIH.
        I Love Israel.. but love Palestina too…
        dan ISAREL-PALESTINA bukan masalah Islam atau Kristen atau agama lain…
        dan tolong marilah kita hidup damai satu sama lain saling mengasihi….
        TUhan memberkati kita sekalian…

        KERUSUHAN AMBON DAN POSO sudah cukup jadi BUKTI bahwa kekerasan bukanlah “JALAN KELUAR” bagi perbesaan kita…

        Salam damai…

    • Priyo says:

      Jujur Ane Beragama Islam :
      Gw juga sangat setuju dengan tidak melihat satu sisi saja, tapi dalam menyikapi permasalahan ini kita juga tidak boleh fanatik/terhadap suatu agama tertentu. Salah2 kita juga bisa ikut2tan seperti yang di beritakan di Media selama ini, yang bisanya hanya mengutuk tanpa adanya implementasi yang bisa di buktikan. Maka dari itu, kita yang masih diberikan kenikmatan bisa hidup berdampingan, mari kita pelihara dengan baik agar selamanya kita hidup rukun, saling menghormati dan berdapingan layaknya suami istri. hi..hi..hi..hi……….!
      Untuk Israel dan Palestina, kita juga tidak begitu tau secara pasti, yang jelas mari kita do’akan agar mereka di sadarkan bahwa” Perang” bukanlan jalan yang terbaik, sehingga mereka dapat menempuh cara lain dan dapat hidup damai dan berdampingan. AMIN.

  8. savitri says:

    Saya sih uda tau klo kapal yg isinya relawan itu isinya buukan bantuan makanan tpi senjata.. Saya menyesalkan byk org memakai kedok alesan kemanusiaan.. Kemanusiaan knapa musti jauh2 ke kolong jembatan pejompongan aja mas..

    • Nedi says:

      Oh ya? Tahu dari mana isinya senjata?

    • udung says:

      buktinya mana? taro dimari…

    • loveorhate says:

      Saya setuju. Praktek seperti ini sudah banyak terjadi. Saya punya teman di salah satu NGO kemanusiaan yang pernah bertugas di Afghanistan yang mengatakan pada saya bahwa ada NGO yang berkedok “misi kemanusiaan” tetapi aktif terlibat berperang mendukung salah satu faksi yang bertikai. Aktif menyelundupkan senjata mensuplai kelompok yang didukungnya.

      Padahal secara umum, seharusnya misi kemanusiaan itu bersifat netral, tidak menunjukkan keberpihakan kepada kelompok-kelompok yang bertikai. Namanya aja misi kemanusiaan, jadi jelas seharusnya yang menjadi konsern mereka adalah “nyawa manusia” tanpa memandang dari faksi mana yang membutuhkan pertolongan itu

      Saya pernah baca bahwa sponsor yang mengirim relawan ini yakni: IHH adalah lembaga charity tetapi pada berbagai kesempatan memperlihatkan wajah yang menyeramkan. IHH menurut beberapa laporan terlibat dengan jaringan terorisme seperti Al qaeda dan Hamas. Mereka juga terlibat perang aktif di Bosnia dan Sarajevo. Beberapa petingginya malah pernah kedapatan menyimpan senjata. (pertanyaan: misi kemanusiaan apa yang membutuhkan senjata???)

      Anda boleh cari beritanya sendiri di internet ini…

  9. no_name says:

    Au ah gelap…..

  10. wwjd says:

    If GOD beside us,who against us.. For God is our Victory

  11. nina says:

    The truth must be told to the world… I knew, Jehova Nissi will defeat all Y’israel enemies… Praise to the Adonai..

  12. gloria oey says:

    Yes,it’s definetely true! we speak blessing over Israel and the opening of their hearts to receive The King of Glory ! We speak salvation to the whole Israel!

  13. cornelius says:

    Memang ada 2 sisi koin yg hrs dilihat sebelum memutuskan sesuatu.
    Pergunakan hikmat yg telah diberikan Tuhan. Tuhan Yesus memberkati.

  14. oscar says:

    Niceee.. Kinda sad melihat anak2 Tuhan membenci dan menghujat bangsa pilihan Tuhan.. Mudah2an dgn ada postingan sprti ini mata mereka akan terbuka =D God bless all of you n Israel of course..

  15. Wen says:

    Gbu hidup israel !! Bangsa pilihan Tuhan
    jgn melihat Israel hny dr 1 sisi saja
    yg menghujat smoga mendpat pencerahan,ck ck

  16. Joe says:

    Wahh.. ini baru berita yang objective! Two thumbs up…
    Apalagi kalo disertakan referensi data atau statistik, baik itu tentang jumlah roket yang masuk israel tiap hari, tunnel, dan tameng hidup yang hamas pakai… akan lebih baik lagi ^_~

  17. donaLd says:

    thankzz udh diposting..membuka pikiran saya juga ttg timur tengah!!!!

  18. katrina says:

    Berita bagus

  19. KAY says:

    Inilah ‘Senjata’ Aktivis Kemanusiaan yang Ancam Nyawa Tentara Israel
    Rabu, 02/06/2010 14:28 WIB | email | print | share

    Israel mencoba membela diri atas tindakan brutal mereka terhadap aktivis kemanusiaan Armada Kebebasan yang mengundang kecaman dunia internasional.

    Rezim zionis Israel mengaku para aktivis yang berada di dalam kapal dipersenjatai dengan senjata lengkap. Dan tidak ketinggalan di situs Ynet, Israel mempublikasikan barang-barang “berbahaya” yang mereka temukan di atas kapal bantuan yang sebagian dipakai untuk menyerang militer Israel.

    Lucunya semua barang yang dianggap berbahaya oleh Israel dan disebut-sebut sebagai senjata berbahaya yang mengancam nyawa pasukan khusus mereka tersebut, sehingga tentara Israel dengan ‘iklas’ membantai para aktivis kemanusiaan, ternyata tidak lebih dari peralatan dapur, pisau, gergaji yang memang sudah ada dikapal, ketapel dan biji-biji kelereng.

    Sangat memalukan, pasukan khusus angkatan laut Israel yang pelatihannya sangat canggih dan memiliki kemampuan beladiri sekelas Krav Maga, harus perlu membantai puluhan aktivis kemanusiaan yang ada di dalam kapal Mavi Marmara. Parahnya lagi ada pasukan khusus yang sempat dijorokin ke dek bawah oleh para aktivis tersebut. Katanya pasukan khusus..? What the ****

    Dalam gambar yang dipublikasikan tampak sebuah pisau kecil yang ditemukan dari kabin nakhoda. Mereka menyebut ini senjata yang dipakai para aktivis untuk menyerang tentara yang ternyata adalah pasukan khusus Angkata Laut Israel.

    Pasukan Israel juga menemukan senjata lain yang dipakai oleh para aktivis perdamaian. Senjata ini tidak lain adalah spray gas air mata yang masih dalam bungkusan. Tidak ada yang tahu bagaimana spray yang belum digunakan ini ditemukan oleh tentara Israel yang rencananya akan dipakai sebagai senjata menghadapi pasukan komando Angkatan Laut Israel.

    Dan klaim salah seorang pasukan khusus angkatan laut Israel yang babak belur digebukin para aktivis kemanusiaan yang menyatakan bahwa ada anggota aktivis kemanusiaan yang membawa senjata api, malah tidak ‘nampil’ dari gambar yang dipublikasikan. Parah..(fq/ynet/irib)

    http://www.eramuslim.com/berita/dunia/inilah-senjata-aktivis-kemanusiaan-yang-ancam-nyawa-tentara-israel.htm

    • Jag Jr says:

      Quote from Ralph Galloway, a former head of the UN Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA), in Amman, capital of Jordan, in August 1958:

      “The Arab states do not want to solve the refugee problem. They want to keep it as open sore, as an affront to the United Nations and as a weapon against Israel. Arab leaders don’t give a damn whether the refugees live or die.”

      http://www.science.co.il/Arab-Israeli-conflict.asp#Nationhood

  20. cankthen says:

    hore…hore..
    Tuhan ud mau dateng…
    Jika kebenaran terungkap.maka datanglah Tuhan kita!!!!!!

  21. gerry says:

    Anda(penulis) aja mengerti secara detail,masalah ini, tentunya pbb juga mengerti masalah ini, semua sudah takdir, udah di atur ama yg diatas,mau kita demo demo ga karuan juga di israel ato hamas lum tentu dengerin kita,cuma kekuatan doa yg bisa membeerikan yg terbaik kepada keadaan ini

  22. FUI says:

    Ane tetep mngutuk ISRAEL karena penjajahan tidak dibenarkan oleh satu umat apa pun, yg dibutain itu adl pendukung penjajahan itu sendiri…ga usah mengada ada pake bwat pembelaan bwat penjajah yg gak punya rasa kemanusiaan..

    • Franz says:

      lah…bukan jajah juga donk..sama2 perang toh…
      lagian lebih banyak artikel yang mendukung palestina, jadi kenapa pendukung israel ga boleh buat artikel?
      lagian ini bukan pembelaan, ini FAKTA…:)
      bisa dibuktikan..cek saja barang2 bawaannya…:]
      lagian tidak salah juga artikel ini krn setiap permasalahn ada “pro dan kontra”
      so…menurut saya, lebih baik bangsa indonesia membantu warga negara sendiri dulu…
      masih banyak yang melarat toh…:]
      buat apa indonesia smp terpecah gagara negara lain?
      APA KATA DUNIA NANTI??

  23. ikrar garetha says:

    Sudahlah jangan ributin masalah ini-itu urus aja negara sendiri! Yang jelas yang qta kutuk adalah prilaku yang tidak punya prikemanusiaan, untuk siapapun! Baik israel, palestina, negara2x arab! Yang jelas dan perlu diingat adalah jangan menyalahkan kebodohan masyarakat dunia tapi kenapa jika itu adanya israel tdk bisa menunjukannya,,, tanda tanya besar kan!?!?

  24. deedee says:

    this one is good. hope your can post other web as reference as well.
    just to make it more reliable for everyone.

  25. septyazee says:

    w setuju banget ma posting ini…
    qt harus ngeliat smunya dri 2 sisi,jgn smpe dibutakan dgn pmberitaan di media yg cman ngeliat smuanya dri 1 sisi aja,tanpa mngetahuinya scra jelas..
    tax voo ur posting^^
    GB^^

  26. vincentius owen says:

    Top markotop

  27. Elly says:

    Agree! Kita ga bs seenaknya memutuskan dari setu pihak aja. Tp mgkn sdikit susah untuk org2 diluar tahu apa maksut dan tujuan israel sebenarnya. Karena mereka sudah dibutakan oleh berita2 yg menghebohkan Dan masih tidak adanya pengetahuan org2 mengenai Hamas tsbt.

    Kita berdoa untuk yg terbaik🙂 karena memang sgala sesuatunya akan indah pada wktnya

  28. jefry says:

    Wow, analisis yg sangat bagus. Gw ga ada pikiran sampe sana. Tapi baru2 ini gw googling, Israel jadi basecamp nya komunitas gay di seluruh dunia & bakal legal perkawinan sesama jenis di Israel??
    Netral aj deh gw -_-

  29. y says:

    setujuuuuuuuuuuuuuu

  30. keynoy says:

    Maaf, ya sebelumnya. kalau masalah Gaza itu, seperti nya tidak hanya bisa dilihat dari 2 sisi saja. Saya tidak hanya melihat dari sisi Hamas atau Israel saja, setiap kelompok memiliki tujuan masing2. Saya melihat dari banyak sisi. Sisi kemanusiaan adalah salah satu nya, apakah manusiawi kalau harus mengorbankan anak2 dan wanita? Jika saya menjadi warga palestina (muslim atau kristiani), saya akan membela negara saya dengan cara apapun. Fakta nya, disana itu bukan hanya tempat warga muslim bermukim, banyak sekali warga kristiani disana, dan mereka hidup rukun.

    disana terdapat tempat yang disucikan baik bagi yahudi, kristiani dan muslim. ingatlah yahudi bukanlah kristiani, lihatlah sejarah sedari dulu, siapa saja yang mereka (yahudi) musuhi? bukan hanya muslim saja, karena merekalah yang pertama kali tidak menerima ada nya ajaran yang dibawa nabi Isa A.S / Yesus. dan mereka pun semakin menjadi-jadi ketika Islam muncul, dan semakin saya melihat dari banyak sisi, maka semakin terlihatlah semua. kalau mereka berniat untuk mengambil SEMUA yang ada di palestina, bukan hanya milik umat muslim. untuk mereka hancurkan dan menjadi SEMUA nya milik mereka.

    Belajarlah dari sejarah, belajarlah dari kesalahan. Kesalahan bukanlah untuk diikuti, tapi untuk dihindari.

  31. selviyanti says:

    Puji Tuhan tdnya saya jg ikut2an menyalahkan Israel krn saya pikir mrk kejam sekali membunuh para sukarelawan,tp setelah membaca ini saya jd mengerti,thx ats infonya GBU

  32. Nani says:

    tiap org berhak punya pndpt trmsuk author artikel ini..but writing without fact is nothing. kapal mer-c kan udah diperiksa m tentara israel,ga ad bw senjata,cm bw2 brg dan obat2 untk KEMANUSIAN DAN KEADILAN yg semua umat beragama mengagung2kn,so knp takut kalau bnr mmg pgen membntu rkyk palestine..

    Udah trlalu bnyk alasan yg dijadikan dasar pnyerangan ke ngra tertntu oleh ngra tertntu. yg plg anyar alasan penyerangn ke irak atas alsn menyimpan snjata nuklir.. tp lht faktax mpe skrg ga dtemuin snjta trsbt..

    So author yg trhormat drpd menulis tlsan tnpa fakta,mending do something for humanity..

  33. wt simatupang says:

    Apapun itu namanya politik israel-palestine buat apa diperdebatkan. Apakah anda tidak sadar kalau kejahatan politik di indonesia telah memakan korban jutaan penduduk indonesia sndiri. Wake up guys !!!

  34. Daniel says:

    Rakyat Indonesia terlalu banyak dibodohi oleh media dalam negeri sendiri. Coba perhatikan bagaimana media Indonesia kalau menyajikan berita soal Israel, pasti isinya seolah-olah Israel itu bangsa yang kejam & tidak berperikemanusiaan, tetapi sebaliknya kalau soal Palestina. Saya yakin mayoritas rakyat Indonesia yang selalu berdemo mendukung Palestina dan mengutuki Israel itu sebenarnya tidak tahu sama sekali apa yang sebenarnya terjadi. Di Alkitab ada tertulis: Barangsiapa mengutuki Israel, maka akan dikutuk pula oleh TUHAN. Itu yang selalu saya pegang. GBU.

  35. junry allow says:

    Tulisan yg objektif.

  36. triple XXX says:

    Mantap.. Ini baru tulisan yang LAYAK dibaca. GBU..

  37. wahyu_tjan says:

    I’m christian, I love Indonesia, I love pluralities. Info spt ini mmg penting untuk diketahui. Tp apa salahnya a christian man cursing Israel?? Siapa benar siapa salah kaga ada yg tahu, apalagi kamu. Didn’t Christ teach us to love and to forgive your enemies??? Oh Jesus … Plis forgive this poor kid as he didn’t know what he said. org2 kyk gini yg akhirnya bikin gereja2 di Indo dirusak massa. Km harus tanggung jawab akibatnya!!!
    Thanks for the info, but next time try to use unpersuasive sentences. Think as a human being, don’t think as an Israelista.

    • Amz says:

      Wah…Baru tau kalo christian man diajarin cursing.. Baca dulu Alkitab dgn bener baru bikin komen begini gan.. Lu harus makan kata2 lu sendiri gan..Hehehe..

  38. depong says:

    Di kitap suci Al-qur’an udah jelaskan xata2 bahwa 2 negara itu tak pnah bisa damai sampe akhir jaman percayalah kawan

  39. aca says:

    Sy setuju terkadang orang2 hanya bisa menyalahkan tanpa melihat pokok permasalahan yang ada.
    Lagian jg ngapain urusin mslh negara lain sedangkan negara kita aja masih amburadul

  40. ila says:

    Ga sepenuhnya benar.. Klo memang jd tameng serangan ke sekolah-sekolah bkn salah satunya donk?
    Dimana tamengnya,udh jelas sekolah-sekolah pst isinya anak-anak..
    Tetap hrs disikapi bs jadi artikel ini hny hoax belaka..

    • ali says:

      kalo mas ini mau tau…serangan israel ke sekolah” atau ke rumah penduduk,bukanlah karena mreka ga punya rasa kemanusiaan..tetapi di situlah TAMENGNYA HAMAS !!! karna di tempat” itu lah HAMAS bersembunyi.

      Jangan jadi TONG KOSONG NYARING BUNYINYA !!!

  41. jose says:

    Setuju bgt dgn posting ini….seperti yg kita tau israel adalah kesayangan Tuhan…jgn sampe Tuhan murka atas Indonesia yg selalu pake gaya ikut2an solidaritas2…padahal sesama indonesianya aja mreka ga peduli…bgmn mana mau membantu bangsa lain kalo bangsa sendiri aja msh byk yg miskin dan kelaparann.semoga diberikan hikmat dan akal budi pada pemikiran bangsa indonesia ini spy g usa mengutuk2 dan demo2 yg g penting..doa aja benerin diri masing2

  42. Pradipta Parardya says:

    Saya setuju dengan beberapa poin di post ini dan tidak setuju dengan beberapa juga.

    Poin anda tentang hamas;
    No. 1 oke saya setuju
    No. 2 tolong diberi sumber accusation semacam ini biar nggak jadi fitnah, sementara tidak ada komen
    No. 3 setuju, tapi dalam pandangan saya pemberitaan media selama ini cukup fair, saya nggak setuju kalo dibilang dunia silent, menurut data resmi http://en.wikipedia.org/wiki/Gaza_War korban dari palestina 1100-1300 sedangkan dari Israel hanya 13 orang. Jadi saya nggak setuju kalo dibilang Israel terancam, ibaratnya membunuh nyamuk pake dinamit, apa itu proporsional? Saya rasa nggak.
    No. 4 Tidak setuju, laporan resmi tim PBB http://en.wikipedia.org/wiki/United_Nations_Fact_Finding_Mission_on_the_Gaza_Conflict menyebutkan tidak ditemukan bukti adanya kejadian ini

    Oke saya setuju flotilla bertujuan menembus blokade, tapi tujuan menembus blokade adalah mengirimkan bantuan. Sekali lagi blokade Israel adalah ilegal http://current.com/shows/current-tonight/90711595_report-u-n-human-rights-chief-israels-blockade-of-gaza-illegal.htm Dan tolong jangan merendahkan niat baik orang2 hebat di dalam flotilla itu http://current.com/shows/current-tonight/90711595_report-u-n-human-rights-chief-israels-blockade-of-gaza-illegal.htm diantara mereka survivor holocaust dan nobel laureate.

    Restoran mewah di gaza? To

    Kebrengsekan mesir dan negara arab lainnya? Setuju.

    Restoran mewah di Gaza? Tolong sumbernya sekali lagi biar gak jadi fitnah. Menurut disini http://desip.igc.org/GazaWater.html sumber resmi PBB http://www.un.org/apps/news/story.asp?NewsID=32038&Cr=gaza&Cr1= http://en.wikipedia.org/wiki/Blockade_of_Gaza#Aid_groups http://en.wikipedia.org/wiki/Gaza_Strip keadannya bertolak belakang dengan tulisan anda.

    Kejadian Flotilla kemarin. Pertama, blokade itu sendiri ilegal. Kedua penyerbuan IDF tersebut itu dilakukan di perairan international. Kenapa anda tidak mengungkit hal ini. Ini merupakan pelanggaran berat hukum international. Israel sama sekali tidak punya jurisdiksi di perairan internasional.

    Tolong jangan terlalu bias lah, anda menyarankan agar kita jangan dibutakan. Saya juga menyarankan anda agar jangan terlalu bias dan lebih mencari sumber yang lebih terpercaya.

    Salam damai.

    • Bobby says:

      Luar biasa. Memang begini seharusnya menjawab sebuah tulisan, yaitu dengan memposting tulisan juga yang dilengkapi dengan data-data dan sumber terpercaya. Tidak dengan emosi menuliskan maki-makian yang justru menunjukkan kelemahan intelektual kita.

      Untuk penulis artikel, mungkin anda bangga karena tulisan anda dibaca banyak orang, bahkan link-nya disebarluaskan melalui BBM. Namun saya harap Anda bisa mmposting sebuah tulisan lagi memberikan data-data akurat dari sumber-sumber terpercaya untuk mendukung tulisan yang sekarang ramai memancing comment ini.

      Jika itu tidak Anda lakukan, tentu merupakan hak Anda. Tapi kemudian masyarakat akan menjadi tahu bahwa tulisan yang Anda buat memang semata berdasarkan rumor dan bukan atas data dan fakta yang akurat.

    • weizly says:

      aku seorang christian….saya setuju dengan cara anda menanggapi hal ini….perlu saya tekankan, saya tidak punya hak apapun untuk membuat satu pendapat dan berkoar koar ga jelas karna saya sadar, saya tidak punya porsi dan pengetahuan yg cukup ttg itu. tapi aku meluangkan waktu menulis sdkit, karna saya kagum membaca reply coment anda dsni, sangat berbeda jauh dari kebanyakan rekan rekan saya yg punya basic agama yg sama dengan anda. so wise i think

  43. sugiarto says:

    Oi.. Pandangan yg bagus. Cm jgn cuma doakan israel.. Doakan saja perdamainan bs terjadi.. Jg perubahan buat hamas yg sesat.. Bukankah kalian org kristen, mengampuni org yg bersalah..

  44. nieta says:

    coba kalian buka pelajaran tentang hubungan internasional…. negara israel memperluas kedaulatannya dengan mendirikan pemukiman di tanah palestina… sudah semenjak beberapa puluh yang tahun yang lalu israel terus merangsek ke dalam palestina…. (coba di cek di buku2 hubungan internasional atau di surat kabar pada waktu itu…), yes… hamas mungkin kejam,… tapi coba indonesia yang daerahnya dijajah oleh malaysia,.. apakah kalian tidak akan melawan,.. alasan israel kenapa bisa mendapatkan sebagian wilayah palestina adalah karena amerika selaku dewan pbb merupakan sekutu terdekat israel… bahkan amerika pernah menyatakan akan mendukung israel dalam keadaan apapun… coba kalian cek di peta dunia tentang seberapa besar wilayah palestina sekitar tahun 1960 lalu bandingkan dengan tahun sekarang….. sebagian besar menjadi israel…. san dunia tetap menutup mata dengan ini,….. coba bayangkan kita kehilangan pulau jawa, sumatera,…apa kalian akan diam?…. yesss mungkin hamas bisa dikatakan kejam,.. tapi akankah kita tidak akan menjadi kejam apabila daerah kita direbut paksa??? sedangkan mesir sebagai daerah yg berbatasn dengan gaza di rafa selama ini selalu membplehkan orang2 lewat dengan alasan kemanusian saja,.(boleh di cek di website lain,.) krn mesir jg mendapat tekanan dr israel lho klo sering2 buka perbatasan,.. jadi teliti dulu sblm mnulis,. saya bukan beragama keduanya… saya hanyalah seorang mhsiswi s2 hubungan internasional UGM yang baru belajar,.. maaf klo ad kesalahan

  45. sandy says:

    Gitu aja ko kita yang reeepotttt…..
    negara kita aja blum bener2 aman,tentram & damai….

  46. Tintin says:

    Saya jg setuju dgn postingan yg subjektif spt ini. Drpd kt selalu menyalahkan 1 pihak, kt harus lihat dr pihak lainnya. Trm ksh untk website ini dan saya dpt website ini dr broadcasting org lain lewat blackberry. Sy harap kita dpt menyebarluaskan fakta ini ke teman2 yg lainnya yg mungkin masih dibutakan. Trm ksh.

  47. aan says:

    Saya kurang bgt setuju dgan artikel diatas.
    Memang smuanya ni lebih baik kita melihatnya dari 2 sisi yg berbeda.
    Tetapi, apakah sebagai negara yg beradap bisa bgtu saja memborbardir palestina??
    Memang ada korban warga israel dr perang dgaza ne.. Tp apakah seimbang dengan korban warga palestina yg sbagian besar wanita dan anak”..
    Kita pasti ingat bagaimana israel dgan seenaknya mnjatuhkan bom dgaza?? Dan tidak menghiraukan imbauan pbb untuk berhenti brperang??
    Qta jga tahu memang ada 2 kubu dpalestina, tp apakah ga terpikir klo itu cuma adu domba???
    Yaaah.. Memang ga ada habisnya klo bicara bgni..
    Besar harapan smoga 2 negara tu bisa damai dan ga ada lagi korban..

  48. salvandi salindeho says:

    Terima kasih untuk tulisan yg mencerahkan. Israel tetap menjadi bangsa yang dipilihNya.Bukti-bukti seperti ini yg seharusnya banyak mencarinya dahulu.

  49. joe_dinand says:

    setuju sama post yang ada…..

  50. evi says:

    Semakin dikutuk israel semakin kuat!!
    Bayangkan 1 negara kecil lawan negar2 di dunia.
    Woooow Tuhan itu memang luar biasa !!!

  51. RobotLock says:

    Smua nya ga bisa dipercaya skrg ini,,, smua cuma tipu muslihat,,, baik israel maupun negara2 Anti-Israel.
    Semua tulisan2 mengenai Israel maupun Anti-Israel tidak bisa kita percayai 100%. Dari smua kejadian ini pasti ada suatu rencana politik yg sungguh diluar perkiraan kita smua.

    Satu2 nya (THE ONLY ONE) yg bisa kita pegang & percayai skrg ini hanya TUHAN KITA. JBU

  52. rohani panjaitan says:

    saya juga sgt setuju dgn posting ini…tlg jg diupdate ke saya, karena saya tdk ingin tmn2 saya mengutuki Israel….tanpa membaca posting inipun saya tetap percaya bahwa Mereka2 sengaja untuk menjatuhkan nama Israel di mata dunia……

  53. Suaminya Gadis Kupang Ro-Te Bemas says:

    Sekedar menambahkan,Saya cenderung menyalahkan tindakan Nahkoda Kapal Mavi Mamara yg terlalu berani mengambil tindakan untuk menerobos Blokade Tentara laut Israel.Sekalipun dalam Konvensi jenewa yg melarang utk menembak Relawan atau petugas medis dalam peperangan,tetapi Hukum international di daerah Konflik dapat dikalahkan Oleh Hukum Lokal.Relevansinya adalah : Tindakan Nahkoda Kapal Mavi Marmara yg di dalam Ship Particularnya adalah Kapal Penumpang,sangat tidak dibenarkan membawa Cargo(muatan) dan jika pun terpaksa membawa muatan ke daerah Konflik…maka salah satu atau ke 2 pihak yg bertikai dapat melakukan Investigasi atau pengecekan Manifest muatan(Document muatan) yg akhirnya dikeluarkanlah Cargo clearance,bhw muatan itu sesuai dgn documentnya.Tetapi Nahkoda Kapal Mavi Marmara terkesan ingin melakukan tindakan “Martir” sehingga akan ter Blow up oleh Media.Karena usaha penghentian yg disarankan Tentara Israel tdk berhasil,maka sah2 saja jika mereka naik keatas kapal karena kapal berusaha masuk ke wilayah blokade.Thanks God

  54. Kenny says:

    Sebagai tambahan, pertama2 Israel menginspeksi dulu Flotilla, tetapi tidak diijinkan oleh kru Flotilla, malah tim inspeksi Israel yg bersenjatakan peluru cat dihujani tembakan oleh kru Flotilla jadi mereka tidak ada jalan lain selain memanggil bala bantuan.

  55. herri says:

    wah bener apa yg kamu tulis aku setuju banget

  56. Irwan says:

    Tidak setuju boleh.. Tp jgn mengutuki apa yg diberkati Tuhan.

  57. januadi says:

    nice info..

  58. agus says:

    Sorry gua juga sempat dibutakan

  59. seto says:

    Tulisan yang bagus, memberikan informasi alternatif. Anda sebagai penulis yang memiliki banyak sumber informasi tentu mengetahui latar belakang kekerasan yang telah terjadi selama ini: pendudukan Israel atas tanah Arab, tanah milik Palestina. Pendudukan ini telah membuat masyarakat Arab Palestina menderita. Bahkan sampai saat ini mereka seperti terusir, ditampung di kamp pengungsian, 60 tahun seperti yang Anda sebutkan di artikel. Hamas mungkin melakukan kekerasan, tetapi Anda harus memisahkan antara kekerasan ‘teroris’ yang mengganggu kemanusiaan, dan kekerasan akibat suatu bangsa mempertahankan haknya. Saya sebagai muslim, sangat anti terorisme dan saya juga sangat simpati atas kekerasan yang menimpa saudara-saudara kita bangsa Arab Palestina, muslim dan kristen, yang tercerabut identitas kebangsaannya. Demikian tambahan informasi dari saya. Semoga memberikan sudut pandang yang lebih luas kepada para pembaca blog Anda.

  60. Arénd says:

    Setau saya sebagian TAX warga Israel untuk menghidupi warga Palestina dan jumlahnya tidak sedikit karna kita semua tahu bahwa yang terkaya di dunia bukan Arab, tp Israel.
    Yang memegang ekonomi dunia bukan Amerika/ Eropa, tp Israel.
    Ini pernah saya dengar di salah satu local station TV kita.
    Hamas memang teroris, musuh besar alm. Yasser Arafat di pemerintahan Palestina sendiri,tp Indonesia memusuhi Israel bgt krn unsur politis.
    Fyi, in Palestine, no matter you are Moslem or Christian, semua orang Palestina angkat senjata melawan Israel.
    Ini urusan politik, bukan agama. Saya ga tau percis apa ada banyak minyak di Israel, tp yang pasti kandungan uranium terbesar di dunia hanya ada di Israel.
    That’s why everyone wants to have “the promised land”.Saya yakin Anda semua tau uranium adalah bahan dasar untuk apa🙂
    Bless Israel then you are blessed.. It’s one of the promise from our living Allah!
    God bless Israel! God bless you!

  61. fredo says:

    LanjutGan, ane dukung Perdamaian dan kedaulatan sebuah Negara…….

  62. Santoso says:

    Membuka pandangan menjadi lebih luas

  63. andi says:

    Setuju!!semua tindakan pasti ada alasannya..

  64. yudhi says:

    Nice inpoh, Gan.

    Cover the other-side of story.
    Cuma yang disesalkan kenapa sampai ada tembakan ya…. Nggak dikirim fregat aja, cegat di tengah, nggak bakal kemana-mana ntu kapal…

    Kesannya jadi agak “excessive” tindakan yang dilakukan Israel. Suruh aja Mossad ama Shin-Bet lancarin serangan dengan diawali state-of-the-art weaponry ke kapal, pasti dikit atau gak ada korban dibanding serangan langsung seperti itu…

    Kalau mengenai Shabra-Shatilla dan Rachel Corrie, ada komen, Gan?

    Thx

    Yudhi

  65. gray says:

    sangat menarik….

  66. HSW says:

    berita yang menarik…..

  67. tanah abang says:

    Thx buat infonya, bisa diterima, moga2 yang lain jg membacanya juga.

  68. tedy says:

    Terlepas dari apapun…
    Arif bila kita tau latar belakang segala sesuatu..
    Tapi akan lebih arif jika kita tidak membenarkan pembunuhan yang dibuat untuk membalas pembunuhan yg lain..

    Pembantaian akan dibalas pembantaian yg lain..
    Lalu apa bedanya mereka dengan mereka…..

    Kebenaran memang relatif…. Tp nilai kemanusian adalah mutlak..
    Arif jika kita berdoa agar mmg persoalan disana dapat diselesaikan..
    Arif jika kita bisa ber empati pada nilai kemanusiaan nya…
    Dan bukan lagi pada penamaan suku, bangsa maupun agama..

    Semoga kebaikan mendatangkan kebaikan…😉 shalom..

    Ad maioream Dei Gloriam…..

  69. xtie says:

    i will bless israel.. favor of God is upon you israel

  70. steps2anfield says:

    yeah, saya sudah menduga, cuma cari source yg cukup objective spt ini sulit sekali memang, terutama di negara kita terkasih ini. Sip bro, semoga tulisan anda bisa jadi pencerahan di dunia politik yg semakin kelam ini. GBU

  71. freska yosina rompas says:

    I agree with this post, tell me more

  72. Candra says:

    Kemarin dari tayangan yg ada di televisi juga terlihat jelas bahwa tentara Israel yg turun dari helikopter tidak langsung menembak,malah begitu mendarat mereka-lah yang langsung dipukuli oleh para penumpang kapal Flotilla. Secara logika kalo memang tentara Israel kejam, buat apa mereka susah2 mendarat ke atas kapal Flotilla. Cukup pencet tombol juga sudah jadi “bangkai” tuh kapal…
    Jadi memang kita tidak bisa memandang satu permasalahan hanya dari satu sisi…

  73. lavizz says:

    nice gan…ccok jadi calon presiden kita.. hwhwhw…
    sekarang banyak diblg transparan yah dimana2..
    tp tetep aja banyak hal yg disembunyiin.. =_=!

  74. Dani Bandung says:

    pada bulan Desember2009 lalu, jauh sebelum kejadian masuknya kapal relawan, sy bertemu dgn seorang Libanon yg kebetulan duduk disebelah saya di pesawat Singapure Air /SQ kami duduk bersebelahan, sy lagi membaca majalah NATIONAL GEOGRAPHIC edisi November 2009, pas kebetulan saya tertarik membaca dihalaman 60 dan 61, dihalaman 61 ada juga dipampang Peta zazirah Syria dan Lebanon dan Israel,
    saya bertanya anda Orang mana, dia bilang sy Org Libanon (semua percakapan dlm bhs Inggris walaupun agak patah-patah dia cukup smart dan memahami kondisi negara dan negara tetangganya), kami terlibat pembicaraan yg sedikit meluas tentang bisnis, tentang keluarga dan lain-lain, hingga pada suatu titik dia menawarkan kpd sy klo ada bisnis trip ke Timur tengah coba luangkan waktu utk mampir ke tempat saya ada rumah besar dgn pemandangan yg indah dekat dgn pantai dia bilang begitu, lalu sy bilang wah…sy ucapkan terimakasih utk tawaranya, tapi utk saat ini sy khawatir dgn roket-roket yg bersliweran disana, dia lalu agak bermuka serius sejenak dan mengatakan apa yg anda takutkan, kondisi disana itu hanya terjadi diwilayah perbatasan dgn Israel khususnya didaerah yg bernama Saida/Shite itulah daerah yg tempat markas Hizbullah, itu hal yang umum disana, dan semua orang tau, Hizbullah itu kumpu;an org-org ekstrim/garis keras yg memang secara finansial didanai oleh Iran dan Syria, mereka nampaknya dipakai olh kedua Negara besar tsb utk maksud menyingkirkan Israel, itu sudah menjadi rahasia umum disana dan semua orang tau begitulah dengan lugunya kawan seperjalanan sy ini menceritakan kebenaran disana.
    nah sehubungan dgn kejadian yg katanya Kapal Relawan itu sesunggunya memang sdh direkayasa utk mempengaruhi internasional agar menekan Israel, mengapa…? krn semenjak thn 1948 Inggris menyetujui pulangnya Org Israel ke tanah yg dijanjikan Tuhan-nya Org Israel utk mereka bisa beribadah di tanah di tanah Zion, maka orang menamakan ZIONIST ISRAEL itulah artinya yaitu Org Israel yg pulang kampung ke tanahnya di ZION untuk bisa beribadah dan menyembah Tuhan sesembahannya di tanah Zion tsb, yaitu Tuhan yang sama yg telah membawa mereka keuar dari Tanah Mesir pada zaman pimpinan nabi MUSA, ini fakta bagi dunia bahwa setelah Org Israel menduduki tanah Zion yg dibantu olh Inggris thn 1948, Negara2x Arab pd tahun-tahun berikutnya menyatukan kekuatan utk membinasakan Israel, membentuk tentara sekutu dari banyak negara sprti: Arabia, Turki, Syria, Iran, Irak, Jordania, Lebanon, United Arab Emirate, Yaman, Oman dan Mesir ada kurang lebih 11 negara Besar liga Arab bersatu utk membumi-hanguskan Israel, tapi fakta sejarah yg terjadi adalah tentara-tentara sekutu Arab tsb justru tunggang langgang pulang kampung masing-masing krn mereka melihat keajaiban dari langit ada seperti badai putih yg menghempas pasukan Tank-baja Keveleri dibarisan terdepan, ribuan/jutaan tentara sekutu hilang ditelan badai tsb dan hanya tersisa sepatu2x mereka, kendaraan tempur Tank dan senjata berserakan tanpa pemiliknya, mereka hilang sekejap, sampai saat ini tdk tau mrk kemana, makanya barisan tentara pendukung di belakang pada berlarian krn takut melihat apa yg terjadi, dan para komandan pasukan tempur ada yg berkata wah,,,kita bukan sedang melawan tentara Israel…tetapi melawan suatu kuasa yg ebih besar dari langit dari Tuhan-nya Org Israel….! dan bahkan dari pihak tentara Mesir ada di barisan belakang yg menyaksikan kejadian itu berkata pula….wah ini rupanya apa yg terjadi pada nenek moyang kami…saat ini kami mengalaminya kejadian serupa sewaktu zaman Firaun terulang kembali…, jangan salah paham, Israel TDK pernah melakukan penyerangan terlebih dahulu, Israel selalu diserang dari berbagai penjuru dan arah, tetapi bangsa-bangsa tdk tau siapa yg Penjaga Israel? disitulah Tuhan-nya bangsa-bangsa yg mereka sembah TDk dapat menunjukkkan kebenarannya, makanya bangsa-bangsa harus tau siapa Tuhan yg disembah olh Org Israel, mari kita belajar sejarah, dari fakta sejarah Org India punya sesembahan yaitu Brahma-Siwa, Org Arab menyembah kpd ALLAH Tuhannya (ingat Tuhan adalah jabatan sbg yg disembah dan yg dianggap sbg pencipta, tiap bangsa punya nama Tuhannya masing-masing yg mereka junjung, dan itu hak dari setiap org utk memelih mana yg dianggap benar, makanya Org Israel TDK pernah mengadakan dakwah atau penyebaran agama, yg menyebarkan adalah Kristen, tapi Kristen bukan Org Israel/Yahudi, Kristen adalah agama Kerajaan yg di sebarkan olh Kaisar Roma Thn 200 SesudahMasehi) lanjut Org China menyembah Kuan-in, Org Jawa menyembah Sri dewi yg memberi makan umat manusia (menurut sejarah), Org Yunani menyembah Zeus, dan lain2x demikianlah bangsa-bangsa menyembah apa yg mereka anggap sebagai Tuhan mereka, Perlu diketahui nama ALLAH tidak dikenal oleh Org Israel, dan Org Israel tdk menyembah nama ALLAH krn Org Israel hanya menyembah satu nama yaitu nama yg disembah olh Nabi MUSA saat dia pimpin umat Israel keluar dari perbudakan di Mesir, sy tau namanya tapi sy tdk mau beri tau disini…lebih baik anda cari tau sendiri nama itu atau tanyakan langsung kpd Org Yahudi, sy juga tahu dari mereka, krn nama itu begitu sakral makanya Org Yahudi sendiri TDK mau kasi tau begitu saja kpd bangsa lain, hanya kpd Org yg mau tau dan mencari kebebaran yg hakiki, bukan utk politik atau kepentingan manusia pada umumnya. mau tau caranya utk mengalahkan Israel, gampang, cari cara bagaimana tiap Org Israel seluruhnya TDK menyembah kpd Tuhan-nya, maka ORG Israel sangat gampang di kalahkan, ITU RAHASIANYA, tapi selama ada minimal 10 Orang Israel masih tetap menyembah kpd Tuhannya, maka jangan coba-coba melawan mereka krn usaha anda akan sia-sia….itu RAHASIA yg perlu anda semua ketahui, tapi pada saatnya nanti sesuai waktunya seperti apa yg ada tertulis semua bangsa akan tau siapa TUHANnya Org Israel pada Akhir zaman di hari yang besar dan mulia itu.

    dari sejak larinya/mundurnya tentara sekutu Arab saat itu, nah itulah sebabya Tentara Arab tdk mau bersatu utk ulangi perang, krn jalan penyelesaian dgn Perang menyerbu Israel dgn perang fisik dgn Israel berati perang terhadap Tuhannya Israel sang Pencipta alam semesta, tapi siapa bangsa-bangsa mrk hanya ciptaan mau melawan penciptanya, olh sebab itu bangsa Arab dan sekutunya mencoba perang dgn jalan POLITIK yaitu cari simpati dunia utk menekan Israel, tapi apapun itu sekalipun selurih dunia akan memerangi Israel secara perang fisik maka kita hanya ingin mempercepat apa yg dikatakan akhir zaman, krn pada saat Umat Israel terdesak dan mereka berteriak meminta tolong kpd Tuhannya maka bala tentara dari Surga akan datang dan sekaligus Tuhan Israel akan menyatakan kebesarannya di atas seluruh bumi, tapi pintu ampun sdh ditutup saat itu, disitulah akan timbul siksaan yg dahsyat bagi bagsa-bangsa seperti yg belum pernah terjadi sejak dunia dijadikan (itu yg tertulis di dalam Kitab Suci Org Yahudi)

    sy org Idonesia asli dari keturunan kerajaan Singosari, Kakek sy di tembak olh belanda tdk mempan, sy org yg mempelajari ilmu spiritual, saya juga belajar sejarah bgmn sejarah tiap bangsa punya apa yg disembah, sy sangat memahami dari latar belakang sejarah,

    Saudara-saudaraku, jangan kita berucap sembarangan sebelum kita tau sejarah dan inti permasalahan, krn pada saat kita mengucapkan kata-kata kutuk kepada Isreal, maka kutuk itu akan berbalik ke tiap bangsa atau Orang yg mengatakan kutuk, saya sarankan catat ini dan rasakan apa yang sedang dan akan terjadi pada hidup anda dan keluarga anda,,,,,,jangan melawan kehendak dan hak prerogatif Sang Pencipta…lebih baik kita mengaca diri kita siapa kita dan apa yg sdh kita lakukan di dunia ini…..semua mata di dunia ini tertuju kpd Org Pilihan suatu bangsa yg dipilih olh sang Pencipta utk menyatakan kebesarannya di atas seluruh bumi, makanya kita TDK boleh SIRIK atau Jelous kepada Israel, kita sdh ditakdisrkan sbg bangsa yg bukan Israel yg kita terima, bahkan kita coba mencari siapa Tuhannya Israel spy kita juga dapat mendapat barokahnya dari Tuhannya Israel….

  75. lusita says:

    Terimakasih sy sangat terberkati oleh artikel ini..sebagai anak Tuhan sy selalu berdoa agar Tuhan Yesus menyatakan Kebesaran & KeadilannNYA atas Bangsa Israel..amien..

  76. prois says:

    Masalah israel ini bukan pro dan kontra,tapi lihat kebenarannya.israel sudah memberi tahu bahwa mereka akan memeriksa
    bawaan di kapal tersebut, tapi mereka ga mau ngerti juga sampe2 israel harus menurunkan elite nya melalui helikopter
    tapi baru mereka turun ke kapal ini mereka memukuli dengan tongkat bahkan ada tentara israel yg dibuang ke laut.israel pasti curiga donk
    kenapa ga boleh diperiksa pasti ada sesuatu yg ga beres kan? Oleh krn itu utk meredam situasi mereka harus lepas tembakan ,masig ngeyel
    juga terpaksa ditembak aja.kalo indonesia kemasukan kapal nelayan dr australia aja pasti tni al mesti hentikan ato periksa mereka.
    Israel juga melakukan hal yg sama dengan tni al, kalo ngeyel pasti di dor. Di youtube dan suratkabar luar negeri kalian bisa lihat
    Video dan gambar saat tentara israel dibuang ke laut dan dipukuli.
    Nah mana yg bener menurur kalian?

  77. albert tiensa says:

    Ia sebaiknya di luruskan agar tidak terjadi salah paham kalau perlu kirimkan ke media cetak maupun elektronik agar duduk persoalannya menjadi jelas

  78. tunduh says:

    Hmmm… Bener juga, memang begitulah kejadiannya yg saya tau.

  79. Gede Winata says:

    Nice post..!!!
    Tapi tetap tulisan anda sebuah opini dengan fakta yang sulit dibuktikan. Saya setuju dengan melihat segalanya dari banyak sisi untuk memperoleh obyektivitas, namun manusia sudah dididik sejak kecil, pengaruh lingkungan dan panutannya untuk menjadi manusia yang fanatik terhadap lebel badan yang dimiliki seperti suku, agama, ras dan bangsa. Hal ini bukan berita baru bukan? Saya pribadi berusaha melepas dokrin yang sudah menjejeli otak saya sejak kecil dengan sedikit menggunakan akal sehat, logika dan ilmu agar segala yang saya percaya tidak menjadi suatu kepercayaan yang membabi buta.

  80. sisca says:

    Terimakasih atas infonya. Sangat bermanfaat. Semoga masyarakat Indonesia & dunia berani utk melihat peristiwa Israel-Palestina ini dari 2 sisi, sehingga akan ada upaya penyelesaian yg adil bagi ke2nya.

  81. Eugene Garcia Mongkol says:

    yang anda katakan adaah benar. kita tidak tahu benar keadaan mereka disana seperti apa.
    kita hanya menduga saja yang terjadi disana adalah kekerasan. kita tidak tahu dengan benar.

  82. winds says:

    banyak orang harus tau tentang ini,,thanks!

  83. lusi says:

    saya kurang setuju, saya telah cukup banyak membaca tentang orang-orang yahudi yang dalam hal ini orang-orang israel…kalian harus banyak membaca tentang kekejaman yang mereka telah lakukan pada DUNIA….saya juga memuja Tuhan Yesus, tapi dalam hal ini saya sangat tidak setuju dengan tindakan israel…karena saya memihak bukan karena apa agama mereka tetapi dari apa yang mereka sudah lakukan….
    orang-orang yahudi memang lihai..karena mereka memiliki kuasa dimana-mana,,,pergerakan mereka pelan tetapi pasti untuk menguasai dunia…
    coba kalian cari di google,,,siapa itu Roschtchild…..apa itu freemason….

  84. ricky_nehemia says:

    I think, we’d better Bless Israel & Pray for the Peace of Israel, rather than doing some actions that is improper to against Israel..
    Blessed are they who bless the sons of Abraham, Izack & Jacob.. Amen..

  85. iskandar says:

    Maaf bung. Saya menanggapi ini bkan utk menyerang agama manapun.
    Tulisan diatas tdk benar. Lalu knp israel selalu memperluas wilayah negara mereka dg menjajah palestina ? Saya rasa tulian anda mirip spt sebuah sampah yg tdk berguna. Masyarakat sd lbh crdas saat ini. Dan smoga mrk ttp cerdas dan tdk menganggap penting tulisan ini. Smoga warga palestina dan para relawan yg peduli ttp dilindungi TUHAN YME. Amin

    • Amz says:

      Tau darimana tulisan di atas gak bener? Lu ngeluarin pendapat lu berdasarkan apa? Berdasarkan berita2 yg beredar? Lu yakin berita2 yg beredar itu ada faktanya? Berita itu semua bisa dibuat dan direkayasa.

  86. Ruth says:

    Sejujurnya.. saya sangat menyukai artikel ini.. namun ada beberapa hal yang membuat saya agak “mengerenyitkan dahi” ketika anda mengatakan “Laporan kemanusiaan yang sesungguhnya adalah tidak ada orang kelaparan di Gaza. Bahkan sudah banyak bermunculan resto-resto mewah di sana” can u post the real video about it? can u prove it clearly? karena setiap saya browse video atau berita apapun mengenai gaza, yang ada hanya perang, perang, dan perang.

    kedua.. kata – kata “Saya harap tidak ada anak Tuhan yang karena membaca isi berita di koran2 dan acara TV yg sudah dipolitik menjadi benci dan mengutuki Israel” dan “Doakan juga penduduk Indonesia yang benar-benar dibutakan (dibodohi)” menurut saya. untuk menyikapi hal ini, kita perlu kembali ke dasar kita, yaitu alkitab.. bahkan dengan jelas kita sudah tau 10 perintah Allah, salah satunya “jangan membunuh”.
    jadi kalau selama ini Israel membunuh dengan cara-cara yang keji untuk mendapatkan tanah yang dijanjikan Tuhan, apakah itu benar-benar yang Tuhan mau?

    Mengenai Flotilla, ada 31 relawan yang tidak hanya beragama muslim disana (bahkan ada data bahwa salah satu uskup dan orang israel sendiri yang ikut didalamnya) Yunani, inggris, yordania, irlandia, prancis, italy, dll. tergerak hatinya, mengapa kristen tidak boleh? bukankah KASIH itu sendiri lebih penting daripada KEMENANGAN PERANG semata?

    Edward peck (salah satu relawan dari US mengatakan bahwa ia sendiri melihat bahwa kargonya berisi 128 kursi roda elektrik, obat2an dll.) terlepas itu benar atau tidak, yg jelas itu aksi kemanusiaan. lihat pula cerita Rachel Corrie (yang menjadi aktivis HAM dari semasa kecil) yang dibunuh oleh buldozer Israel karena ia menyelamatkan satu rumah keluarga Palestine yang tidak dikenalnya. That’s the real Christian.

    so, think again.. and pray.. apakah kita benar2 dibutakan dengan berita tersebut atau kita yang memang sudah buta. yg jelas, kasihilah sesamamu manusia, seperti dirimu sendiri.

    saya pribadi membenci kelakuan israel, bukan penduduknya. Bahkan warga Yahudi sendiri di Canada berunjuk rasa mengenai negaranya sendiri.

    so.. we should pray for the peace.. not WAR.. not just for Israel, but also for Humanism around the World.

  87. indie says:

    Gw rasa ini adalah pandangan dari sisi yang berbeda. Jadi masing masing pihak merasa ada ” pembenaran ” akan suatu pandangan dari sisi masing masing.Detik ini sama seperti dgn perang dunia ke 2 di era hitler dimana propaganda menjadi ujung tombak sebuah kepentinga ataupun sebuah pembelaan akan keyakinan bahwa ” saya disisi yang benar “. Jika manusia berpegang teguh akan 10 perintah Tuhan , sudah pasti paham bahwa dikatakan jangan membunuh.Jadi tidak searusnya kejadian tersebut terjadi dan saya yakin bangsa Israel paham betul akan 10 perintah Tuhan. TPF pbb sudah dibentuk, so let it works. Thks , indie

  88. john says:

    memang sewaktu melihat rekaman waktu kasus flotilla, saya sendiri ngenes juga ama yg mengaku-ngaku u/ bala bantuan rakyat gaza, dimna direkaman itu tentara israel di yg masuk ke perahu itu dgan brutal diserang oleh org yg ada di perahu itu, kita sendiri hrus berpikir secara fair lah klo kita sendiri yg ada di posisi tentara israel apa yg akan dilakukan, menurut saya wajar lah ada korban tewas coba klo saat itu tu si pembantu2 gaza ngga macem2 mungkin ngga akan ada korban, dan saya yakin diblik semua ini memang tujuan mereka u/ mrerusak nama israel supaya dunia semakin benci ama israel. dan perlu diingat israel adlh bangsa pilihan Tuhan dari dulu hingga sekarang Tuhan trus menyatakan janji-Nya. jdi selama Tuhan ada dipihak org pilihan-Nya, siapa yg bisa melawan and i believe that.

  89. XXX says:

    Begitu lah mereka org bodoh yg suka mengursi org lain,mslh mereka sndr msh berantakan tp mau ngurusin mslh org lain. Otak mereka bodoh dan keras,selalu memandang mslh dgn ego yg tinggi,sepertinya surga hny milik mereka,dunia milik mereka. Munafik dan kotor

  90. navnav says:

    Setuju banget dng email ini sbg bentuk statement utk membuka mata yg ditutupi oleh kebodohan dan kebutaan. Update me please ..

  91. Tony says:

    I agree. Yg sdng terjadi adalah semata-mata propaganda politik untuk menyudutkan Israel. Walaupun sebenarnya semua ini sudah dinubuatkan Alkitab dan semoga saja anak” Tuhan tidak “latah” ikut”an mengecam dan mengutuk umat pilihan Allah. Soal terowongan” bawah tanah yg disebutkan disini juga benar. Mesir sendiri sudah memblokir akses beberapa terowongan bawah tanah yg menyambungkan negara Mesir dengan Palestina dikarenakan terowongan” tersebut digunakan sebagai akses perdangangan gelap senjata. Jadi bangsa Arab sendiri tidak memberikan dukungan yang konkrit namun bersikap reaktif terhadap apa yg dilakukan Israel. Paling tidak, Israel bersikap terbuka dengan apa yang mereka lakukan dan tidak berpura-pura sebagaimana yang dilakukan oleh bangsa Palestina dengan gerakan Hamas yg menyengsarakan bangsa mereka sendiri. Dibawah Hamas, anak” kecil menjadi korban perkosaan dan para wanita hidup tertekan dengan segala macam aturan “taurat” yg malah membuat bangsa ini semakin menjadi terbelakang. Sebagai seorang warga dunia, saya hanya dapat berdoa supaya damai dapat terjalin dan berdoa bagi semua yang tertindas dan menderita oleh karena apa yg terjadi di Gaza.

  92. Sang Gembala says:

    Kalo cuman meriksa kapal, knp para sukarelawan ditembaki smpe timbul korban dr pihak tak berdosa. Para tentara israel melawan awak kapal yg hanya bersenjatakan gagang bendera, kayu, katapel dan piso sbsr piso dapur yg menempel d perahu sekoci yg mmg berfungsi utk memutus tali sekoci jika akan digunakan, tentara israel malah menembaki dgn berondongan senjata. Sungguh tak seimbang. Yahudi itu mmg musuh semua agama, tmasuk agama saya (kristen). Mereka mengganggap mereka bangsa tpilih mk itu jd sombong. Apakah kalian sdh lupa bhw israel pernah menembaki pemukiman rakyat palestina dgn snjata kimia berbahaya yg sdh tdk dibolehkan dlm peperangan dan PBB membiarkan bgtu saja. Jgn tutup mata hati kalian. Semoga Tuhan Jesus melindungi kita smua dan rakyat palestina

    • Amz says:

      ini juga berbicara seolah2 hadir di sana dan menyaksikan semuanya..ckckck.. Jgn berbicara seolah2 seorg kristen, pdhl dari gaya bahasa udah terlihat jelas sebenarnya Sang Gembala itu dari agama mana.. Hahahhaa..

  93. andree says:

    “mereka menempatkan wanita dan anak2 di atap-atap rumah, dengan sengaja menjadikan mereka tameng bagi Bom dan peluru Israel.”

    Are you nuts?! Secanggih apapun strategi perangnya, ga akan ada orang yang mau untuk nyuruh istri dan anak2nya sebagai tameng…

  94. Theresia says:

    Yg sy lihat dr tulisan anda ini justru tidak 2 pihak, anda cenderung kepihak Israel yg mungkin
    Krn disebabkan bhw israel itu adalah bangsa pilihan Allah, bs dibilang malah tulisan anda subjektif. Dan anda lbh mengarah kesisi religinya.
    Perlu diketahui,perang israel n palestina ini bkn krn agama, so tdk prl mengajak org sesama kristen
    U/ bersatu melihat sisi lain ala tulisan anda. Begitupun agama Islam ga prl berpikir hal yg demikian.
    Perlu d garis bawahi, bhw perang ini krn perbutan tanah n tdk ada sangkut pautnya dgn agama manapun.
    Israel akan membantai habis siapapun yg menghalanginya menguasai gaza tanpa milih2 agama apapun. Faktanya; israel jg
    Membunuh org2 kristen bahkan yahudi sendiri saat tdk menyerahkan tanah yg akan didirikan tembok batas gaza!
    Fyi,sejak dulu kala Musa pun yg membebaskan mereka kewalahan krn mrk sgt pembangkang, dan bangsa israel itu telah diusir oleh Allah
    Karena membangkang (Bc perjanjian lama).
    Beribu2 thn kmudian lahirlah Isa/ Yesus yg datang u/ menyelamatkan umat manusia dan org2 yahudi/israel lah yg menyalibkan Dia.
    Mrk merubah kitab2 Allah menjadi kitab berhukum taurat yg seenaknya.

    Jd tolong jgn subjektif membuat tulisan, krn bs jd byk org kristen malah jd buta matanya krn tulisan anda yg notabene tdk dr sudut yg benar!
    Cobalah melihat dr sisi kemanusiaan sprt yg Yesus ajarkan tentang kasih! Siapapun orgnya, suku atau agamanya, tdk pantas membunuh sesamanya!
    Dan dlm hal ini Israel dgn keangkuhannya tlh membunuh byk jiwa di palestina terutama di Gaza!
    Thanks,

  95. Thank you buat infonya! God bless!

  96. annarosa says:

    Agree,
    GOD bless israel!

  97. Hamba Allah says:

    Sebaiknya kita juga melihat fakta untuk kejadian GAZA kemarin, bahwa:
    1. Israel mendatangi dengan perlengkapan senjata ke kapal sukarelawan (civil) pada saat masih di wilayah international.
    2. Israel menggunakan peluru tajam dan terjadi korban jiwa di pihak sukarelawan, apapun alasannya ini tetap tidak benar. Masa civil vs militer, bukan lawan yg seimbang.

  98. morning_sick8am says:

    God bless ISRAEL

  99. theresia says:

    Ironis membaca n melihat apa yg dideskripsikan byk org termasuk anda..
    Ada melihat dr sisi agama kristen dgn bgtu skeptis! Begitupun byk dr agama islam yg berpenilaian sama
    Kenapa kasus israel n palestina ini dibawa kearah seakan ini perang agama?! Wahai semua umat manusia,
    Lihatlah kasus ini dr sisi kemanusiaan, jgn campurkan hal2 religi krn ini bkn karena agama melainkan tanah! Atau lahan! Atau tempat tinggal
    Ribuan org yg saat israel dtg dgn dukungan eropa, diusir-usir seperti binatang! Skl lg tolong lihatlah dr sisi kemanusiaan! Apakah pantas manusia membunuh manusia?
    Mana yg Jesus ajarkan tentang kasih?! Pada akirnya nanti Jesus akan dtg kebumi untk mengadili org hidup dan mati, dan Ia tdk akan bertanya dr mana kita berasal,
    Dari agama mana or dr suku mana, melainkan “soal kasih yg sudah kt terapkan selama ini”
    So, jadilah org kristen yg bukan fanatik melainkan liberal dan objektif terhadap yg diajarkan Yesus sesungguhnya yaitu “kasih”
    Dan apakah yg dilakukan israel menunjukan kl mereka punya belas kasih??
    Thanks!

  100. jo says:

    Kalo saya sih ngga terlalu tanggapin kutukan org thd Israel, krn Israel adalah bangsa pilihan dan tidak akan bisa ditaklukan oleh kekuatan apapun !!!!!
    Semua kutuk terhadap Israel akan berbalik …..

  101. vielly says:

    Jika di pertanyakan lg agama mayoritas d israel people said is nasrani,tau ga most people there is jewis??? They dun believe christus???
    Salah jadi benar,benar jadi salah!
    Lihatlah yesus yg disalibkan tanpa pemberontakan!
    Sebagai pengikutnya kita harus percaya kasihnya tidak mengajarkan membunuh sesama!
    Politik mengatasnamakan agama! Melegalkan segalanya agar kita saling membenci,kita tau ini tdk adil!
    Dr semua kejadian ini kembalilah ke diri sendiri,masikah ada iman mu sebagai umat berTuhan?
    Meyebarkan kasih tanpa memandang agamamu lebih penting daripada meributkan pembenaran israel dan palestina
    Semoga saja dengan kejadian ini kita semakin tau makna kasih dan di jauhkan dari benci dan dendam
    Make love stop wars!
    Mulailah dari diri sendiri,cintailah sesama umat Tuhan,sebarkan kasih sayankmu,aq yakin allah kita satu,semua sama dihadapanya…
    GBU all

  102. GEMBALA SAPI says:

    terima kasih atas infonya.
    God Blast U!

  103. Hamba Allah says:

    gw ga stuju

    HAMMAS dibilang teroris
    hammas itu klompok massa pembela palestina !!

    maap gw lancang
    tapi itu kata nenek dan kakek gw !!

  104. dina says:

    Apapun itu memang kita harus melihat dr 2 sisi…
    Agar kita tidak dibutakan, dan bertindak dgn benar
    ‎​​​°·♡·♥τнäиκчöü♥·♡·° bgt buat postingannya…
    ‎​♧ǤǑĐ:)ƁĹ€ŠŠ:)ЎÖŮ♧ .. All…

  105. vardamir says:

    nice…. walau g ga gitu concern soal politik dan masalah2 spt ini. tp semua itu ga seperti yg terlihat, dan kadang perspektif org banyak yang menjadi acuan atau pegangan (walaupun kadang banyak bukan berarti benar, dan sedikit tidak selalu salah).

  106. ami says:

    melihat suatu hal dari dua sisi?
    negara mana sih rela dijajah?

    tulisan ini sama sekali tidak melihat dari dua sisi,

    astaga, ” palestina menaruh anak2 dan wanita sebagai tameng”: seakan2 israel tidak akan menyakiti mereka.

    sudah lupakah tragedi shabra shatilla? dan tragedi2 lainnya, israel sama sekali tidak peduli akan wanita dan anak2!

    lupakan masalah agama dalam hal ini, keadilan dan kemanusiaan tolong diutamakan.

  107. aulia ulfis says:

    Saya krang stju dgn post inii ..

    Klo pun mmg tlah trjadi prang sdra.d palestine ituu sama skali bkan urusan israel …

    Biarkan PBB dan negara2 arab ygg mnyelesaikan ..
    Israel tdk prlu ikut2n dgn membantai muslim secara membabi buta …

  108. roerich says:

    Bagus bgt..,semoga aja bnyk org yg pikiran’a bsa jernih&’melek’ lg setelah baca tulisan ini.update terus om..
    Thx.gBU

  109. Jasong says:

    Suatu pencerahan yang hakiki yg dapat membuka mata kita dengan lebar…harus kita akui bahwa pemberitaan ttg ISRAEL tidak seimbang dan disudutkan…Untuk itu mari kita buka mata kita, tidak mungkin ada asap kalau tidak ada api..apa mungkin Israel kurang kerjaan untuk melakukan penyerangan tanpa ada sesuatuhal. Ternyata hal yg tersembunyi inila yang tidak dapat kita ketahui selama ini..Semoga dengan tulisan ini banyak anak Tuhan yg terbuka pemahamannya..Amin

  110. Yohanes says:

    Ga penting ah.yang penting duina damai aja.ini semua kuasa tuhan… .dan juga ini politik agama ga mau ikut”an…mau jews,nasrani,muslim,hindu,budha toh mereka melindungi agamanya masing” .god bless u

  111. Thank You banget sudah bagi-bagi informasi

  112. fandy says:

    Sangat setuju . . .

  113. ronald says:

    Betul.,media di indonesia belakangan ini memang lagi gencar2nya ngeberitain peristiwa ini dengan berat sebelah..nice post

  114. misstara says:

    Lebih memahami apablia membaca article ini. Jangan dikaburi oleh media2 disini saja,mereka bertindak begitu pasti ada sebabnya,bangsa israel bangsa yang mengenal Tuhan….Mari kita terus sokong mereka dalam doa. Amin

  115. ecca says:

    Waktu saya berangkat ke Jerusalem, kebetulan saya singgah di Quarter Jahudi..mereka katakan semuanya ttg serangan yg bertubi2 atas mereka tetapi tdk dipublikasikan..Banyak dari keluarga Israel mati tertembak tapi tidak ada media pun mempublikasikan..saya heraan napa bangsa Indonesia jadi kebakaran jenggot ..harus diselidiki seluk-beluknya baru bertindak🙂

  116. mr.king says:

    I’m agree sama agar kita harus melihat dri 2 sisi,dan yang harus dikutuk adalah mereka yg menggunakan senjata dan perang terhadap sesama,yaitu israel dan hamas!!!tulisan ini jujur menurut saya kurang netral karena anda memilih untuk stop kutuk israel tpi memojokkan hamas!!harusnya kutuk dua2nya karena dua2 nya tdk punya hati!!!sorry cuma pengen kasi pandangan yang BENAR2 NETRAL…thanks

  117. Eli says:

    terimakasih masih ada orang yang masih peduli sampai menulis artikel ini. Saya sependapat sekali, karena saya juga merasa media selalu tutup mulut sisi baik yang israel lakukan bagi refugee2 itu。 Saya juga berharap orang yang bisa berfikir objective akan melihat dua sisi ceritanya.

  118. Ali Assegaf says:

    1. Israel mengblokir jalur masuk Gaza karena saat ini Gaza tengah dikuasai oleh Hamas, sebuah organisasi teroris.

    — Apa Logika teroris itu bagi ISRAEL semua yang melawan dirinya adalah teroris ?? dan posisi Hammas yang dikatakan teroris kenapa menang dan di cintai rakyatnya dalam pemilu — apa bukan pemaksaan judgment atas musuhnya yg sejati …

    2. Hamas sendiri beberapa saat yg lalu berperang melawan saudaranya sendiri, mereka bertindak sangat kejam membunuh pengikut pemerintahan Mahmoud Abbas. Di youtube banyak video yg menunjukkan kekejaman Hamas. Banyak orang Palestina sendiri yg mengatakan Hamas, meskipun sesama Palestina ternyata lebih kejam dari tentara Israel.

    Siapakah boneka … Lihat SelengkapnyaISRAEL yang ingin ditunjukan seakan mereka berperang sendiri sesama palestine ? Apa kita pernah saksikan perang antar mereka itu kemudian kita lihat mereka melakukan upacara penyembelihan manusia seperti yg dilakukan oleh ISRAEL ?

    3. Hamas selalu menteror Israel dengan tembakan puluhan bahkan ratusan roket ke desa-desa Israel. Anehnya, dunia “silent… Lihat Selengkapnya” dalam hal ini, dan sekali Israel harus masuk dan menghancurkan kekuatan Hamas, dunia langsung mengecam.

    Dan insya allah bukan puluhan rocket… tetapi lebih dari itu — karena rocket-2 mereka menempati kekuatan moral misi perjuangan rakyat yang diarmpas tanahnya.. sehingga logika diterima akal sehat… tetapi apakah ISRAEL melakukannya dengan melawan dgn cara yg rasional atau membabi buta serta brutal ? bagaimana dunia di suruh diam dgn hal ini.

    4. Arabs mengerti bahwa secara teknologi perang mereka kalah jauh dengan Israel, jadi satu2nya kemenangan yg mereka upayakan saat ini adalah secara politik. Dalam peperangan melawan Israel, mereka menempatkan wanita dan anak2 di atap-atap rumah, dengan sengaja menjadikan mereka tameng bagi Bom dan peluru Israel.

    Siapa yg kalah — apa ngga buka … Lihat Selengkapnyamata th 2.000 dan 2.006 di lebanon aneksasi ISRAEL hancur oleh pemuda-2 gagah yang hanay tak lebih dari 5.000 orang. Dan siapa yg di BOM ISRAEL — apakah mereka mengebom itu di rumah sipil dan terbunuhnya anak-2 dan perempuan mereka kemudian katakan itu Tameng menuduh yang di bunuhnya secara brutal !!!

    Message asli penulis artikel ini — ingin mengatakan dengan bahasa yang nampak indah — akan bahasa keinginan dari pesan ini — YAITU perang ini perang antar agama…

    Yang terjadi adalah …
    Mereka betul-2 membuta dan antek-2 zionis di indonesia..
    yang ingin mengadu domba antar agama …… Lihat Selengkapnya

    ISRAEL musuh semua orang beragama dan juga musuh semua agama… adakalanya mereka untung dan mencapai tujuannya dengan

    1. Memanfaatkan kebodohan informasi org beragama yang fanatik dan tak tahu agamanya — alias sok tahu
    2. Mendorong pengalihan issue ke masalah yang bukan aslinya

    • Amz says:

      udah pernah tau belom ? gimana cara org2 Hamas melatih anak2 kecil seumur jagung berlatih menembak, di ajarakan doktrin utk membenci org Israel?Di ajarkan cara melakukan bom bunuh diri?

  119. vielly says:

    Kita diciptakan sudah cacat adanya,contoh siapakah allah,we dunno mana yg benar mana yang salah,…banyak sekali pendapat tentang allah,semakin kamu menggalinya smakin bodoh jadinya,…karna tdk mampu di gali dengan daya fikir manusia,…
    Sungguh sekali saja allah menunjukan ke agunganya kau akan takut unt mengetahuinya…lihatlah gunung saja runtuh saat dia bersabda…gunung,laut seluruh isi bumi ini tunduk kepadanya…
    Nikmatilah bersyukurlah saja akan pemberianya…hentikan egomu menuntut sesuatu yg tidak di hadapanmu
    Hukum Tuhan hanya kasih
    Kasihilah musuhmu dan itu benar!

  120. rere says:

    Kita semua akaan dibukakan mata . Klu israel jahat kenapa bbrapa thn lalu waktu kami ikut tour ziarah kami diterima dgn sangat baik dan tdk ada masalah sama sekali

  121. faizal kamal says:

    Permisi gan,
    Boleh tanya,
    Apakah ditemukan senjata2 api selundupan yang di bilang ada di flotilla?
    Koq sampai sekarang ga ada gambarnya? Yang ada ketapel ajah, hehhehe…..

    Mencoba wise ajah gan,

  122. frederik says:

    sudah tertulis … bahwa israel negara pilihan Allah sendiri ,
    tidak perlu meminta tolong lagi …
    karena mereka pasti menang..
    apakah anda tidak yakin apa yang dikatakan Allah sendiri ?
    Haruskah kita membantu orang yang sudah dijamah dan dituntun oleh allah langsung ?

    buat owner website ,… bravo … nice job

  123. jack says:

    Sepakat dengan kata2 Tuhan yang menyelamatkan israel…tapi Tuhan juga yang akhirny melenyapkan israel dari muka bumi ini…tinggal tunggu waktu saja..😀

  124. Priyo says:

    Jujur Ane Beragama Islam :
    Gw juga sangat setuju dengan tidak melihat satu sisi saja, tapi dalam menyikapi permasalahan ini kita juga tidak boleh fanatik/terhadap suatu agama tertentu. Salah2 kita juga bisa ikut2tan seperti yang di beritakan di Media selama ini, yang bisanya hanya mengutuk tanpa adanya implementasi yang bisa di buktikan. Maka dari itu, kita yang masih diberikan kenikmatan bisa hidup berdampingan, mari kita pelihara dengan baik agar selamanya kita hidup rukun, saling menghormati dan berdapingan layaknya suami istri. hi..hi..hi..hi……….!
    Untuk Israel dan Palestina, kita juga tidak begitu tau secara pasti, yang jelas mari kita do’akan agar mereka di sadarkan bahwa” Perang” bukanlan jalan yang terbaik, sehingga mereka dapat menempuh cara lain dan dapat hidup damai dan berdampingan. AMIN.

    • anti perang says:

      memang bijak saudara Priyo ini.
      andaikan semua orang di indonesia berpikir spt dia, damai lah Indonesia ku.
      Jgn mikirin negar orang dulu. Pikirin negara sendiri.

    • Amz says:

      So far..Gue paling suka ma comment yg ini.. Jempol dan Cendol buat agan..

  125. sandy says:

    Susah kalo dunia sudah mulai berpihak ke salah satu kubu. Semoga dunia melihat arti hukum kasih yg sesungguhnya sehingga manusia ga gampang utk menghakimi satu sama lain. ^_^

  126. zebe says:

    Gw sblmnya emg dah tau ap yg israel lakuin ni bener..dan gw slu doain yg tebae buat israel..cuma bodohnya org kita aj yg dbutain sm kjadian israel..dah tau lagee runyam n ga blh msk tp ttp aj nekad..

    O:)БÖΘ:※:ΒŁÊŠŠ:※:ƳÖŮO:)

  127. sandy says:

    GBU all

  128. lolita says:

    Saya setuju kita hrus mlhat dua sisi tp klo pembhasan di atas sudh kluar dr konteks.benar memang hamaskeras tp jgn lupa hamas terbentuk akibatpenindasan bangsa israel.dan israel sendiri jg bnyk kjelekannya dan jg lebih kejam.lupakah kalian akan serangan membabi buta menjelang lengsernya george bush?banyak rakyat tidak berdosa mati krn alsan yg tidak logis.bkn org muslim umat kristen juga bnyk yg minggal.skrng mrk mnyerng kapal kemanusiaan dg alasan ad teroris,apa terbukti?bahkan orang israel sendiri pun mengecam tindakan tentaranya,kurang bukti apalagi bahwa mereka memang kejam n brutal????

  129. Paknains goalan says:

    Betul sekali. Kita bnyak tau tntang palestina-hamas-israel dari buku the son of hamas. Putra pendiri hamas yg murtad dan menjadi mata2 israel.. Buku itu sangat bagus untuk di baca org indonesia agar mereka tau duduk persoalan yg sebenarnya ttg palestina-hamas-israel supaya proporsional dlm pmberitaan dan tdk ada pemberpihakan.

  130. Irma says:

    Ayo tolong berita ini dipublish dong……
    dipublish di media cetak & elektronik karena saya jg semept mengutuki israel tp ternyata saya salah
    Ampuniku TUHAn & berkatilah negara yang tertindas, terutama Israel, berilah mereka kebijaksanaan untuk mengatasinya.
    Amin

  131. maria ira says:

    Thx buat infonya ya..,
    May Lord Jesus keep them (israel)
    In His throne. Amen.

  132. mardianti says:

    Saya setuju sekali dgn artikel ini. Disamping itu sebagai anak Tuhan kt berpatok pd Alkitab saja bahwa bangsa Israel adalah anak sulungnya Allah dan kesayangan. Dan siapa yg mengutuki bangsaa tsb akan celaka. Semoga hal tersebut tdk terjadi pd bangsa kt
    Sebagai org percaya kt hrs memberkarti bangsa tsb dan jg mendoakan bangsa kt utk tdk melakukan hal yg sama.

    • adisasmita says:

      kalo semua didasarkan Iman, semua merasa benar, pertanyaan sejuta dolar: apakah benar iman bisa jadi tameng untuk melakukan kekerasan? FPI? Israel? Hamas? sama saja. Jangan sekali-kali mengatasnamakan agama.

  133. izzal says:

    Yakin dgn postingan itu??knpa g sekaligus diumumin lewat media elktronik visual or televisi,,saya msh tidak menyangka knapa hrs ad penembakan dikapal yg sedang dlm misi sosial,yg didlm’na ada 12 org indonesia??apa sudah itu yg terakhir jalan’na??mshkah ad hati nurani??saya sarankan klo membaca suatu artikel perhatikan siapa sumber’na dan isi artikel itu perlu kita liat dan kita pikirkan pake akal sehat,,apapun yg dilakukan israel ttp salah jika dia menghentikan bantuan sosial ke palestina dengan cara menembaki orang tak bersalah,,disitu ada orang indonesia,,tolong bela negara sendiri,,

    • ali says:

      Itu orang” indonesia ngpain sih jauh” jadi relawan sampe ke palestina ??? memangnya di INDONESIA kita ini sudah tidak ada lagi orang yg membutuhkan RELAWAN / BANTUAN ???

      dan satu lagi, anda menghimbau kita untuk “bela negara sendiri”..tolong lihat diri sendiri dulu mas !!!
      apakah anda sudah perduli dengan orang2 susah,orang2 yg tidak mampu di INDONESIA ini ???

      jangan ingin berlagak menjadi SUPER HERO kesiangan mas !!!

      • adisasmita says:

        Baca Pembukaan UUD 1945 dong mas. Lupa atau tidak pernah membaca? Baca Alinea I dan Alinea III

        Niih Alinea I: “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.”

        “Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa”… GET IT??

        Potongan Alinea III:

        “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan……..”

        “dan ikut melaksanakan ketertiban dunia…” STILL DON’T GET IT???

        Semangat kenapa didirikan Indonesia di Pembukaan UUD 1945 uda jelas. Masih mau mencibir yang peduli terhadap kemanusiaan????

        Lagian kemanusiaan tidak mengenal teritori seperti batasan-batasan lokasi yang dimunculkan pada sebuah negara. Kita hidup di Bumi bung, Indonesia hanya nama lokasi dengan batasan-batasan wilayah tertentu.

        Permasalahan di dunia ini simultan bung, ga bisa diselesain satu dulu baru satu lain. Ga bisa, “Oh, Indonesia dulu, baru deh kita ngurusin luar”. Bersamaan seharusnya.
        Jadi ini bukan permasalahan mending ngrusin dalam apa luar dulu.

        Jangan sok2 nasionalis ya kalo ga paham Pembukaan UUD 1945.😀

    • watcher says:

      Tolong bela negara sendiri ?? hahahahaha ngakak gw baca coment ini sekarang aja ketika terjadi insiden kayak gini kamu bisa ngomong gitu apakah kamu juga ngomong gitu ketika TKW INDONESIA DIPERLAKUKAN GAK ADIL DI SAUDI ARABIA , JORDANIA, BRUNEI , DAN MALAYSIA ?????

    • Franz says:

      wah…kalo gitu kita bantu dulu rakyat miskin negara kita..baru orang lain..okee??

    • Franz says:

      @izzal : wah…kalo gitu kita bantu dulu rakyat miskin negara kita..baru orang lain..okee??

  134. paul says:

    ‎​thankyou buat pencerahannya Gbu

  135. Frand says:

    Nice posting and sangat Objektif… dari berbagai sisi, Keep Posting.. and God always be with U

  136. Dude says:

    Untuk Izzal,

    mohon Anda juga melihat secara objektif dan mempelajari dulu fakta2 sebelom marah2 dan menuduh bahwa artikel ini tidak berdasar..

    Apakah benar tentara Israel menembaki “aktivis sosial” atau apakah mereka cuma mempertahankan diri (self-defense) dari serangan “aktivis sosial” yang beringas???

    silakan lihat video ini
    http://rapturealert.blogspot.com/2010/06/gaza-flotilla-video-footage.html

  137. mic says:

    saya ada sedikit komen
    Semua itu harus terjadi bangsa bagsa akan saling beperang, saudara dengan saudara akan saling berperang intinya bertobat aja akhir zaman sudah dekat,

  138. Alexionist says:

    Ngapain jg pd sibuk ngurusin masalah negara laen sih, meningan buang energi bwt ngatasin masalah negara sendiri…pada kurang kerjaan ! Tp ngomong2 g setuju jg dgn pencerahannya seblmnya g ikut sebel jg tuh sama kelakuan tentara israel. Tq gan.

  139. nta says:

    Hanya orang bodoh yang bilang tidak setuju dengan penjelasan diatas…. Jadi orang bijak Đΐ dalam menilai setiap permasalahan atau persoalan,, jangan jadi orang sok tau,yang hanya menyimpulkan berita sepihak,kita pun harus tauk sisi israel… Orang bodoh yg hanya bisa mengutuki israel..jadilah bijak Đΐ dalam menilai setiap permasalahan atau persoalan,,,thanx

  140. judy says:

    Bgs artikel ini,kenapa disaat israel yg diserang,dibunuh,diperlakukan diluar dari ham kok nda heboh…negara kita aja belum aman malah pusing ama negara lain

  141. asik says:

    Ini bukan perang agama,ini dua-duanya gila kekuasaan

  142. eddy says:

    hoee,…. jgn buta donk !!! itu masalah mereka, buat apa qta ikut campur! urusan negara kita sendiri sulit untuk diselesaikan, jadi buat apa kita campuri urusan mereka. coba kalian lihat, disaat negara kita kena bencana, negara mana yang bnyak bantu kita?? apalagi mesir, mana ada mereka membantu kita,. jadi buka mata kita lebar-lebar, apa yang mereka terima itulah dosa mereka !!

  143. adhit says:

    yang hitam tetaplah hitam. Pembunuhan tetaplah pembunuhan. Israel dan Hamas sami mawon

  144. peace_ajah says:

    hmm…
    kita sebagai pihak diluar masalah itu sbaiknya tdk ikut campur, krn kita sendiri blm tentu tahu pokok permasalahannya, plg tdk kita beritahu aparat yang berwajib(baca: PBB) DENGAN CARA YANG SOPAN.
    sama saja kalu dimisalkan : ada mobil kesrempet mobil, sopir mobil yg satu memarahi sopir mobil yg lain, agak jauh dr situ ada polisi, kita sbg org2 disekitarnya sebaiknya JANGAN IKUT CAMPUR, atau MEMANGGIL POLISI TERSEBUT saja, karena kita pada dasarnya tdk pnya kemampuan untuk menghakimi.

    DAN JANGAN GUNAKAN AGAMA DI SINI, KARENA INI MASALAH POLITIK, BUKAN MASALAH AGAMA, DAN LEBIH BAIK DISELESAIKAN DENGAN CARA POLITIS.

    @izzal : mungkin mmg agak mengagetkan, tapi pemberitaan di indonesia sudah tdk obyektif, untuk tujuan mencari rating… coba klo ada stasiun tv yg blg sesuatu yg beda dan membuat pemirsa tidak suka, pasti rating tv itu bisa turun drastis…

    • peace_ajah says:

      kelupaan :
      -saya tidak memihak pihak manapun
      -klo mslh pembritaan tv itu mgkn terlalu keras, ada beberapa tv yg ‘tidak sampai segitunya’
      -mohon maaf klo ada kata2 yg salah maupun krg berkenan

  145. tata says:

    benar, harus liat dr 2 sisi
    dan bepikir lbh logis dan kritis
    yg namanya bantuan dr misi perdamaian akan selalu disorot oleh seluruh dunia
    apa untungnya bagi israel menambaki kapal misi perdamaian yg tentu terus dipantau seluruh masyarakat dunia
    apa manfaatnya menembaki kapal itu dan apa untungnya?
    adakah org yg mau mencoreng mukanya sendiri bahkan negaranya???
    coba berpikir lebih logis jgn gampang terhasut
    hanya Tuhan yg tau
    kita hanya bs berasumsi
    siapapun pihak yg sesungguhnya tertindas, suatu saat pasti akan terungkap
    Tuhan akan berpihak pada org yg benar, siapapun dia, warna kulitnya, bangsa dan sukunya.
    hidup perdamaian..

  146. abdullah karim says:

    welll, menarik sekali perdebatan ini yg cukup konyol krn kalian semua tdk melihat secara langsung dan cuman kulakan dr televisi dan media massa malah teriak sendiri-2 dan tdk ada buktinya
    wakakakkaka

  147. desak says:

    Jangan pusingin urusan orang lain. Stay neutral saja krn kita sama2 tdk tahu pasti siapa yg menyampaikan kebenaran dan siapa yang sedang menyampaikan kebohongan.

    Kita doakan saja smg kebenaran ditegakkan. Satu hal yg saya yakini perang Palestina dan Israel bukanlah perang agama tetapi perang perebutan lahan dan pengaruh politik. Jangan sampai kita membodohi diri sendiri atau rakyat atau bahkan dibodohi oleh pemimpin2 yg tdk bertanggung jawab.

    Ayo fokus mengukir prestasi.

  148. gurah otak says:

    Yang menulis blog ini menunjukkan dirinya berwawasan sangat sempit… mungkin sejarah konflik israel-palestina juga anda hanya tahu sepintas. anda setuju dengan pernyataan disana terjadi perang agama saja menunjukkan anda berpikiran sangat pendek. Sudah jelas disana itu invansi militer pencaplokan wilayah.. dan itu adalah hal paling memalukan yg terjadi dijaman peradaban modern, di saat semua bangsa sepakat dibawah naungan PBB untuk menjunjung tinggi ham. lucunya lagi anda mengatakan para pejuang yg mempertahankan tanah airnya adalah teroris. ( berarti dulu belanda perang di indonesia juga perang agama ya?? dan semua organisasi pejuang indonesia adalah teroris??) Di Palestina itu sekitar 60% penduduknya muslim & sekitar 35% nasrani dan zionis israel itu tidak pilih” mau membantai yg mana, pokoknya pembersihan etnis warga palestina yg tinggal disana! dan perlu anda ketahui, zionis israel pun tidak segan” membunuh bangsanya sendiri seperti para ahli kitab taurat yahudi & orang” yahudi yg anti zionis israel karena pemikirannya sangat bertolak belakang.
    Kalau mau objektif googling tulisan” Norman Gary Finkelstein seorang yahudi amerika Ph.D in Political Science, peneliti konflik israel-palestina.
    baca juga buku Protokolat zionisme Prof. Nilus biar anda tau kenapa israel dulu dibantai pada perang dunia II.
    lihat juga websitenya orang” yahudi yg anti zionis israel http://www.nkusa.org or http://www.nkuk.org. yg merasa sangat terancam akibat perbuatan zionis israel.
    Saat ini sekitar 7 dari 10 warga palestina hidupnya sangat tergantung dengan berbagai bantuan dr luar, mengenai mengapa negara” arab tetangga palestina tidak menolong.. mereka di ikat perjanjian.. bila mereka melanggar anda tau sendiri sangsi PBB sangat tidak adil terhadap negara” arab melaui pengaruh zionis yg ada di negara” kuat anggota PBB, dan itu membuat mereka takut.
    Semoga kedepan anda tidak berpikiran bodoh seperti sekarang ini. peace!

  149. Adim says:

    Setiap orang hanya melihat apa yang ingin mereka lihat, mendengar apa yang ingin mereka dengar dan mempercayai apa yg mereka ingin percaya. proses kristalisasi antara pendukung israel dan palestina sedang terjadi, hingga akhirnya di dunia ini hanya ada dua kelompok dan akhirnya terjadilah perang ARMAGEDDON, suatu perang besar yg belum pernah terjadi didunia. Berdoalah agar kita selalu berada disisi dimana Tuhan kita Yesus Kristus berada. GBU

  150. anyndhita says:

    Mau Israel, Palestina, Arab, Amerika, atau Indonesia, yg penting kan kita semua saudara, kita semua cucu adam😥 grow up please.

  151. UUD says:

    siapa yang memberkati israel maka akan diberkati juga, dan sebaliknya jika kita mengkutuki…
    Israel tidak membabi buta tapi ada alasannya….

  152. johny says:

    Yang perlu kita lakukan adalah berdoa, supaya kita yg berada diluar gaza bisa hidup rukun

  153. from BM says:

    ‎​Kawan, Hati2 dgn pernyataan2 yg ‘Bias’ / Prejudis/ SARA mengenai peristiwa yg terjadi di Jalur GAZA…‎​Pls let us Live in Peace n harmony GÖÐ BlέSs Indonesia🙂. Tentara Israel tidak bersalah – Hati2 dgn pernyataan yg menyulut prejudism-Kita dibohongi media!!

    Fakta2nya
    1. Flotilla itu adalah kapal yg dibiayai oleh sebuah organisasi dibawah teroris hamas.
    2. Tentara Israel harus mengecek setiap kapal kemanusiaan yang masuk di daerah itu karena Iran kerap mencoba menyelundupkan missil dan senjata lain.
    3. Tentara Israel sudah memperingati berulang kali bahwa mereka harus mengecek isi kapal. Kapten tidak mengindahkan…
    4. Tentara Israel membawa peluru mainan cat, menyangka itu akan menjadi pemeriksaan biasa. Tidak menyangka akan perlawanan yg bgtu sengit. Ditusuk, dipukuli dan dikeroyok.
    5. Setelah ada beberapa tentara Israel yg terluka parah, terpaksa mereka mengeluarkan senjata aslinya dan melawan agar tidak terbunuh.

    Semua fakta ini bisa di cek sendir..i. Representatif dari organisasi kemanusiaan UN di GAZA blg, “Tidak pernah ada masalah dengan bantuan kemanusiaan di sini.” Provokasi dari TERORIS

    Sumber : http://www.atimes.com/atimes/Middle_east/LF02Ak03.html

  154. Saya sudah tahu hal itu.

    Semua ini adalah KONSPIRASI!!!

    Bukalah matamu lebar-lebar, jangan hanya menonton TV!!!

    TV adalah sumber kebohongan nomor #1 di dunia!!!

  155. yudha_elf says:

    israel pasti punya alasan kuat atas tindakannya selama ini…

  156. Nando says:

    mEngapa harus ADA PERANG???

    “Mahatma Gandhi”

  157. Fei says:

    Banyak sekali prokontra yg saya liat di comment. Bila ingin mencari keadilan bukan dengan saling menjatuhkan tapi dengan membuka kasus ini di pengadilan terbuka di hadapan dunia tanpa peperangan yang hanya MEMBUNUH NYAWA-NYAWA TIDAK BERDOSA, MENGHABISKAN SUMBER DAYA DUNIA YANG SEMAKIN MENIPIS dan MERUSAK LINGKUNGAN HIDUP! Untuk menggantikan perang gimana kalau diadakan pertandingan sumo aja antara presiden masing-masing negara yang punya NYALI!

  158. me says:

    saya setuju dgn commentnya ruth dan theresia.. smoga kita smua bisa objektif dan mengerti bahwa bukan mana yang benar Israel maupun Palestina tetapi kita fokus apa yang diajarkan Tuhan Yesus ttg kasih seperti yang ada di dalam alkitab. Dengan begitu kita bisa melihat dengan ‘mata rohani’ kita bukan dengan mata jasmani. Semoga kita tidak disesatkan, tetapi beroleh hikmat yang daripadaNya. Amin JBU

  159. me says:

    duh ngapain se capek capek mikirin negara orang lain.. pikirin dulu tuch rakyat indonesia nya sendiri dulu… Lapindo aja lum beres… ampe sekarang juga semua nya silent… gak ada tindakan nya.. malah ngebahas yang laen.. ciek..ciek…

  160. chan says:

    g mendukung perdamaian.

  161. assasincross says:

    Saudara2, sebelum qta mengutuki perbuatan seseorang, coba introspeksi perbuatan qta sendiri.. Untuk apa qta mengutuki Israel yang menyerang Gaza kalau qta masih menyakiti orang lain dengan perbuatan qta? Ini bukan perang agama, tapi politik dan ini sudah terjadi berabad2.. Klau ingin berbuat baik, jangan kutuk yang jauh, tapi perhatikan sekeliling qta, cobalah bijaksana.. Semakin bijaksana, semakin qta tidak ikut campur atas urusan orang lain, kalau pun ingin ikut campur, dari pada hanya mengutuki pihak tertentu, knapa gk coba langsung aja terbang ke Israel untuk ngerasain sendiri suasananya.. Act always better than talk🙂

  162. roseline says:

    I’m a Christian..saya tidak tau benar atau tidak tulisan author ini..cmn buat apa sih didebatin..pasti msg2 punya alibi sndiri2..jgnkan negara israel,palestina or arab,kita aja kl salah msh selalu mengelak kok..memang kita diajarkan untuk mengampuni,well semua agama mengajarkan yg sama..dan untuk penulis,saran saya,akan jauh lebih baik kl kita disarankan untuk mendoakan siapapun yg menjadi korban..kalau cari siapa yg salah ato siapa yg benar,tunggu kiamat dl baru ketauan deh jawabannya..akan jauh lebih baik,kl kita urus negara kita deh..drpd kita pikir bala bantuan ke gazza,liat brapa banyak anak indonesia mati kelaparan..tidur d pinggir jalan tnp alas,minum dr air kotor..apa bedanya dengan d palestina..sama saja..mau bilang beda krn mereka ktakutan perang?? Well apa bedanya dengan tingkat kriminalitas d jakarta sajah..apa anak2 itu tidak takut d siksa,d tindas,d sakiti?? Sama saja..cmn bedanya,kita membantu di indo buat mereka yg susah,tangan kita ga d sorot dunia..buka mata kita smua,puluhan juta warga indo msh d bawah garis kemiskinan..saatnya kita fokus apa yg terjadi d depan mata kita sehari2 dulu,baru setelah itu kita bergerak maju membantu yg jauh d sana..maaf kalau ada yg salah..tp saya percaya Tuhan membuat perbedaan untuk melihat apakah kita bisa hidup didalam perbedaan itu,bukan untuk saling menyakiti..GBUs..

  163. Freddy says:

    Saya suka artikel ini, cukup mencerahkan tp memang isi aga bias dan komentar2nya pun bias juga. Yang masih ganjil dan bikin saya bingung adalah KENAPA KITA PEDULI BANGET DENGAN KONDISI BANGSA LAIN SEMENTARA KONDISI BANGSA SENDIRI MENYEDIHKAN!?

    Saya adalah muslim dan saya malu dengan agama saya karena BANYAK MUSLIM yang ikut berdemo beramai2 sampai menuhin jalan untuk MEMBELA NEGARA LAIN YANG GA JELAS ISINYA SIAPA DAN APA. SEDANGKAN KETIKA KEJADIAN 300 KORBAN MATI BOM BALI TIDAK ADA MUSLIM SERAMAI ITU YANG BERDEMO MEMENUHI JALANAN MEMBELA HAK HIDUP PARA KORBAN ITU.Sangat jelas sekali terjadi kebodohan. pedulilah akan hal itu. atau kirimkan saja relawan2 itu setidaknya akan punya alasan lebih jelas nantinya

    Saya cuma bisa bilang klo bangsa Indonesia itu= A Big Fat Pathetic Loser. dan itu lebih menyedihkan dibandingkan israel atau arab atau amerika atau Hamas. Mereka bisa mengambil sikap untuk kepentingan negaranya sementara kita tidak.
    tidak perlu berbicara politik dan agama apabila logika kemanusiaan terhadap bangsa sendiri saja tidak punya.

    saya rasa Tuhan tidak membela satu ras/mahluk saja apalagi mendendam terhadap ciptaannya. sungguh sempit sekali Tuhan orang itu apabila Tuhannya dapat gambarkan seperti itu dan Dia tidak sesempit itu hatinya jangan mengatas namakan/mengikutsertakan Tuhan untuk urusan manusia. Itu bodoh sekali.

    lebih baik terus membahas konteks politik yg terjadi di israel gaza sana mungkin kebenarannya akan cepat terungkap

    saya tidak naif dan
    saya suka artikel ini thanks penulis

  164. Uki says:

    Temen-temen, sudah jelas bahwa reaksi yang bermunculan atas serangan Israel terhadap sebuah kapal kemanusiaan sangat beragam. Pun reaksi negative juga sangat beragam, dari yang paling ringan, menyayangkan kejadian sampai mengutuk keras dan menggeser permasalahan ke unsur agama.

    Saya rasa semua itu sah sah saja. Tetapi, memang baiknya kita melihat dari kedua sisi yang berkonflik. Sebuah artikel blog dengan judul diatas memang sudah membantu kita untuk me-explor suatu perspektif yang selama ini kurang didengungkan secara seimbang.

    Konflik Hamas dengan Israel telah berlangsung selama lebih dari setengah abad. Banyak pendapat dan argumen mengenai siapa yang berhak memiliki lahan tersebut, sebagian kalangan bahkan dengan keji membingkis konflik tersebut dengan bungkus berlabelkan agama demi menarik simpati warga internasional.

    Untuk menghindari penulisan yang super panjang, saya hanya mencoba membahas ini per-incident tidak the root of the conflict. Tapi secara umum, saya setuju bahwa Hamas dan Israel telah melanggar Hak Asasi Manusia dan telah mengorbankan wanita dan anak-anak tidak berdosa di Gaza apapun kepentngan yang mereka perjuangkan. Tak ada pembenaran untuk kekerasan! Oleh karena itu, saya membantah apabila dikatakan bahwa Hamas adalah pejuang agama yang super innocent.

    Kepada incident penembakan kapal, di blog tersebut tertulis seperti ini:
    “tujuan pengiriman barang-barang “kemanusiaan” ke Gaza melalui laut sesungguhnya BUKAN untuk menolong orang-orang Palestina yg menderita. Kepala dari Flotilla sendiri mengatakan bahwa tujuan mereka menerobos blokade ISrael adalah untuk menghancurkan blokade Israel ke jalur Gaza.”
    Opini tersebut memang bisa saja benar tetapi tak dapat membenarkan penembakan karena Israel tidak berhasil membuktikannya. Israel sudah melakukan penembakan sebelum berhasil membuktikan kebenaran asumsi inteligen mereka. Dengan kata lain,serangan tersebut merupakan pre emptive attack atau serangan berlandaskan praduga akan adanya tindakan yang mengancam kemanan mereka tanpa membuktikannya terlebih dahulu. Pre emptive attack merupakan un law ful behaviour.

    tertulis juga:
    “Untuk kasus Flotilla, sebenarnya Israel telah menawarkan untuk MEMBANTU pengiriman barang2 kemanusiaan seperti makanan dan obat-obatan ke Gaza, DENGAN syarat harus ada pengecekan terlebih dahulu supaya tidak ada senjata yang dimasukkan. Tetapi pihak organisasi Pro-Palestina dengan sengaja menerobos masuk lewat jalur laut. Israel memang harus menghentikan kapal-kapal tersebut dan membawanya ke port mereka. Tidak ada pilihan lain!!!”
    Pertama, apa hak Israel untuk mengecek konten, mengingat negara ini bukan polisi internasional. Hal ini diperburuk lagi dengan kenyataan bahwa Israel adalah satu dari pihak yang berkonflik. Maksud saya, apa hak seorang peserta pertandingan untuk bisa mewasiti pertandingan itu sendiri?Israel dapat menjawab bahwa PBB tidak memberikan pengawasan cukup tetapi itu tetap tidak dapat menjustifikasi tindakan brutal yang menghilangkan nyawa manusia. Satu hal lagi, perairan dimana terjadinya incident adalah perairan internasional dimana tidak ada sebuah negarapun apapun alasannya berhak untuk menerapkan hukum domestik mereka ataupun peraturan sendiri disana.

    ditulis juga:
    Perlu diketahui, ada kekeliruan yang penulis blog telah ungkapkan bahwa bangsa Arab secara kemanusiaan tidak peduli dan hanya menjadikan Palestina sebagai komoditas exploitasi politik. Untuk ini, saya justru mengatakan sebaliknya. Bangsa Arab tidak memiliki suara bulat karena sebagian dari mereka memiliki kepentingan yang berhubungan langsung dengan Israel dan barat yang membuat mereka hanya dapat membela Palestine sampai kelevel “menyerukan” dan “mengutuk” tapi tak dapat menjatuhkan sangsi ekonomi dan politik. Sehingga, bangsa Arab hanya dapat membantu dalam bentuk kemanusiaan seperti logistik,dll.

    Dengan kata lain, adalah benar bahwa bangsa Arab sendiri pun tidak mampu memperjuangkan saudara mereka sendiri. Sudut ke 4 pemblokiran dilakukan oleh mesir karena Mesir tetap ingin menjadi area bebas konflik (tidak diselundupi atau dibonceng)dan tak mau terjadi clash of interest dengan Israel mengingat mereka memiliki hubungan diplomatik dgn Israel.

    Sebuah sumber mengatakan bahwa Israel memegang penuh kendali gate-gate yang lain, terutama dalam mengontrol supply logistik ke gaza. Sebuah laporan internasional bahkan mengatakan kontrol logistik di Gaza sampai ke level makanan dan pakaian. Saya pun berasumsi bahwa tidaklah asing lagi bagi telinga teman-teman mendengar berita bahwa transportasi bantuan logistik terhenti pada blokade tentara Israel. Terlepas dari benar tidaknya laporan tersebut, saya rasa sebagai manusia merdeka kita sama sama tidak setuju dengan penjajahan dengan bentuk apapun.

    Disini saya berusaha untuk seobjektif mungkin.

    Cheers,

    Uki

  165. kukuku says:

    Eh, @ semuanya yang bilang artikel ini objektif, baca ulang deh. Ini tuh super subjektif dan cuma diambil dari satu sisi (jadi seperti media yang dikutuk sama penulisnya malah). Kita gak tau yang bener yang mana, karena wacana dia dan media sama2 punya opini (ya opini bukan fakta) masing2 dengan tujuan masing2. Daripada kita nge-blame siapa yang bersalah kenapa sih kita gak saling mencintai satu sama lain tanpa memandang agama ras atau perbedaan apapun. Supaya gak gap di masyarakat kita sendiri gak semakin besar. IMHO.😉

  166. Ahmad Haes says:

    Israel’s deadly raid on a flotilla of aid ships headed for Gaza has shocked the world.

    Israel, like any other state, has the right to self-defence, but this was an outrageous use of lethal force to defend an outrageous and lethal policy — Israel’s blockade of Gaza, where two thirds of families don’t know where they’ll find their next meal.

    The UN, EU, and nearly every other government and multilateral organization have called on Israel to lift the blockade and, now, launch a full investigation of the flotilla raid. But withoutmassive pressure from their citizens, world leaders might limit their response to mere words — as they have so many times before.

    Let’s make the world’s outcry too loud to ignore. Join the petition for an independent investigation into the raid, accountability for those responsible, and an immediate end to the blockade in Gaza — click to sign the petition, and then forward this message to everyone:

    http://www.avaaz.org/en/gaza_flotilla/?vl

    The petition will be delivered to the UN and world leaders, as soon as it reaches 200,000 names — and again at every opportunity as it grows and leaders choose their responses. A massive petition at a moment of crisis like this one can demonstrate to those in power that sound bites and press releases aren’t enough — that citizens are paying attention and demanding action.

    As the EU decides whether to expand its special trade relationship with Israel, as Obama and the US Congress set next year’s budget for Israeli military aid, and as neighbours like Turkey and Egypt decide their next diplomatic steps — let’s make the world’s voice unignorable: it’s time for truth and accountability on the flotilla raid, and it’s time for Israel to comply with international law and end the siege of Gaza. Sign now and pass this message along:

    http://www.avaaz.org/en/gaza_flotilla/?vl

    Most people everywhere still share the same dream: for two free and viable states, Israel and Palestine, to live side by side. But the blockade, and the violence used to defend it, poisons that dream. As a columnist wrote to his fellow Israelis today in the newspaper Ha’aretz, “We are no longer defending Israel. We are now defending the siege. The siege itself is becoming Israel’s Vietnam.”

    Thousands of pro-peace activists in Israel today protested the raid and the blockade in demonstrations from Haifa, to Tel Aviv and Jerusalem — joining demonstrations around the world. Regardless of which side threw the first punch or fired the first shot (the Israeli military claims it did not initiate the violence), Israel’s leaders sent helicopters of armed storm-troopers to raid a convoy of ships in international waters bringing medicine and supplies to Gaza, and some now lay dead.

    Their lives cannot be brought back. But perhaps, together, we can make this dark moment a turning point — if we arise with an unshakable call for justice, and an unbreakable dream of peace.

    With hope,

    Ricken, Alice, Raluca, Paul, Iain, Graziela and the rest of the Avaaz team

    SOURCES:

    Live coverage from Al Jazeera:
    http://blogs.aljazeera.net/middle-east/2010/05/31/live-coverage-israels-flotilla-raid

    Live coverage from the Guardian:
    http://www.guardian.co.uk/world/blog/2010/may/31/israel-troops-gaza-ships

    “The Second Gaza War: Israel lost at sea” – Bradley Burston, Ha’aretz
    http://www.haaretz.com/blogs/a-special-place-in-hell/a-special-place-in-hell-the-second-gaza-war-israel-lost-at-sea-1.293246

    Analysis of violence from IDF’s perspective from Debka, reporters with ties to Israeli intelligence:
    http://debka.com/article/8824/

    70% of Gazans suffer from food insecurity – 2008 ICRC report, cited by al Jazeera:
    http://english.aljazeera.net/focus/2010/05/20105319333613851.html

    Analysis of possible political consequences of the flotilla attack:
    http://www.google.com/hostednews/ap/article/ALeqM5gtowfFjiFD4HYdHuYgxydKNwVRDwD9G2B3880

  167. natalia says:

    Jelas2 direkaman tentara israel kapal mavi marmara di cek dl,jgn ada terorist atau penyelundupan!!!tp pas tentara israel dtg pake helikopter yg didlm kapal dh nyerang duluan!!!bukti tuh rekaman,,,yah tentara ISRAEL gk mau diem dibantai,,itu baru peringatan,,krn mrk dtg mau cek!!!Tp yg didlm kapal udh salah sangka duluan!!!maen serang tentara IsraeL!!!klo mmg tentara israel mau jahat dh diBOM tuh kapal dr helikopter tentara Israel,,!!!
    jd jgn salah paham dl sebelum tau asal mulanya,,,klo mmg israel salah drdl knp PBB gk maju2 kesidang internasional???Knr ini smua jd salah paham ada terorist n provokator!!!

  168. Anto says:

    ya yang gw pegang sih firman yang ini :

    Kejadian 12:3
    “Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat.”

    abraham dan keturunannya (israel)….. gw sih gk mau cari masalah ngutukin, nanti malah gw yg dikutuk Tuhan…..

    hati-hati… jangan ngutukin israel, kena batunya baru tahu nanti

    (seharusnya ayat tadi pun ada di al-quran, ya kecuali bagi anda yg hanya bisa baca tulisan arab tapi ndak ngerti artinya ya pantaslah ngutukin israel soalnya gk ngerti al-quran nya sendiri….)

  169. buds_luke says:

    Thanks 4 d posting. Ya setuju, seharusnya ada pemberitaan yang berimbang (kalau bisa referensinya dicantumkan juga). “Berkatilah dan jangan mengutuk” pesan Alkitab, mari doakan saudara2 kita di Israel dan Palestina untuk solusi terbaik tanpa harus “saling membunuh”.

  170. rita says : says:

    Menurut g, ga ad yang tahu persoalan sbnarnya slain kedua negara tsb. Jadi kita npain pusingin and ributin negara lain, sblm mengasihani negara lain, tolonglah urusin dahulu negara kita sndri. Negara kita jg msh byk yg kelaparan, kesusahan. Apalgi lagi banyaknya kebakaran, pengganguran, ank putus sekolah. jadi lbh bae, kalian membenahi negara kita dahulu baru kalian membantu negara lain. toh negara kita jg msh mnta bantuan dr negara lain. Sekarang yang bs di lakukan hanya bantu doa, klo mau demo jg percuma, ga akn bantu ap2, lbh baik krj cari uang, tuk makan.

  171. dony says:

    Semua sdh digariskan,tiada satupun yang bisa mengubah,benar dan salah manusia bukanlah wujud nyata karena semua semu sifatnya,apapun kepercayaan kita,bertobatlah dan kembali ke Tuhan,karena cuma itu satu2nya jalan keselamatan kita bersama,jika memang terjadi,maka itu semua adalah suratan takdir,ingatlah bahwa Semua akan indah pada waktunya,siapa menabur dia akan menuai,
    Oleh sebab itu,apapun yang terjadi terjadilah,coba kita koreksi diri kita sdr tanpa perlu mengomentari kekurangan dan dosa orang lain.terkecuali jika engkau merasa bersih dan tdk pernah berbuat dosa.

  172. vee says:

    Ass wr. wb.
    Syalom..
    salam sejahtera bagi kita smua..

    mo bener atau ga isi posting d atas,
    saya cuma mo bilang:

    ISRAEL vs PALESTINA itu masalh prebutan wilayah,bukan msalh perang antar agama/suku bangsa..

    di jgn bawa2 agama/suku bangsa,..
    mmg d israel bnyak yg Nasrani dan d Palestina banyak yg Muslim,tp skali lgi itu bukan permsalahn agama tp wilayah….

  173. nes says:

    smua yg trjadi antara israel-palestina memang hrus terjadi karena itu smua sudah tertulis d Alkitab..
    jdi saya rasa apapun yg akan terjdi nanti itu memang hrus terjdi..bahkan saya yakin ini hanya permulaan saja menjelang perang sesungguhnya.. dalam arti laen akhir zaman udah dket.. yg skrg kita lakuin adalah bukan berdebat siapa yg bener tpi liat hati masing” apa kita udah bner di hadapan Tuhan..

  174. Franz says:

    saya setuju banget sama posting ini..
    bukan masalah israel punya belas kasihan atau tidak, masalah utama ada pada moment ini..apakah tidak jelas bahwa background semua ini adalah “perang”…kalau perang mau pakai belas kasihan, ya gaq bakal menang donk…kalah ajah atuh kalau gtu mah..
    buat semua yang mengutuk Israel, baca ini :
    -pertama : udah jelas banget donk kalau memang itu penyeludupan senjata..
    -k2 : apa alasan israel adalah musuh utama umat muslim? karena perang antara israel dan palestina saja?
    -k3 : kalau memang indonesia rela untuk mengirimkan warga indonesia kesana, mengapa harus takut mati? kalu memang rela menjadi sukarelawan, berarti harus rela mati. Jadi tidak usah dipermasalahkan juga bukan?
    -k4 : udahlah ngap indonesi harus terpecah hanya gara2 negara lain…udahlah kita urusin negara kita dulu…majuin negara kita..negara kita toh juga belum maju..masih byk rakyat miskin..bantu warga negara sndiri donk…kasarnya mah gini : “urus diri sendiri dulu , baru orang lain”…

    GBU aLL

  175. sudirman says:

    Buat apa kita mempersoalkan mslh negeri orng?ada baiknya kalo kita semua membenahi negeri sndri,saya kristen tp ttp ga mendukung sgla tndkan yg berbentuk kekerasan,lebih baik memikirkan kesejahteran negri kita tercinta

  176. dee says:

    Cukup ambil hikmahnya aja dr posting ini.
    Menurut saya semua negara bebas unk memiliki cara unk menyelamatkan negaranya.
    Cm unk israel mungkin terlalu berlebihan.
    Tp minimal qta bs dapet sedikit wawasan mengenai perang israel dan palestina ini.
    Unk kesimpulan dan apapun itu,kembali ke diri qta masing2.
    Sy hanya berharap jgn ada perang2lg,terutama yg melibatkan perbedaan agama,ras&suku bangsa.
    Thankks

  177. JBUF says:

    nice🙂, thanks for infonya sangat baik sekali, walaupun beberapa bertolak dari yg di perlihatkan media massa.
    memang perlakuan israel suka semena2, tpi walaupun begitu kan tetap bangsa pilihan Tuhan. dari zaman dulu israel itu tegar tengkuk, tidak mau taat, ada saat dimana Tuhan menghukum israel , tetapi Tuhan tidak melanggar janji-Nya. so walaupun bagi beberapa orang tulisan diatas kurang bisa diterima, namun coba lihat dari perspective lainnya karena memang bangsa israel itu bangsa pemberontak, namun tetap pilihan Tuhan😀, Jesus bless u always

  178. mili says:

    Israel atau palestine yg benar atau yg salah hanya Allah yg tau,kt hanya bs berdoa utk kedamaian dunia.

    Ga akan ada habisnya berdebat dan meributkan permasalahan perang ini.

    Pesan sy buat semuanya:

    live in peace for the whole world, especially with the differences of religion, ethnicity and race among all human beings.

  179. elizabeth says:

    Hhhm… Sori, kalo saya salah persepsi n kurang info. Tapi apa hubungannya yahudi-kristen-islam??? Pertamnya sebelum ada Kristen n Muslim, bukannya Kristen dan Muslim memang berasal dari bangsa Yahudi??? Correct me if I’m wrong!!! Dari Abraham, hingga era Musa. Nah setelah itu, baru terpecah menjadi Kristen dan Muslim, buktinya, dari hukum taurat hingga sejarah nabi2nya sama, Yahudi, Kristen dan Muslim???!! Nah, jd kalo saya siiiih gak setuju banget, orang kristen belain oarang yahudi cuma krn di Alkitab mrk bangsa pilihan Tuhan, spt kata sodara Yohanes, kitalah Israel Beru… Lagian mereka gak percaya Tuhan Yesus kok!! Kecuali atas dasar kemanusiaan, apa kewajiban kita membela yg salah?? Lagian kl anda tau, orang Yahudi itu SAMPAI SEKARANG menyepelekan Yesus…dari anekdot yg menyepelekan hingga yg menghina. Anda pembela kaum yang menghina Tuhan Yesus???!!! Wew… Lagian semua juga politik. Katanya Arab, dibela krn minyaknya, emangnya knp Israel ga diapa2in ama Amerika?? Tebak aja sendiri orang2 terkayanya, senator, dan penyandang dananya kaum apa? Coba cek, Yahudi bukan?! Ya terang aja pemerintah Amerika takut ama bangsa Yahudi… Balik ke masalah kita harus buat Israel demi bapak Abraham… Yah, kita anda juga mendoakan bangsa2 Islam donk…wong bapak seluruh umat… Jadi gak usah bawa2 agama deh…yg salah mah salah aja, kalo bener, ya Tuhan juga pasti kasi jalan…kalo gak ngerti…kl g mending diem aja deh…

  180. princess says:

    Selama aq jadi kristen..yang aq tau Tuhan ngajarin soal kasih dee…
    Siapapun yang percaya Aq kan kataNya..Dia ga nunjuk hanya org Israel..

    Dan tolonglah..qt bjr ttg kasih disini..Kristen bkn ttg agama kq..it’s about how u apply it in ur daily life..Kristen bcr ttg kasih..

    Jadi tlng yang nulis,mikir dulu..yang terpenting adlh damai..bkn siapa yg menang..
    Bukan benar atau salah,tapi respon..
    So,stop ribut soal ini..cape..

    Indonesia sendiri ajah masi ribet,,mau ngurusin negara orng..kalo memang pny tenaga untuk itu,alangkah lebih bijaknya klo tenaga utk itu dikonversikan jadi tenaga untuk memperjuangkan kesejahteraan bangsa tempat qt ‘dilempar’ sama Tuhan..qt harusnya mendoakan negara qt sndiri dulu..bukanny berantem utk negara lain..

    bukanny mo ga peduli..tapi tolonglah..doakan semuanya damai..dan prioritaskan negaramu dulu..aq yakin di sana,negara apapun itu,pasti juga ad org2 yg berusaha utk negaranya,jadi ga perlu bantuan kita jugaa.. >.<

  181. Miss X says:

    Guys, why do have to argue which one is right and which one is wrong.. Definetly war,colonialisme, oppression, smuggeling, abuse, killing each other, robbery, etc.. Is wrong in front of GOD Eyes (in what ever religions). So let us just help them by praying to GOD (according to our believe) MAY PEACE B with them!! No more war, hurt, cry. Okay??!!
    Nb: no need blaming each other. Won’t help!

  182. princess says:

    Err,aq rasa ga perlulah membela Tuhan..aq yakin yang namanya Tuhan itu bisa bela dirinya sendiri..

    Buat apa sii pake kekerasan..

    Bukan bagian kita mengutuki siapapun,k?Tuhan ga pernah ngajarin itu..kasihilah mereka,salah atopun benar..

    Tolong,jadi kristen..renunguin tuh alkitab,jangan jadiin pajangan..Christian is about Love right?where is it?I can’t see any of it here..

    Doakan Israel?terus yang laen pantas mati?ngga!!Tuhan mati untuk selametin mrk..dan Tuhan mnta anak2Nya utk lanjutin pekerjaan keselamatan itu..tapi apa yang terjadi?mrk dibunuh…!!!
    Apapun alasannya,itu salah..

    Umm,saia cuma bs bilang..praktek kasih..srng2 baca kor 13..kasih bukan cuma di mulut..Love is a verb not a word.. >.<

  183. izzah says:

    saya seorang manusia dan seorang muslim .
    Untuk muslimnya , mungkin semua orang sudah pada tau konflik antar agama walaupun ditutupi .
    Tapi untuk sekarang , bukan masalah agama lagi ,
    ini udah masalah KEMANUSIAAN . Kalaulah semua orang punya hati nurani yang masih bersih , apapun agamanya , pasti akan sangat sedih melihat pembantaian yg terjadi disana .

  184. xhyro says:

    Kalo mau liat siapa yang salah.. 2-2nya salah mengapa?? Karena mereka berperang.. Ke 2 kitab suci mereka mengajarkan cinta kasih kenapa harus berperang? Kalau ngaku kristen dan mendukung israel anda salah! Karena agama gak boleh dijadikan alasan untuk mengambil nyawa orang lain!! Gw sendiri kristen tapi untuk apa peperangan?? Siapa yang diuntungkan?? Kalau seorang kristen yg percaya Yesus juru selamat maka dy tak akan berperang..

  185. tetta says:

    Israel tetep kejam,ikuti kata hati jgn jadi terpecah belah..saya tidak setuju dgn post ini

  186. DMR says:

    Saya ajak mari kita melihat kejadian ini dari sisi lainnya…

    Menurut anda,, Densus 88 bertindak menggeledah dan menyergap teroris atas kemauan sendiri atau karena adanya INFORMASI…??!
    informasi dari SIAPA…?!

    salah satunya pasti dari >> BIN (Badan Intelijen Negara),, yang notabene adalah kebanggaan Rakyat Indonesia…

    yang pasti Densus 88 tidak akan melakukan suatu hal yang SEMBRONO,, SEENAKNYA SAJA,, ataupun membentuk OPINI PUBLIK yang salah…
    pekerjaan mereka pastilah RAHASIA,, TERTUTUP,, dan TIDAK DIKETAHUI OLEH PUBLIK…
    tindakan mereka pasti juga sudah melewati beberapa PERHITUNGAN yang matang dan STRATEGI yang diawali oleh pengolahan dan sinkronisasi DATA dan INFORMASI dari berbagai sumber..

    demkian juga Negara kita,, pasti tidak akan sembarangan mengambil sebuah Tindakan yang berpengaruh pada pandangan dunia…

    Bagaimana dengan ISRAEL….?!

    – Bukankah MEREKA memiliki Badan Intelijen yang paling “terkenal” didunia..??! >> MOSSAD
    – Mungkinkah Badan Intelejen Negara (BIN) jauh lebih hebat dari MOSSAD sehingga BIN lebih “berprestasi” dalam mengungkap teroris-teroris di Indonesia dengan cara yang lebih tepat dan jitu…?! bagaimana dengan MOSSAD di Negaranya sendiri…?!
    – Beranikah ISRAEL mengambil sebuah keputusan yang tidak beralasan sehingga mencemarkan namanya di Hadapan Dunia..?!

    Saya kira,, setiap negara pasti memiliki caranya sendiri untuk mempertahankan Integritas bangsanya masing-masing… bahkan setiap negara pasti tidak mau melakukan sebuah tindakan (tanpa alasan) yang mengakibatkan dunia MEMBENCI apalagi MENGUTUKINYA…!!

    jadi,, marilah kita melihat secara LOGIS dan tidak DIRASUKI oleh pemikiran yang sudah ditunggangi oleh KEBENCIAN,, serta berorientasi pada fanatisme AGAMA…

    saya yakin Bangsa Indonesia adalah Bangsa yang memiliki masyarakat yang Pandai. Jadi,, janganlah kita seperti orang bodoh yang gampang di-CUCI OTAK-nya oleh pembentukan-pembentukan opini publik yang saat ini terjadi diberbagai Media yang TIDAK NETRAL..

    Terima Kasih.

  187. Vote for Israel says:

    Poor Palestine who is scarified by their own relatives, among of Arabian tribe…
    Cant imagine if Arabian and Moslem roles this world, no more peace is absolutely!

  188. peaceman says:

    sebagai manusia yang memiliki akal dan kebijaksanaan, tanggapi masalah tersebut dengan kepala dingin. bahwa peperangan tersebut hanyalah akibat dari keserakahan2 manusia. jadi jangan di sangkutpautin sama agama, karena bisa menimbulkan ketegangan antar agama yang bersangkutan. dan hati-hati dengan adu domba aliran zionisme yang ingin memecahbelahkan orang-orang yang beragama. kalau mereka menang, siapa yang kalah?

    peace is beautiful..

  189. delaila says:

    Tuhan tidak buta, dia melihat semuanya….. Biarkan Tuhanyg akan menunjukkaan kebenarannya.salam damai

  190. natalia says:

    Jelas2 yg trjd di kapal mavi marmara itu niat tentara israel mau cek!!!
    Tp yg didlm udh jiper,salah sangka,,klo tentara israel mau jahat dh ditembakin dr atas sblm turun ke kapal!!!
    Msh ditali aja udh dilempar2 barang(jls trlihat dr rekaman tentara israel klo yg duluan nyerang siapa?Cb lo jd tentara israel ditugaskan utk periksa isi kapal klo mmg utk kemanusiaan,membantu palestina,turun kekapal itu diserang,trs lo diem aja?ya jls dy jalankan tugas,,n gk mau diserang!!Tentara israel bela diri sesuai dgn didikan dy sbg tentara,,abis itu yg lain gpp kan?yg tentara israel hajar cm yg nyerang aja!!Klo mmg jahat,abis pemeriksaan kapal mrk digiring dibawa ke t4nya n dibebasin!!Klo mao jahat dh mati semua tuh!!!Jd jgn sok manghakimi deh klo gk tau apa2!!!Yg ngutuk itu udh kehasut n terprovokasi,,,jd liat baik2 secara detail,,dr rekaman aja udh jelas trbukti tentara ISRAEL tdk mendahului trjdnya tragedi mavi marmara!!!Mereka dtg tujuan cek isi kapal,krn kapal trsebut tdk ke port pengeCek’an israel,, dsangka selundupan!!!TUHAN berkati dh yg main ngutuk tp gk tau crita sbenarnya!!!Gw jg kasian sm palestina knp bs bgtu byk org terorist dsana tp gk ada yg tau!!!

  191. lalala says:

    Ud tergenapi Firman Allah

  192. moderat says:

    Saat saya mengetik ini, sudah 92 postingan saya baca dan saya bisa tarik garis persamaan antara yg PRO israel dan yg anti israel.
    Persamaan postingan dari PRO ISRAEL :cuman bisa teriak2 thx utk postingannya GBU, smoga dunia bs terbuka matanya, dan tak ada satupun yg bs menguatkan sumber dari broadcast di atas, bahkan bkesan minim pengetahuan bahkan ikut menghina Tuhan. Knp saya blg yg pro israel ikut menghina Tuhan ? Krn mereka menganggap Tuhan merestui pembunuhan yg israel lakukan. Iya kan ? Kalian membenarkan pembunuhan ? Dan kalian mengganggap israel bangsa pilihan Tuhan ? Pikir lagi kawan. Tuhan mengharamkan pembunuhan. Saya yakin semua agama mengharamkan pembunuhan. Yg menghalalkan hanya kaum yahudi dan atheis (‎​Ǥªk pcaya Tuhan). Itu aja udh ‎​Ǥªk nyambung, kalian pcaya Tuhan tapi membenarkan pembunuhan.
    Sedangkan persamaan yg anti Israel : mereka selalu comment dgn dibubuhi fakta, apa faktanya ? (Website, link dan gambar yg bs kalian dgn mudah temukan d youtube). Yg pasti lbh berbobot dan trlihat bhwa yg menulis itu org2 intelek yg faham akan duduk pmasalahan sbnrnya, sdgkan komentator yg pro israel terlihat spt anak2 abg yg ‎​Ǥªk ngerti apa2. Jgn menghina media , media itu jauh lbh berwawasan luas drpd anda dan jelas media selalu melihat dr 2 sisi dan berusaha utk netral.

    Saya hnya bisa blg dan yes, saya setuju bhw yahudi adalah musuh semua agama krn dia bertentangan dgn ajaran agama yg melarang saling membunuh sesama. Tuhan mengirim Musa utk menyelamatkan kaum bani israel dr kejaran pharaoh/firaun, israel diselamatkan Tuhan dgn cara Tuhan membelah lautan mjd dua shingga israel dan musa/moses bisa lewat dan menyebrang, dan saat firaun brusaha mengejar mereka dgn melewati lautan yg tlh terbelah tsb, Tuhan menutup kembali lautan tsb shgga smw prajurit firaun serta firaunnya sndiri mati tenggelam. Mayat firaun ditemukan mengapung dan diawetkan smpe skrg shngga smw org bs menyaksikan kehebatan Tuhan dan kekejaman firaun dan ini adalah kisah nyata.
    Stlh israel sdh selamat, musa naik ke bukit dan menerima 10 perintah Tuhan, ketika musa kembali ke kaum bani israel, apa yg tjadi? Kaum bani israel malah membuat berhala yaitu patung sapi emas dan disembah2. Benar2 tak tahu terima kasih, bukannya berterimakasih kpd Tuhan malah menyembah patung yg ‎​Ǥªk bisa apa2. Musa sgt marah kala itu. Sjk itulah Tuhan melaknat bhw israel sampai akhir zaman Takkan Pernah Punya Tanah/negara sendiri. Terbukti smpe skrg kerjaannya cuman ngejajah tanah palestina.
    Jd buat yg pro israel, silahkan kalian menghalalkan pembunuhan manusia2 tak berdosa. Kalian blm pernah merasakan bgmn rasanya kehilangan org2 yg kalian cintai, yg dibunuh dgn semena2. Apakah pd saat itu, kalian msh menghalalkan pembunuhan ?
    Pikir lagi dgn lbh pintar. Kalo ‎​Ǥªk mateng, ‎​Ǥªk usah comment, malah tambah bikin malu. Apalagi bawa2 nama Tuhan yesus, enak saja. Jgn mempermalukan kristiani, kalo kalian pro israel bergabung aja ama yg atheis ato zionis ato jd antek yahudi yg ‎​Ǥªk takut Tuhan. Maaf, kaum beragama semua takut Tuhan. Yg pro israel ‎​Ǥªk takut Tuhan jd jgn bawa2 agama kristen. Bikin malu aja !!!

  193. grazia says:

    tugas kita skrg adalah berdoa utk israel dan palestin..

    agar semua masalah dan kejadian2 yg terjadi dapat di selesaikan dgn baik, tanpa ada prtumphan darah lagi.

    kita semua adalah anak-anak Tuhan, Tuhan sedih loh klo sikap kita ke sesama kita saling membenci…

    yuk doa bersama untk negara , bangsa , dan dunia :))))
    Tuhan Maha pendengar,,, Imanuel

    T

  194. dan says:

    The false prophet is busy today preparing the way for the antichrist. Israel is not the enemy. But the antichrist has to set the stage for Israel to need a savior. The antichrist will decieve the whole world (but not Born Again Christians!), the antichrist will even decieve Israel. But soon Israel will see through the devils lies and cry out for God! And Jesus will answer from heaven and destroy Israel’s enemies. I look forward to that day with rejoicing! Maranatha Lord Jesus! Yes return quickly Lord Jesus!

  195. I believe in Jesus says:

    benar atau engganya berita diatas,yg jelas sy percaya ini smua terjadi atas kehendak Tuhan…Tuhan ga pernah bilang dunia smakin baik bukan?Dunia smakin kacau,tp org percaya ga akan tergoyahkan…yg paling penting kita tetap bertumbuh dlm iman,pengharapan dan kasih sampai Dia datang menjemput kita….JBU🙂

  196. rara says:

    Kalian tau ga? Di indo itu sekarang lagi marak sama pemerkosaan anak dibawah umur, penjualan organ tubuh, perampokan yang berakibat pembunuhan, penjualan anak muda mjd pelacur. Atas dasar apa kalian semua heboh sama pro dan kontra israel-palestina? Wong negara sendiri aja belom bener, mau repot ngurusin negara lain. Satu nge pro israel satu ngepro palestina, kalian ga punya urusan lain apa? Semua orang bebas berpendapat dong. Kalo si penulis memihak israel, yaudah gausah sewot. Kalo kalian ngepro palestina, ya go ahead! Gausah repot sama pendapat orang lain. Yang tau siapa yang bener dan siapa yang salah yah cuma Tuhan. Kita cuma manusia, sok tau dan sok ngerti. Jadi saran saya, gausah repot sama pendapat orang lain. Karna setiap orang punya hak berbicara dan bisa memihak pada siapapun. Bukan hak kalian untuk sewot sama pendapat orang lain. Terimakasih dan Tuhan memberkati.

  197. missreal says:

    Palestine itu sudah tdk tau harus melawan israel,one of palestine bilang bom bunuh diri jalan keluarnya…memang penerbit calon bom bunuh diri,tapi kehabisan anggota kayaknya…jgnlah kasian,pada umumnya mereka dr keluarga yg baik2loh…anak org kaya,ya punya restoran bisnis gitu!
    Keluarga bom bunuh diri kerjaannya melamun sekarang n dunno wat to do! Just missing the son!
    Anehnya lg pemuda-di palestine berfikir bom bunuh diri di restui allah! Dan tdk ada pengadilan dalam perbuatanya,ya tuhan sungguh kejam hamas dan organisasi lain d palestine
    Harusnya kita slamatkan palestine dr hamas!
    Memang iblis merayu umat allah tdk pernah tanggung2 kuatkan iman mu palestine!

  198. Astrid Esther says:

    Luar biasa…posting yang sangat bijaksana…yang pasti kita semua harus berdoa, dan jangan saling mengadu domba..karena semua kejadian ini memang sudah dinubuatkan…dan pasti akan terjadi..amin…

  199. cnd says:

    Apa yang terjadi pada Israel & Gaza memang sudah di tuliskan dalam Alkitab..Israel adalah umat pilihan Allah..siapa yang mengutuk Israel akan di kutuk..siapa yang menghancurkan Israel akan di hancurkan.

    BACA..Yehezkiel 25:6-8, Yehezkiel 25:15-17.

  200. aad says:

    FWD: “‎​‎​..Ich konnte all die Juden in dieser Welt zu zerstören, aber ich lasse ein wenig drehte-on,so können Sie herausfinden, warum ich sie getötet” – “Bs saja sy musnahkan smua yahudi didunia ini, tp sy sisakan sdkt yg hdp, agar km (nantinya) dpt mengetahui mengapa sy membunuh mrk” – Adolf Hitler

    Sekarang kita tau, betapa hitler membunuh Yahudi, sampai saat inipun Yahudi bisa keluarkan Fitnah keji macam ini.

    Lain kali, mau nulis liat2 dulu. Kalo ngk mas bisa di bunuh dijalan sama org-org, gara-gara tulisan fitnah ini. Kl kita mau tau israel itu apa? Kita bisa dengarkan lagu keBangsaannya, lagu kebangsaannya saja. Jelas-jalas ingin menguasai palestin.

    Kami menyesali kenapa Hitler tidak membunuh semua Yahudi.

  201. Rani says:

    Menurut saya, Israel tidak tulus mencintai Tuhan. Jangan melihat kebelakang sebagai patokan untuk kedepan. Belajar sejarah boleh. Terus melihat kebelakang akan menjadikan kita manusia pendendam. Ini bukan lg israel, bangsa yg di sayangi Tuhan. Jika Israel tulus mencintai Tuhan dari dulu mereka sudah hidup berkelimpahan. Tp nyatanya mereka skrg masih tetap berperang untuk setiap jengkal tanah.

  202. bilbot says:

    hahahahaha. kalian semua lucu yahhhhh………………
    Ga usah pusingin mreka disono…. bdoa aja… liat kehidupan kalian udah sesuai dengan ajaran masing2 ga??
    masih suka bohong?? atw dosa yg laen???
    naahh mending fokus gmana supaya diri kita berubah.. sambil doain apa yg skrg sdang terjadi agar semua dapat jalan keluar…..dengan baik… ga perlu ngerasa agama kita paling bener lahh.. okeee………….

    sx lagi hahahahahahahahaha………….

  203. sandy says:

    “Kita diciptakan sudah cacat adanya,contoh siapakah allah,we dunno mana yg benar mana yang salah,…banyak sekali pendapat tentang allah,semakin kamu menggalinya smakin bodoh jadinya,…karna tdk mampu di gali dengan daya fikir manusia,…
    Sungguh sekali saja allah menunjukan ke agunganya kau akan takut unt mengetahuinya…lihatlah gunung saja runtuh saat dia bersabda…gunung,laut seluruh isi bumi ini tunduk kepadanya…
    Nikmatilah bersyukurlah saja akan pemberianya…hentikan egomu menuntut sesuatu yg tidak di hadapanmu
    Hukum Tuhan hanya kasih
    Kasihilah musuhmu dan itu benar!”

    By vielly

    Agreed….
    If the world filled by love, there will be no wars.

  204. cherlix says:

    berita ne sangat ku butuhkan……ne yang kucari selama neeee
    makasi untuk yg da posting.GBU

  205. just me says:

    Saya tidak setuju persoalan Palestina-Israel dijadikan persoalan antar agama. Israel bukan representasi Katolik/Kristen. Begitu juga Palestina bukan representasi Islam. Kalo mau melihat masalah mereka berangkatlah dari kemanusiaan, jadi siapapun bisa memberikan bantuan.

    Kekerasan bukan jalan. Kekerasan hanya akan mengarah ke kehancuran. Saya adalah Katolik dan saya selalu diajarkan bahwa Yesus adalah kasih. Jadi, bagi yang mengaku pengikut Yesus, tidak mungkin setuju dengan perang apapun alasannya.
    Yang menyedihkan buat saya adalah kondisi sekarang ini. Dengan membawa Nama Tuhan, segelintir orang rela menyakiti bangsanya sendiri. Saya tidak tahu apakah Tuhan bisa tersenyum dan berkata, “Bagus umat-Ku.” Saya yakin Tuhan akan mwnangis melihat peristiwa kekerasan & menangisi kedegilan kita.

    Kembali lagi, saya mau berdoa untuk Bangsa Palestina & Israel, semoga merwka bisa hidup berdampingan dengan damai & saling menguntungkan. Saya juga mau berdoa untuk Bangsa Indonesia supaya dapat bersatu melawan ketidak adilan dalam bentuk korupsi, ketidak adilan sosial sehingga bangsa ini dapat cepat keluar dari masalah kemiskinan dan bisa menjadi bangsa yang makmur & menjadi contoh bagi bangsa lain bagaimana caranya memghormati orang lain tanpa memandang suku, agama, dan kesukuan. Amin..

  206. Vincent says:

    Bingung, beneran apoa kagak gak ada sumbernya..
    And TS jangan doain Israelnya ajah, doain ajah biar cepet damaai.. Tp kalo mereka sampe damai yah, Kiamat deh..

  207. Rika Furude says:

    Eto.
    Kalo menurut saya perlawanan gaza-israel itu natural ajah.
    Sama kayak bangsa indonesia yang lagi dijajah ama Belanda.
    Masa mau diem plongak-plongok trus tewas ditembak.
    Oh iya BTW, soal ada yang ngomong pilihan tuhan….
    Excuse me, ga ada yang lain pilihan tuhan selain nabi dan rasuk.
    Kalo ada yang bilang tuhan cuman milih israel, berarti tuhan gak adil kan? Tuhan kan memiliki sifat maha adil.
    Well, menurut saya postingan ini bukan dari 2 sisi. Tapi dari 1 sisi. Jelas.
    Dan kalo anda tulis nonsesne seperti ini, menurut saya sama saja ngomporin orang yahudi/kristen/katolik di indonesia untuk lebih membenci islam. Bukan Gaza-nya.
    Dan anda bisa bikin “lie is the truth”
    Jujur. Saya gak bisa bilang milih israel ato palestina.
    Karena saya juga bingung mau gimana.
    Toh dua-duanya sama-sama gak mau damai😛
    Aaah… Kalo soal bom fosfor dah jelas kan. PENYIKSAAN!!!
    Ehehehe… Ntar paling israel dijajah russia! Pasti makin seru! Nipah~ *berkhayal kebanyakan*

  208. Aprian says:

    4all_smua Sdah di Atur ma yg di Atas….Mereka(Israel) tw apa yg d butuhkan Tuhan….thnks all….

  209. DAMAI says:

    KENAPA PADA RIBUUUTT???
    G PERLU DIURUSIN HAL ITU, MALAH BIKIN KITA SESAMA SAUDARA JADI MEMPERTENGKARKAN NEGARA LAIN YG MEMANG SEJAK DULU DAH BERTENGKAR!
    MENDING KITA DAMAI, URUSI NEGARA KITA AJA YG MASIH JUGA BERKUTAT DALAM KEBROBROKAN SERTA REFORMASI YG “JALAN DI TEMPAT”.
    BEDAKAN MASALAH KEIMANAN DG POLITIK, JANGAN SAMPAI MENGABURKAN LOGIKA YG AKHIRNYA MENGUSIK KEDAMAIAN TERHADAP SESAMA SAUDARA SEBANGSA!!!

  210. yo says:

    Sumbangan kemanusiaan ke daerah Gaza yg memang daerah yg hostile dan penuh konflik, padahal sudah ada PBB yg menangani hal spt ini..

    Padahal banyak tempat lain yg bisa diberikan sumbangan kemanusiaan (afrika, haiti, dll), mengapa pilih tempat yang malah akan memicu konflik lebih dalam?

    Mnurut saya tidak rasional dan ada propaganda dibalik itu..

  211. bima says:

    Ngapain..ngurusin negara orang lain..ngurusin penegakan hukum di indonesia aja msh carut marut.intinya..ya apa talenta n karunia kita..wajib kita kembangkan dengan bijaksana..sri mulyani yg nangani..ekonomi aja..pro kontranya bejibun..pa lagi ini yg kasus perang..yg penting jgn membuat komentar yg semakin memanaskan ego masing2X ..

  212. me days says:

    gW stuju dgn postinGan nE,,
    sebelumnYa kejadian ne sudah dituliskan di perjanjian lama kalau jalur gaza akan di hancurkan oleh tentara israel yg tidak lain adalah banGsa PiLihan tuHan,,,
    jadi perlahan-lahan isis alkitab sudah mulai tergenapI..
    jadi bersiaplah untuk kedatanganNYA yg keduakalinya,,
    hanya orang percaya yang akan di selamatkan,,
    jesus LOVe Me n You…
    GBU

  213. BIJAKSINI says:

    Media di indonesia tidak berimbang, kalo israel menembak untuk bertahan pasti di expose besar0besaran, tapi kalo pembom bunuh diri palestina ngebom bis israel yang penuh WANITA ANAK ANAK yang TIDAK BERSENJATA ga di siarin, KALAUPUN DISIARIN SELALU DI SEBUT “PEJUANG PALESTINA”. yang adil dong bung!

  214. SANGAT SETUJU says:

    sangat setuju dengan posting ini .
    memang seharusnya begitu
    melihat 2 sisi
    tempatkan diri secara objektif
    jangan hanya menyimpulkan secara sepihak tanpa memahami
    orang2 GOBLOK yang merusaki fasilitas umum spt di KFC itu ga beda sama hamas

    • caca says:

      ga penting buat gw siapa yg salah, tp masa iya 5 kapal makanan buat orang yg kelaparan dan butuh bantuan d hadang dan d tembaki orang israel, yang mengantar aktifis dr beberapa negara pula, di sumbangkan dr hampir dr seluruh negara, d mana sih hati nurani islael dr segi ham,,,,,,,,

  215. Pejuang says:

    Baca Ya ! Nenek Moyang Rakyat Palestina sudah ada sebelum Israel datang.

    Palestina sebuah negeri di kawasan Arab Tengah berarti negeri orang-orang “Filistin” Negeri ini mempunyai sejarah panjang bagi agama Yahudi, Kristen dan Islam. Di dalamnya terdapat Baitul Maqdis yang disucikan bagi tiga agama tersebut. Palestin disebut juga Kan’an. Sejak lebih 4000 tahun, orang-orang Kan’an telah hidup di Palestina, mereka membangun kota dan istana, malangnya mereka menjadi penyembah berhala. Negeri ini menjadi tempat turunnya nabi-nabi yang mulia semisal Nabi Ibrahim r.a, Ishaq, Ya’kub, Daud, Sulaiman, Isa dll

    3000 SM : Bangsa Palestina berasal dari bangsa Kana’an kuno

    2500 SM : Yerusalem berhasil dibangun oleh Gibozet. Salah satu bagian dari kabilah Kan’an. Dan kota ini tunduk di bawah kekuasaan para pendeta

    1850 SM : Ibrahim singgah di negeri Kan’an dalam perjalanan dari selatan Irak menuju Mesir. Lalu setelah itu ia kembali melalui jalur darat ke negeri Kan’an. Dan Yerusalem tidak pernah dikuasai oleh Ibrahim maupun salah satu dari anggota keluarganya.

    1700 SM : Yahudi berada di Mesir. Keluarga Ibrahim pergi ke Mesir atas kemauan mereka sendiri.

    1250-1230 SM : Yahudi keluar dari Mesir dan membebaskan diri dari perbudakan.

    1220-1200 SM : Josia menyerang negeri Kan’an. Dan kota Jarsy jatuh ke tangannya.

    1000 SM : Gibozet menguasai Yerusalem kembali.

    970-931 SM : Masa pemerintahan Sulaiman dan pembangunan Altar (Haikal).

    931 SM : Yerusalem menjadi ibukota Yahudza.

    820 SM : Kehancuran kerajaan Israel (Samerah) di tangan As-Syuria dan penawanan Yahudi

    600 SM : Babilonia menyerang kerajaan Yahudza.

    587 SM : Penghancuran Altar dan penawanan Yahudi.

    538-333 SM : Fase Kekuasaan Persia.

    538 SM : Serous, Raja Persia mengizinkan Yahudi kembali.

    520-515 SM : Pembangunan Altar untuk kedua kali.

    333 SM : Fase kekuasaan Heileni.

    63-135 M : Fase kekuasaan Romawi Timur.

    70 M : Penghancuran Altar.

    117-138 M : Perpindahan Yerusalem ke tangan penjajah Romawi dan pendeportasian Yahudi.

    135 M : Pengusiran Yahudi dari Yerusalem.

    135-148 M : Tidak ada negara Yahudi di Palestina. Hanya saja sejumlah Yahudi berhijrah ke Palestina pada fase penindasan oleh orang-orang Eropa.

    400–637 M : Yerusalem di bawah kekuasaan Imperial Rumawi Timur

    638 M : Penaklukan Yerusalem oleh Khalifah Umar Ibn Khaththab yang kemudian dijadikan sebagai ibukota Palestina.

    1099-1187 M : Yerusalem di kuasai tentara Salib.

    1187 M : Yerusalem direbut kembali oleh Shalahuddin Al-Ayyubi.

    1190 M : Shalahuddin memperbolehkan Yahudi kembali.

    1517–1917 M : Yerusalem di bawah kekuasaan Turki Utsmani.

    1831–1840 M : Fase Yerusalem di bawah kekuasaan Mesir

    Akhir abad abad 19 : Penindasan Yahudi di Rusia yang melahirkan Gerakan Zionis. Yang kemudian menyusun strategi untuk mewujudkan negara Yahudi di Palestina. Perpindahan Yahudi ke Yerusalem mengakibatkan perubahan stabilitas politik penduduk Yerusalem, yang semuanya telah dirancang untuk kemaslahatan Yahudi

    1917–1922 M : Yerusalem tunduk di bawah kekuasaan Inggris. Perjanjian Balfour diadakan dengan pertimbangan yang erat kaitannya dengan pembentukan negara Yahudi. Dalam perjanjian tersebut direncanakan pada fase berikutnya Yahudi akan melakukan penjajahan di Timur Tengah.

    1922–1948 M : Inggris menguasai Palestina. Rencana mendirikan negara Yahudi secara curang dan mempersiapkan diri menghadapi perang dunia kedua. Konflik bersenjata di Palestina pasca perang tak terelakkan. Pada fase ini perpindahan Yahudi ke Palestina terjadi secara besar-besaran.

    1948 M : PBB berencana membagi Palestina menjadi dua negara. Dan mempertahankan Yerusalem sebagai pusat perhatian internasional.

    1948 M : Hanya dengan berakhirnya kekuasaan Inggris di Palestina, sempurnalah deklarasi negara Israel. Yang kemudian menguasai beberapa kawasan di Yerusalem, yaitu kawasan yang sebelumnya telah ditargetkan oleh PBB.

    1949–1967 M : Yerusalem terbagi menjadi dua bagian, sebagian masuk wilayah Yordania dan sebagian lagi masuk wilayah Israel.

    1967 M : Perampasan wilayah Arab lainnya oleh Israel, yaitu pada perang yang terjadi antara Israel dan negara Arab, termasuk Yerusalem.

    1967 M : Pendeklarasian Yerusalem sebagai ibukota Israel dengan cara ilegal.

    1967–1981 M : Jadilah Yerusalem sebagai ibukota Israel. Ini terjadi pada masa-masa proyeksi perampasan kawasan Palestina yang disertai dengan melakukan peralihan kawasan maupun penduduk.

    1980 M : Pemerintah Yahudi secara resmi mendeklarasikan bahwa Yerusalem adalah Ibukota negara kesatuan Israel yang berpijak pada undang-undang Yerusalem.

  216. monyetpintar says:

    Ingat kejadian blokade di RRC, tian an men? Dari jutaan manusia cina yg demo karna makan duit dollar america, cm tersisa 5000 setelah ditembak tank perang di dlm kota, kejadian politik menjatuhkan tsb ampe skr gk blh dipertanyakan, bahkan sm rakyatnya sendiri, saat pembantaian ala G30SPKI tsb berlangsung, 1 dunia mengutuk cina dan presidennya teng siau ping, seluruh negara mencabut investasi dr cina terkecuali taiwan. Ttg indonesia, yg gw tau setelah rakyat sendiri berjuang mati2an menjatuhkan soeharto demi dollar AS, 13 mei 1998 pun terjadi, kasian, dikerjain org dalem, skr giliran israel dh, no comment, ud muak gw ngeliat sejarah politik dunia, org bego pun bs tengok kiri kanan kalo mau nyebrang jalan!

  217. arya says:

    Kasihan dong sama anak anak di palestina yg kelaparan gak p sususu gak ada air gak ada listrik, trus timbul tulisan tulisan seperti ini yg seolah membenarkan blokade israel terhadap palestina . Anda bisa dengan mudahnua menulis seperti ini karna anda gak di sana !
    Saya berharap dapat giliran berangkat ke gaza pada tahun ini, dan saya mngundang anda ikut team relawan mercy agar anda dapat menikmati menjadi bangsa yg anda bilang hidup dalam kemwahan ini, plese joint with us ! Ok

  218. gw_aj says:

    Buat penulis: tulisan yg sangat bagus ….. Buat yg pro palestina / arabs cuma satu pertanyaan gw, kenapa arad saudi, mesir, kuwait dan brunai yg adalah negara2 muslim tidak mengutuk serangan israel? Kl ada mohon situs resminya ….

  219. rion says:

    suatu hari nanti semua aum yahudi pasti akan habis terbunuh bahkan batu pun akan bicara di sini ada yahudi maka bunuhlah dia
    kecuali 1 pohon yaitu gorqod karna itu pohon mereka
    bersiap siap lah

    • KenKo says:

      hmm… setuju sama posting…

      tapi, janganlah jadikan ini perseteruan agama yang berkepanjangan!
      apalagi jadi profokator!
      hmm.. tv swasta juga ngabarin Israel mirip kayak profokator, tapi gak tau apa2!
      memojokkan Israel supaya dibenci kali tuh stasiun tv nya!

      don’t make this complicated!
      jangan jadi pertengkaran yah teman2.. karna kita semua 1bangsa Indonesia,,,

  220. sinthel says:

    sangat setuju….dengan postingannya.. GBU…

  221. ssaadar diri says:

    Mas” mba” sadar dong negara sendiri masih butuh pertolongan bukannya dibantuin malah negara orang yang dibantuin
    Yang laen bantu palestine yang laenya lagi bantuin israel sekalian aja rubah kewarganegaraanya sekalian aja ikut perang
    Dari pada ngomong disini tanpa berbuat apa-apa buktikan dengan mata kepala sendiri jangan bisanya bawa-bawa nama Tuhan jangan bisanya saling memaki agama orang
    Emang anda semua ada di sana pada saat itu juga melihat anak” palestine sebagai tameng negaranya” melihat “israel digebukin relawan kemanusiaan” buktikan jangan bisannya ribut doang
    Ingat “Tong kosong nyaring bunyinya”

  222. pray.. says:

    mending doain aj bro n sis,,yg bner pasti akan ketahuan kok,,jgn pusing2 mikirin negara lain,,mari kita lihat negara kita,,masih banyak yg harus d benahi,,jgn benahi negara lain dlu,,
    CUKUP….

    SUNDUL GAN..

  223. NICKO KAMU says:

    Setujuh banget sama Savitri, emang betul koq, KUTU diseberang lautan bisa disingkirkan tapi BANGKAI GAJAH dihalaman sendiri enggak bisa diberesin kasihan deh ! jutaan yang melarat dinegeri sendiri.

  224. uniqe says:

    Wahh,selese jg baca 162 comment…sngat menghibur baca smwa pendapat tiap orang,da yg marah,da yg sabar,da yg penuh dendam,da yg penuh cinta kasih,da yg mengutuk,ada yg memaafkan,n da jg yg cuma ketawa…manusia itu memang unik..tp yg pasti ak seneng baca smwanya…ada comment yg bwt nambah pengertian aku,ada jg yg bwt aku blajar memaafkan,ada jg yg bwt aku sadar akan apa yg sebenernya sdang trjdi d dunia ni-lingkungan skitar,dll lah…banyak bget dah yg ak peroleh dr smwa yg kubaca…yg pasti perlu dsyukuri,ternyata d indonesia (smwa kalangan) banyak jg yg pikirannya dewasa-terbuka-penuh kasih-n hal2 positif lainnya,smoga smwa hal positif itu jg dterapkan lgsung…krn kalo d brita yg terlihat lebih bnyak yg negatif-marah2-demo-dsb (walo gk selalu)…ak tunggu comment2 yg laennya,heheh

  225. happy says:

    I LOVE ISRAEL but I LOVE PALESTINE TOO

  226. jelica jovana says:

    woy!! sadar dong.emang lo kira indonesia udah bener ? pake ngurusin urusan negara laiin,, urusin dulu diri sendiri,baru lo bisa jadi contoh buat yang lain.. negara kita aja udah sering demo gak jelas ,dll..trus sekarang lo mau ngebela” negara lain.. YANG KEPASTIANNYA JUGA BELOM DIKETAHUI.. udah deh ngurusinn negara sendiri aja belom bener,,gimana negara lain..ckckckck..

  227. bebh'Chul says:

    SyaLoom ……

    Qt nda usah mrbtkn soal itu …
    skrng yang hrs d’lkkn … Qt berdoa saja spya peperangan ini segera b’akhir

    okok ?

    Damai sejahtera bsrta Qt cmua ^^

  228. bullshittttt says:

    URUS DIRI SENDIRI AJA GA BECUS PAKE URUS URUSAN ORG. DRPD NGURUS NEGARA ORG, URUS TUH KORUPSI!!!!!! USUT KORUPSI AJA GA BRANI USUT YG BESAR!!! NEGARA CACADDD!!!!!!

  229. mw says:

    setuju bgt. jgn cuma bisa ngejudge dari satu sisi. bilangnya jgn bawa2 agama lah, tp kenyataannya apa? liat realita dong. Giliran ada salahnya, ditutupin. Makanya jd seakan2 dikasianin terus. Kalo mau berperang, ya jgn mnta dikasianin dong, berdiri sendiri lah.

  230. Orang yang membela Hamas says:

    Ich
    konnte all die Juden in dieser Welt zu zerstören, aber ich lasse ein
    wenig drehte-on,so können Sie herausfinden, warum ich sie getötet” –
    “Bs saja sy musnahkan smua yahudi didunia ini, tp sy sisakan sdkt yg
    hdp, agar km (nantinya) dpt mengetahui mengapa sy membunuh mrk” – Adolf
    ………Hitler..Lanjutkan Perjuangan Adolf Hitler..

    • Bobby says:

      Saya juga menerima forward-an kalimat in via BBM. Saya kurang setuju karena:
      1. Sungguh tidak bisa dibenarkan jika mendukung pembunuhan terhadap orang lain, walaupun itu terhadap bangsa Yahudi.
      2. Statement itu jelas salah. Hitler berhenti membunuhi Yahudi bukan karena dia “menyisakan sedikit” melainkan karena kalah perang.

      Mari kita dukung Palestina dengan cara yang baik. Cara yang akan mendapat simpati dari semua pihak. Sehingga non Muslim pun akan menyadari pada akhirnya bahwa agama Islam memang agama pembawa damai.

  231. dimensi95 says:

    pengen semua serangan hamas & bom bunuh diri berakhir,selesaikan akar permasalahannya……hentikan penghancuran pemukiman org palestina & kembalikan tanah palestina sesuai keaadaan sebelumnya…BERES…GITU AJA KOK REPOT

  232. Israel tanah Perjanjian says:

    Israel memang sudah di takdirkan untuk di benci tapi disanalah semua orang percaya akan di kumpulkan… so dari pada maki2, demo2 Israel percuma!!! mending didoakan. God Bless Israel!!!

  233. melody says:

    [OOT]wow hebat, dr 3 comments, sampe 97 comments, hari ini saya buka ngliat ada 190 comments???
    pantesan sampe layoutnya pun dibikin lebih bagus yah…….hehehe.[/OOT]

  234. adisasmita says:

    BAGI YANG MENCIBIR KENAPA KITA PEDULI KEMANUSIAAN DI LUAR NEGERI DARIPADA YANG ADA DI INDONESIA:

    Seharusnya kita tidak usah banyak mencibir aktivis kemanusiaan yang membantu luar. Pertama, baca dan pahami Pembukaan UUD 1945 terutama Alinea I dan III. Sudah pada paham belum? Dibaca dulu deh…

    Kedua, kalau sudah paham semangat Pembukaan UUD 1945, sekarang pahami bahwa permasalahan hidup ini simultan. Tidak bisa kita menyelesaikan apa yang menjadi masalah di Indonesia baru menyelesaikan yang ada di luar negeri. Semua terjadi bersamaan, maka penyelesaiannya bersamaan.

    Terakhir, pahami kemanusiaan tidak mengenal batas agama apalagi wilayah. Kita sejatinya hidup dan bernafas di Bumi, Indonesia hanya salahsatu nama negara dengan batasan-batasan lokasi. Seharusnya kita peduli dengan apa yang ada di Bumi, tidak hanya di Indonesia dan tidak terkecuali.

    Tapi itu hanya pendapat saya, setidaknya baca dulu, pahami, dan baru komentar dan benarkan salah saya. Simple.

    Cheers,
    Adisasmita

    http://www.adisasmita.wordpress.com
    http://twitter.com/adisasmita

    • adisasmita says:

      maaf salah, maksud saya alinea IV

    • Jag Jr says:

      Kalau memang mengusahakan perdamaian dunia lha seharusnya pemerintah Indonesia membuka hubungan diplomatik dong dengan Israel. Faktanya Indonesia tidak melakukan itu, lalu bagaimana mau berperan dalam perdamaian dunia? Dalam hal ini menjadi pendamai Israel dan Palestina? Adanya ya Indonesia memihak ke Palestina…

      • adisasmita says:

        Silahkan kalau beralasan pemerintah Indonesia tidak mau membuka hubungan diplomatik dengan Israel. Kalau memang pemerintah tidak menyediakan jalur bagi kita, kenapa tidak kita sendiri yang bertindak? Selalu ada alasan untuk tidak peduli, vice versa. Sekarang pertanyaannya, mau peduli atau tidak?

        Kalau memang masalah Israel-Palestina lebih ke “pro siapa” bagi Anda, silahkan melakukan dukungan. Toh tidak ada yang melarang.
        Tapi apakah benar membunuh dibenarkan dengan alasan apapun? Ini masalah kemanusiaan. Permasalahannya bukan “siapa” tapi “apa”.

        Toh Indonesia sering melakukan tindakan peduli terhadap keadaan Israel-Palestina walaupun tidak membuka hubungan diplomatik dengan Israel. Silahkan googling.

  235. ella athallah nayarra says:

    Maaf
    Saya adalah seorang nasrani yg berdarah arab batak

    Saya tau banyak yg pro atau kontra terhadap post ini
    Begini…
    Saya bukan membela post ini ataupun menghina palestina.
    Tapi aksud post ini adalah ini lah sisi yg satunya lagi…
    Dimana disini yg beperang bukn hanya israel dan palestina
    Tpi ad terselip di dalam nya skelompok orang yg tidak bertanggung jwb dn menggunakan kekerasan untuk mendapatkan kekuasaan suatu wilayahh
    Tapi mentamengkan kedua negara ini…
    Jadi seluruh dunia melihat israel itu sangat sangatlah kejam. Dan palestina adl bngsa yg tertindas. Nah… Tpi ada jg org yg blg plestina juga kejam… Israel berbuat seperti itu krn suda tidk than dgn perlakua palestina
    Jd kita sebagai orang beragama, mari kita lihat
    Perang mereka itu. Bukan perang agama. Melainkan pereutan wilayah!!
    Maaf saya tidak pro dgn israel atau palestina. Saya sendiri mempunyai mama seorang arab, dan papa saya seorang indonesia.
    Jadi sya j susah untuk mbela negara mna yg sebenarnya tertindas. Satu hal y harus kita plajari
    Jika ad peperangan semacam itu,
    Kita harus melihat dr sisi posotif kedua negara itu. Tuhan menciptakn manusia dn trbntuk suatu negara itu jg atas seijin Tuhan. Jadi tidak boleh kita katakan harus membumihanguskan suatu negara
    Ingt
    Di aagama saya apapun yg terjadi, Tuhan punya rencana indah pd akhir nya
    Jatuh ketangan negara manapun, itu sudah di ketahui Tuhan sendri. Tuhan punya suatu rencana lewat peperangan ini.
    Jadi kita tidak perlu tegang urat, kita hny perlu mendoakan palestina dan israel.
    Doakanlh sesamamu manusia tnp membedakan suku, agama,ras, jabatan,apapun itu
    Tuhan ciptakan kita smw sama. Dimata Tuhan kita smwa sama.
    Dan untuk bgs Indonesia
    Cm satu yg pgn ku blg

    JADILH NEGARA YG MENGURUSI BNGSA SENDIRI
    Sebelum urusin orang atau negara lain
    Coba introspeksi diri. Jika kita sudah baik
    Baru bisa menilai suatu negara
    Jadilah negara yg bijaksana. Jd lah negara yg menjunjung tinggi pancasila, uud 45
    Krn kita negara DEMOKRASI

    Tuhan memberkati

  236. israel says:

    WHY YOU HATE ISRAEL SO MUCH, WHILE SUICIDE BOMBER IN YOUR COUNTRY THAT KILL YOUR FAMILY AND FRIENDS IS NOT FROM ISRAEL, THE BOMB IS NOT FROM ISRAEL, STRATEGY NOT FROM ISRAEL, NOT EVEN SCREAM ISRAEL. AND ONLY SMART PEOPLE NOT DOING SUICIDE JOB!! IF YOU REALLY WANNA PEACE, START BE HONEST TO YOURSELF.

    • Ucok says:

      not from israel but the Jewish nation who spoke on behalf of the Muslims

    • Bobby says:

      We don’t hate Israel as a nation, neither Jewish.

      We hate terrorism.. all kind of terrorism.

      That’s why we condemn any body, any organization, any state who act and perform terrorism against others.

  237. Markus says:

    Yang ribut negara laen koq Indonesia ikut geger…..
    Urusan dlm negri aja bnyk yang belum beres…..
    Dan kenapa setiap ada konflik selalu dihubungkan dgn agama…???

    JADILAH ORANG2 YANG CERDAS DAN BIJAK, JGN BERPIKIRAN SEPERTI ORANG BODOH, KITA INI BANGSA YANG BERBUDI……!!!!!!!!!!!

  238. jony says:

    Saya sgt setuju dgn RUTH…

  239. HambaNya says:

    Inilah salah satu tanda bawa Nabi Isa akan datang kembali kedunia utnuk menyatakan siapa sesungguhnya yang dibela oleh ALLAH, di Kitab Suci Dua agama besar didunia telah menuliskan bahwa Nabi Isa Akan kembali kedunia sebagai Imam Mahdi

  240. Raja Lagu says:

    Aku sih cuma heran aja:

    Mesir kok ikut2an mem-blokade Gaza ya?
    Orang Turki pernah menbantai orang Kurdi kok gak ada yang demo ke Kedutaan Turki ya?
    Orang Arab kok gak pernah ada suaranya membantu ekonomi Indonesia ya? Jangan bilang takut korupsi: orang Amerika Eropa dan Australia tetep mau investasi tuh.
    Kok raja2 Arab malah menaruh uang nya di Amerika dan Eropa ya? Pemegang saham perseorangan terbesar Apple malah pangeran Arab.
    TKI kita diperkosa orang Arab kok gak ada yang demo ke Kedutaan Arab ya?
    Kok orang2 Arab gak berbondong2 pelesir ke Indonesia ya? Mereka malah ke Amrik dan Eropa. Jangan bilang takut bom: orang Amerika Eropa Australia aja tetep mau dateng ke Bali dan memberikan devisa

    Sebenernya orang kita mencucurkan darah buat orang Arab dihargai gak sih ama mereka? Atau mereka EGP aja? Hmmmm….

    • adisasmita says:

      Mau kasih bantuan kok mikir orang lain? Mau kasih bantuan kok mikir respon? Mau kasih bantuan kok mikir ini itu?

      Intinya mau peduli dan bantu ga? Kalo ga ya uda sih ga usah repot-repot mencibir yang mau bantuin dan peduli. Simple kan?

    • Bobby says:

      Saya percaya isu ini tidak berkaitan dengan agama, suku dan bangsa. Hanya orang-orang yang berfikiran sempit dan kerdil yang demikian.

      Mari membela humanity dan human rights tanpa membedakan SARA. Jadikan hati nurani sebagai penuntun kita.

  241. ella athallah nayarra says:

    Haduuhh
    Bingung de
    Setuju ama markus!!!
    Kita tuh sebagai bangsa indonesia, kita tau kan kita tu di negara demokrasi yaaaa
    Negara yg terdiri dari 5agama besar
    Jgn ngutukin negara lain akh g boleh!!
    Perna tau dosa kan!!
    Mmg kalo kita marah” ud nunjukin solidaritas ya???
    Kok nunjukin solidaritas nya ngebela salah satu negara??
    Itu bkn solid namanyaaa
    Pemiliihh itu namanya
    Bagus kn kita itu perbaiki negara kita ini dlu
    Supaya g bisa diperbudak ama negara lain…
    Kalo negara kita udah bener
    Kita ngmg a sampe z, itu g d msalah, tpi liat dong negara kita…
    Dan sekali lagi ya
    Ini perebutan suatu tempat!!!
    Bukan perang agama

    Dan kok yg ribut org indo???
    Kok g ad yg org israel, atau palestina nya nge coment di sini
    Bgung
    Yg perang tu indonesia apa israel palestina???
    Ckckck
    Byk byk doa aja lh
    Smwa ud ad jalan nya
    Nambh” dosa tuh ngtuk negara orang!!!

  242. radixe says:

    Israel itu udah dimaki satu dunia kecuali sekutu2 terkuatnya, US dan inggris. Eropa saja memaki. Turki, negara islam yang paling dekat dengan israel memaki. Masih kurang jelas apa lagi? Udah bantai orang gitu banyak masih bisa bener gimana?

    Kenapa berita mengenai flottila tidak imbang? Karena israel salah! Masa salah minta berita imbang? Israel tidak berhak memblokade palestina, apalagi menyerang kapal di perairan internasional?

    Logika israel tuh kaya amrik, membela diri dengan menghancurkan irak.Nggak masuk akal. Karena saja amrik kuat ga bisa diapa2in. Karena itu juga israel ga bisa diapa2in.

    Israel dan hamas sama bejatnya. Cuma bedanya kalo hamas bunuh 1 warga sipil, israel bunuh 100. Siapa yang teroris? Tetep hamas? Proporsionalitasnya dimana.

    Otak dipake mikir, jangan cuma ngomong hidup israel pilihan tuhan GBU, JBU doang. Kasih input yang intelect dikit.

  243. pyordova song says:

    Untuk yg mnlis artikel ataupun yg menanggpi post ini dgn postf maupun negtf. Puji Tuhan. Itu mnandkan ms ada yg p’dli dgn nilai kemanusiaan n pdli sm sesama. Walaupun, kpdlian kt ttp tdk membantu apapun.
    Namun dr pd mendbatkan hal yg sebenarnya kt tdk tahu pst. Siapa yg bnr n siapa yg slah. Lebih baik mulai skrang kt menyertakan doa kt tiap mlm untk yg t’baik bg smua pihak. Istrael maupun palestina n indonesia.
    Kata org bjak:”seribu kepala yang menunduk berdoa lebih baik dari pada satu mulut yang mengucap doa”

  244. Hamba Allah says:

    Allah Israel , Allah Muhammad , Allah Kristen = Allah Abraham
    Sesama anak Allah ngapain bertengkar dan saling menghujat / menghakimi?
    Biarlah Tuhan sang Raja paling adil yg menghukum org yg bersalah…
    Siapakah kita yg bisa bilang “itu dosa, km salah, ini yg benar”

    Ingatlah 2 perintah terutama Tuhan : Kasihilah Tuhanmu dgn segenap hati dan akalmu, dah kasihilah sesamamu. Renungkanlah apa yg terjadi bila semua org melakukan 2 perintah ini.

  245. anjing kapitalis says:

    @ amz ; kalau hanya menyanggah pakai kata2 kasar, semua orang jg bisa. Sanggahlah pakai nalar dan dasar ilmu. Sesungguhnya apa yg anda tulis itu mencerminkan kapasitas otak anda. Ingat, tong kosong nyaring bunyinya!

  246. KenKo says:

    tau gak teman2? kalo seluruh bangsa Yahudi dari pelosok dunia udah kembali ke Israel, dan itu semua sudah damai antara Palestine and Israel itu udah tanda2 mau “the end of the world”… it’s up to you for believe or not!

  247. nta says:

    Buat radixe,yang cuma bisa besar ngomong,,, lebih baik kita2 yang bisa berkata2 bijak daripada lOeee… Yang cuma bisa memaki….manusia aneh!!!!!!

    • radixe says:

      @nta:

      Bijak tuh maksudnya dari sisi mana ya? “Hidup israel yang sudah membantai 9 warga sipil di wilayah bukan israel, GBU” begitu? saya nggak memaki, hanya bicara fakta saja. Kalau salah, buktikan sebaliknya.

      Mayoritas orang yang tulis “…GBU” ga ngomong apa2 kok, hanya bisa mendukung israel dengan buta, benar ataupun salah. Itu yang saya permasalahkan. Apa itu definisi “bijak” untuk anda? berarti anda sangat dangkal pemikirannya. Bicara pake fakta saja.

  248. serena says:

    kutipan dari http://www.eramuslim.com/berita/dunia/inilah-senjata-aktivis-kemanusiaan-yang-ancam-nyawa-tentara-israel.htm

    “Lucunya semua barang yang dianggap berbahaya oleh Israel dan disebut-sebut sebagai senjata berbahaya yang mengancam nyawa pasukan khusus mereka tersebut, sehingga tentara Israel dengan ‘iklas’ membantai para aktivis kemanusiaan, ternyata tidak lebih dari peralatan dapur, pisau, gergaji yang memang sudah ada dikapal, ketapel dan biji-biji kelereng”

    kepikiran gak sih kalo kelereng itu bisa dijadikan senjata berbahaya, tinggal masukin kelereng tsb ke bomolotov ledakin dan dengan kecepatan yang cukup tinggi kelereng tsb berubah menjadi peluru dahsyat yg bisa nembus kulit manusia…

    jadi masih berpikir kalo kelereng gak berbahaya???????

    satu lagi pertanyaan yg nongol adalah kalo memang ini misi kemanusiaan “SAJA” ngapain juga bawa-bawa kelereng dan ketapel???

    TANYA KENAPA????????????

    • astorre says:

      To Serena

      heheheheehehhee..komentar anda lucu sekali…

      kelereng dimasukin ke bom molotov?ouww pleaseeee…

      biji salak sama biji mangga kalo dimasukin ke bom molotov juga bahaya dong?

      yahhh yang rasional aja lah..dimana mana kelereng lawan peluru tajam lebih bahaya peluru tajam lah..lagian juga ga ada kejadian bom molotov dilempar kan?hihihihihi…

      tapi boleh juga buat masukan ke israel sama palestina tuh…perangnya jangan pake senjata tapi kelereng sama ketapel, pisau dapur, dll..biar adil kan??

      hahahahahaah (gw masih ngakak kalo baca komentar yang satu ini)

      ya coba ditolong dulu lahhhhhh….ini beneran komentar nya apa becanda doang sih???wkwkwkwkwkwkwkwwkwk ga penting ah!!

  249. Unknown says:

    Satu hal yg pasti: kita tidak dilahirkan utk menjadi hakim…..daripada sibuk ngurusin negara org, pikirin perut masing2 dulu dech…….gak ada gunanya, sekalipun kita ribut2 disini atau bahkan sampe bertempur krn cuma beda pendapat, emang israel atau palestina bisa berdamai….biarkan saja semuanya berjalan, ntar jg kebenaran akan muncul pada waktunya…….

  250. cilla says:

    Horeeee…
    Tuhan Yesus udah mau datengg….
    Siap2 yahh…
    Inget Bangsa Israel adalah Bangsa pilihan Allah dan menjelang akhir jaman smua bangsa akan mengutuki bangsa pilihan Allah yaitu bangsa Israel…
    Jadi jangan teprovokasi yahhh buat membenci bangsa pilihan Allah….
    Dan satu hal lagi,, tidak ada satupun jalan yang dapat sampai ke Bapa tanpa melalui Tuhan Yesus… jadi Jalan Kebenaran adalah dengan percaya bahwa Tuhan Yesus adalah JuruSelamat dan menyerahkan seluruh hidup kita ke dalam tangan-Nya….
    Jadi berjaga-jagalah akan kedatangan Tuhan Yesus yg kedua kali…..

    Luv Jesus 4ever…..

  251. DF Rahimy says:

    Wuaah makin panas dan makin seru aja nih.. Ada yg pro dan kontra.. Ada yg bicara berdasarkan fakta.. Tapibanyak juga yg asal JEPLAK doang..

    Nah… untuk yg asal JEPLAK, mending gak usah ikut2 posting comment.. Karna jatuhnya jadi ngebohongin orang lain dan menyesatkan

    Sekali lagi saya menghimbau untuk semua (termasuk dari saya),.. Untuk mau baca, baca, baca sejarah..
    1 latar belakang terjadinya peperangan
    2 latar belakang berdirinya HAMAS

    baru deh kamu bisa nilai siapa yg salah? Siapa yg serakah? Siapa yg tidak berprikemanusiaan,..

    Semoga tuhan memberikan perdamaian di GAZA

  252. gerard says:

    yudhlah masalah mrk biarin aj mereka yg seleseiin paen indonesia ikutan lbh berguna peduli ama nasib bangsa sendiri yg corat marut makin hari makin ngawur… emg nya mereka peduli klo negara ini musnah berantakan… sama sekali kagak. lagian sblm qta membantu org lain(gaza) lebih baik qta bantu diri sendiri dlu

  253. JBUF says:

    makin lama makin seru ! semua orang terus mengeluarkan pendapatnya😀
    jadi inti permasalahannya itu apa ? walaupun semua orang membela satu dari antara keduanya, tetep ajakan keduanya sama2 melakukan kekerasan . jadi lebih baik dari pada menuh2in comment disini mendingan doain supaya Tuhan kasi jalan yg terbaik buat semuanya . JBU always🙂

  254. pyordova song says:

    Semua yg pro maupun yg kontra memilk alasan msing2. Tp penahkah klian smua b’pkir, t’kdang apa yg qt lihat n dengar belum tentu nyata. B’pkir dgan logika memang hrs manun jgn pernah mengagungkan logika.

    Dikitab2 menuliskan byk hal yg tdk terjangkau logika namun t’bukti. Itu sdah ckp m’bktikan, Tuhan itu maha dahsyat. Qt tdk akan bs tahu apa yg direncnkan-Nya. Jd knp qt tdk mnyerahkan sglanya kedlm tgn-Nya.

    B’Doa sj u/ yg t’baik!

  255. Hanz says:

    Thx buat topik & analisanya..
    GBU

  256. freedom for palestine says:

    freedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…reedom for palestine…

  257. Bobby says:

    Penulis yth.

    Tulisan Anda bahasanya sangat halus, saya mengapresiasi Anda untuk itu. Namun sayang, tulisan ini tidak didasari pengetahuan tentang sejarah dunia (khususnya sejarah Timur Tengah) dan data-data dari sumber yang terpercaya.

    Saya tidak ingin menggurui Anda tentang sejarah, tapi Anda bisa melakukan research kecil-kecilan di berbagai situs terpercaya. Sebagai seorang penulis di blog, Anda pasti tidak akan kesulitan menemukannya jika mau sedikit berusaha.

    Intinya, saya sarankan Anda untuk melakukan penelitian sebelum menuliskan sesuatu. Sehingga tulisan Anda menjadi berisi dan tidak bertendensi fitnah. Kalau ini yang terjadi, maka justru Anda akan semakin memperkeruh suasana di negeri tercinta yang memang sudah keruh ini.

    Lebih dari itu, Anda juga bertanggung jawab atas tuduhan memberikan info menyesatkan dan tidak bertanggung jawab. Anda pasti tidak mau itu terjadi kan? Karena saya percaya niat Anda membuat tulisan ini adalah baik.

    Semoga sukses membuat tulisan yang berkualitas di masa mendatang.

    Salam,
    Bobby.

  258. ssaadar diri says:

    Heh udah gak ada kerjaan lagi ya??
    Udah mikirin mas depan sendiri??
    Heh cuman ngingetin mereka mulai mereka sendiri lah yang harus mengehentikannya
    Bingung masih aja sempet baca postingan beginian
    Masih aj capek” ribut disini mending tuh capek” beresin indonesia

  259. Silas says:

    @ radixe: Memang harus diakui anda ada benarnya. Saudara-saudari “GBU/JBU” banyak yang membabi buta membela Israel yang belakangan ini tangannya banyak dilumuri darah orang tak berdosa. Namun demikian saya, di atas pun sudah posting tulisan yang rasanya tidak bias namun tetap lugas menyampaikan pendapat dalam kerangka pemikiran/identitas yang saya miliki.

    Mudah-mudahan bisa mewakili pendapat yang “tidak membabi-buta membela Israel” dan sedikit lebih “pake otak”. Bagaimana menurut saudara/saudari radixe? Terima kasih atas tanggapan anda.

    Mudah-mudahan ini bisa jadi sarana bertukar pikiran/pengetahuan.

    HIDUP PERDAMAIAN!

  260. Follower of Jesus says:

    Apapun yang terjadi, Israel tetap umat pilihan Allah. Dan Allah tidak akan pernah mengingkari janji-Nya. Apapun yang kita liat terjadi pada saat ini hanyalah sebuah proses untuk menggenapi Firman Tuhan yang telah dijanjikan-Nya. Bagi yang mengutuk Israel, ketahuilah, anda akan melihat kebenaran itu pada saatnya, dimana Yesus, Putra Allah Sang Juru Selamat umat manusia, yang kalian sebut sebagai Imam Mahdi, datang untuk kedua kalinya.. Disitulah kalian akan tersadar mengenai kebenaran dan bahwa Israel itu adalah benar umat pilihan-Nya. Kalian dibutakan karena ajaran yang kalian dapatkan telah banyak dimodifikasi dari sejarah yang sebenarnya.Terang saja banyak orang yang tidak mengerti mengenai permasalahan ini, karena konsep dasar pengetahuannya salah.
    Umat Kristen tidak perlu membela agamanya, karena kami memiliki Allah yang lebih besar dari siapapun yang ada diseluruh alam semesta ini. Untuk apakah kami takut jika hanya manusia yang kami hadapi.
    “Mengapakah engkau melihat selumbar dimata saudaramu, sedangkan balok dimatamu sendiri tidak kamu lihat”. Stop menyalahkan jika tidak tahu sejarah sebenarnya. Itu akan menjadikan dosa bagi diri kita sendiri. Tetapi satu hal yang jelas, Israel itu adalah umat pilihan Allah sampai kapanpun (itu kalau anda mengerti mengenai sejarah Israel pada zaman Nabi Musa lari dari tanah Mesir bersama Bangsa Israel ke Tanah Perjanjian), sampai Ia, Yesus Kristus datang ke dunia kedua kalinya untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati.

    Long Live Israel !
    Selamat menantikan kedatangan Yesus Kristus..
    God Bless You All..

  261. wong waras says:

    masalah di negeri kita sendiri masih numpuk, Saudara-Saudaraku yg tercinta. kl emang Saudara-Saudara cinta negeri ini, mari sama2 kita cari atau bikin jalan keluar buat tiap masalah di tumpah darah ini terlebih dahulu, baru kemudian kita sama2 mikirin solusi buat masalah internasional. ketimbang kita saling gontok-gontokan nggak jelas soal2 ginian.

  262. dodol says:

    setiap info, berita, postingan itu layak aja disebarkan, semua punya hak utk membaca ato tidak, semua hak utk stuju ato tidak, tinggal masing2 aja menyikapinya dng BIJAK tanpa ada provokasi didalamnya, klo dicermati lg semua hal sprti ini menjadikan kita belajar utk lebih dewasa dalam bersikap dan bijak dalam menyikapi…

    tapi setuju dng beberapa yg mengatakan buat apa kita saling mencela, mikirin negara sendiri aja dulu lah dan bangga lah atas negara INDONESIA yg beraneka ragam agama, suku, adat, dll…mana ada negara lain sekaya negara kita, bnyk yg malah ngiri sama negara kita, tp klo dilihat lagi malah lebih mikirin negara orang dan malah terkesan tidak ada nasionalisme dalam diri setiap rakyat nya (plng2 hanya segelintir orng)…

    kemanusiaan itu musti diperjuangkan, tp pertama perjuangkan dulu kemanusiaan diri kita…apakah kita sudah memanusiakan manusia…!!!

  263. sunu says:

    semua tentang Israel itu sudah tertulis di dalam Kitab Suci karena Israel adalah umat Pilihan Tuhan, jadi mustahil manusia akan merubah apa yg telah ditentukan oleh Tuhan, itu kalau menurutku

  264. danew says:

    Kalo Israel sudah menghancurkan masjid Al-Aqsa, maka bangsa2 di dunia akan menyerang Israel dan menghancurkannya. Tp itulah awal kedatangan Tuhan. Tuhan datang sebentar lagi.

  265. Mr. Who says:

    @ radixe
    Dan ada satu pertanyaan lagi, Mengapa sekutu Israel tidak membenci ataupun mengutuk Israel?

  266. avie says:

    Lah gitu aja kok repot, biar Tuhan sendiri Ɣªήƍ menghakimi mereka. Bagian kita adalah berdoa untuk mereka!!! Peace!

  267. Nyata says:

    1. Sebelum berdebat pelajari dulu historis suku israel sejak jaman Abraham – Yosua.
    2. Israel adalah negara yang tidak akan pernah kalah, sekarang memang israel cukup kuat akan tetapi saat israel dahulunya hanya sekumpulan pembantu dan pekerja keras di mesir, israel tidak pernah hancur atau punah. Belum lagi ketika israel menghadapi kekuatan NAZI Jerman.
    3. Setiap negara yang akan menghadapi Israel pasti akan hancur, ini bukan dilihat dari sisi teologis melainkan dari sisi historis
    4. Jangan menjadi masalah Israel sebagai pemecah bangsa kita dikarenakan alasan agama, karena agama itu ada jauh setelah umat manusia hidup di dunia ini. Bagaimana dengan manusia yang meninggal sebelum adanya agama-agama tersebut? Atau umat manusia yang selalu berbuat kebaikkan (meninggal tahun 2010) tetapi dia tidak punya agama karena dia tidak tahu tentang agama tersebut.
    5. Jadi JANGAN JADI ORANG YANG KERDIL, pegang aja agamamu masing-masing dan jangan campuri agama lainnya.
    6. Kondisi Israel-Palestina adalah kondisi perang, jadi tentunya jatuh korban itu biasa. Bahkan kalau bisa mungkin bom atom Hirosima-Nagasaki bisa aja dijatuhkan juga ke daerah palestina. Kalau ga mau perang kembali lagi pada historis dahulu, siapa sebenarnya yang harus menempati tempat tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s