Pesan dari Sebuah Aquarium

Posted: October 26, 2009 by sityb in Uncategorized

Rekan rekan,

Suntuk banget kalo kita ngeliatin layar komputer, bb, hp, dan tv. Semuanya membosankan, jenuh rasanya.

Hari ini saya mendapatkan aquarium bulat dari seorang saudara. Saya pernah menginginkan untuk memajang ikan hias disamping meja komputer, rasanya menyenangkan melihat sesuatu yang bergerak lincah, apalagi menikmati keindahan ciptaan Tuhan.

Ya, dengan berbekal aquarium kecil ini saya mencoba mengunjungi petshop yg menjual ikan hias. Saya membeli 2 ekor ikan nemo dan ikan spongebob dengan terumbu coral kecil.
Dengan gembira dan hati hati saya memindahkan dan hasilnya, menyenangkan hati melihat ikan bergerak dan polip terumbu yang merekah. Beberapa jam kemudian, saya mendapati kedua ikan saya berada didasar aquarium, saya pikir tertidur atau bersembunyi, ternyata keduanya mati dan menyisakan terumbu. Anehnya, ketika saya mengambil ikan mati tersebut, nampak kepiting kecil, udang, dan hewan mikro lainnya, padahal saya tidak membelinya.

Saya mencoba merenungkannya.

Penangkaran > Aquarium
Kadang kita ingin menuruti kehendak sendiri, menempatkan diri yang menurut kita layak dan pantas. Namun, rencana Tuhan lain, rencananya tetap yang terbaik, walau pada awalnya terlihat tidak begitu menyenangkan dan menarik.

Ikan Nemo > Ikan Spongebob
Dalam menjalin hubungan, pasti ada satu yang mendominasi, tidak mungkin keduanya mendominasi. Nah, bagaimana dengan keseimbangan rohani dan jasmani rekan rekan?

Terumbu Coral plus hewan lainnya
Terkadang kita melihat sesuatu hanya dari penampilannya. Betul secara brand, pembangunan karakteristik awal selain secara psikis, juga pada image / citra atau penampilan. Kadang kita terkecoh pada penampilan dunia yang menawarkan sejuta harap dan cita. Tapi “kepiting” ” dan “udang” siap mencapit anda dikala anda lengah. Siapa yang tau ada udang dibalik batu?

Habitat dan ekosistem
Lagi lagi takjub saya sama Tuhan. Mau melihara Nemo aja susahnya setengah mati. Harus memperhatikan suhu, kadar air, ph, cahaya, dsb judulnya lieur mode on. Bisa dibayangkan Tuhan pelihara saya, anda, si nemo, si spongebob, dan yang lainnya. Ngaturnya gimana coba, ga seterez apa? Ya, kembali lagi, itu baru yang terlihat, bagaimana yang belom diketahui manusia baik secara logika maupun teknologi.

Masih banyak hal yang bisa saya petik dan renungkan, yang jelas saya yakin bahwa jalannya Tuhan menemukan jalanNya sendiri. Tetap saling memberkati dan wasalam hehe..

Franciscus Zheng

Leave a Reply

