Yakub

Posted: October 29, 2009 by sityb in Uncategorized

“Kata Esau: “Bukankah tepat namanya Yakub, karena ia telah dua kali menipu aku. Hak kesulunganku telah dirampasnya, dan sekarang dirampasnya pula berkat yang untukku.” Lalu katanya: “Apakah bapa tidak mempunyai berkat lain bagiku?”” (Kejadian 27:36)

Kisah Yakub sangat berbeda dengan Pahlawan Iman yang kita kenal pada umumnya. Mungkin Yakub itu kalau di Perjanjian Baru, mirip-mirip dengan Petrus.

Mengapa?

Pertama, Yakub itu adalah seorang penipu yang licik. Dia membuat perjanjian yang licik dengan kakaknya Esau hanya dengan menggunakan semangkuk kacang merah. Coba misalnya, kita mempunyai seorang kakak yang sedang kelaparan, lantas kakak kita datang kepada kita untuk meminta makanan kepada kita. Apakah kita akan tega mengadakan perjanjian dengan kakak kita, misalnya dengan membayar makanan kita yang hanya senilai 5000 rupiah dengan uang senilai 10 juta rupiah? Tapi Yakub berani dan tega melakukannya.

Kedua,
Yakub adalah seorang Perampas. Dia, dengan bantuan mamanya, merampas BERKAT yang seharusnya menjadi bagian kakaknya, Esau. Hal itu dilakukannya dengan cara menipu ayahnya, Ishak.

Tapi Yakub akhirnya menjadi ORANG PILIHAN TUHAN. Bahkan menjadi Bangsa pilihan Tuhan.

Dua hal yang mengubahkan hidup Yakub:
1. Perjumpaan dengan Tuhan saat menuju rumah Laban
2. Pergumulan dengan Tuhan saat pergi dari rumah Laban

Saat kita berjumpa dan bergumul dengan Tuhan, maka Tuhan akan mengubahkan kita. Kita yang tadinya penipu akan menjadi diberkati. Kita yang tadinya perampas akan menjadi umat Pilihan Tuhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s